Bukan Sembarang Pelembap, Ini Cara Menangani Dermatitis Atopik

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   18 Januari 2023

“Dermatitis atopik bisa dicegah dengan perawatan di rumah. Salah satunya memastikan kulit terhidrasi dan lembap untuk meningkatkan kesehatan skin barrier.”

Bukan Sembarang Pelembap, Ini Cara Menangani Dermatitis AtopikBukan Sembarang Pelembap, Ini Cara Menangani Dermatitis Atopik

Halodoc, Jakarta – Dermatitis atopik adalah salah satu gangguan kesehatan pada kulit yang menyebabkan kulit menjadi kering, gatal, hingga muncul peradangan pada kulit. Meskipun terjadi secara kronis dan dapat kambuh sewaktu-waktu, tetapi penyakit ini tidak menular.

Jika mengalami penyakit ini, sebaiknya tidak perlu panik. Penting bagi pasien mengetahui perawatan sederhana untuk merawat kulit agar kesehatannya tetap terjaga. Yuk, simak ulasan mengenai perawatan dermatitis atopik berikut ini!

Baca juga: Dermatitis Numularis pada Anak, Ini Gejalanya

Apa Itu Dermatitis Atopik?

Penyakit ini bisa dipicu oleh faktor genetik. Artinya, pengidapnya kebanyakan memiliki riwayat keluarga dengan kondisi kesehatan yang serupa. 

Kondisi kulit yang tidak optimal dalam memberikan perlindungan membuat kelembapan kulit berkurang sehingga kulit menjadi kering. Nah, kulit yang kering ini sangat rentan terhadap paparan bakteri, kuman, alergen, hingga pemicu lainnya yang menyebabkan iritasi, seperti sabun, detergen, dan perubahan cuaca.

Dermatitis atopik menyebabkan kulit menjadi sangat kering disertai dengan rasa gatal. Selain itu, pasien akan mengalami ruam kulit yang peradangannya bisa menyebar ke beberapa bagian tubuh. Gejala akan sering dialami pada bagian siku, bagian belakang lutut, wajah, dan kulit kepala.

Tentunya hal ini menyebabkan rasa tidak nyaman dan bisa mengalami gangguan tidur akibat gejala yang dirasakan. 

Sebaiknya jangan abaikan kesehatan ketika muncul gejala yang terkait dengan penyakit ini. Segera lakukan pemeriksaan karena pemeriksaan yang lebih dini tentunya membuat perawatan dan pengobatan menjadi lebih mudah untuk dilakukan. 

Baca juga: 10 Jenis Pekerjaan yang Rentan Mengalami Dermatitis Kontak

Perawatan untuk Dermatitis Atopik

Pengobatan yang dilakukan bertujuan untuk meredakan gejala dan mencegah kekambuhan di kemudian hari. Menggunakan pakaian yang nyaman, memastikan suhu ruangan tidak terlalu kering, dan tidak menggaruk kulit yang gatal menjadi pencegahan dan perawatan yang bisa dilakukan di rumah. 

Selain itu, pastikan kulit selalu dalam kondisi lembap dan bersih. Penggunaan pelembap secara teratur dinilai membantu mengontrol dan mencegah gejala ringan pada pengidapnya. 

Namun, sebaiknya tidak menggunakan sembarang pelembap. Gunakan pelembap yang memiliki berbagai kandungan baik untuk menyehatkan kulit, seperti furfuryl palmitate.

Jangan salah pilih, kamu bisa menggunakan Relizema™ Cream yang mengandung furfuryl palmitate sebagai perawatan dan pencegahan gejala dermatitis atopik. 

Furfuryl palmitate sebagai bahan utama dalam Relizema™ Cream  adalah antioksidan sehingga mampu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas.

Adanya perlindungan terhadap kulit atau derma-protective dalam Relizema™ Cream bisa menjaga, memulihkan penghalang kulit fisiologis dan mengatasi gejala dermatitis atopik, seperti kulit kering, kemerahan dan gatal.

Formulasi ini juga dapat melembapkan kulit dengan efek menyejukkan. Kamu bisa mengoleskan Relizema™ Cream sebanyak 2-3 kali dalam satu hari pada bagian kulit yang mengalami masalah.

Selain itu, ada juga varian lain, yaitu Relizema™ Ultra Hydrating Lotion yang mengandung ceramide yang bisa digunakan untuk memperbaiki skin barrier. Relizema™ Ultra Hydrating Lotion juga mengandung minyak nabati yang bisa menghidrasi dan meningkatkan elastisitas kulit.

Relizema™ Cream dan Relizema™ Ultra Hydrating Lotion diformulasikan khusus sehingga bebas dari parfum, silikon, dan parafin untuk meminimalkan efek samping yang tidak diinginkan pada kulit.

Baca juga: Dermatitis Seboroik Vs Dermatitis Kontak, Mana yang Lebih Berbahaya?

Jika kamu membutuhkan Relizema™ Cream, Relizema™ Ultra Hydrating Lotion, dan varian Relizema™ lainnya, yaitu Relizema™ Baby Care dan Relizema™ Lipid-Replenishing Cleanser,  segera cek keperluan medis yang dibutuhkan menggunakan Halodoc.

Produk ini bisa langsung diantarkan ke lokasi di mana saja. Tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play.

Referensi:
Dermatol Ther (Heidelb). Diakses pada 2023. Efficacy and Safety of an Antioxidant-Enriched Medical Device for Topical Use in Adult with Eczematous Dermatitis.
IDAI. Diakses pada 2023. Dermatitis Atopik: Lesi Kemerahan dengan Rasa Gatal.
Web MD. Diakses pada 2023. Atopic Dermatitis.
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Atopic Dermatitis.
NHS UK. Diakses pada 2023. Atopic Dermatitis.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan