• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Butuh Antioksidan Lebih, Saatnya Konsumsi Goji Berry

Butuh Antioksidan Lebih, Saatnya Konsumsi Goji Berry

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Pernah dengar buah goji berry? Bagi yang belum tahu, buah ini memiliki warna jingga dan berasal dari negeri Tiongkok. Buah goji berry banyak diproses dan dijadikan kandungan suplemen multivitamin dan suplemen herbal. Sebab, buah yang satu ini ternyata dipercaya bisa memberi manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya berkat kandungan antioksidan yang dimilikinya. 

Buah ini sudah lama dikenal bisa membuat seseorang hidup lebih lama dan memiliki tubuh kuat. Selain itu, buah goji berry juga dipercaya bisa memberi manfaat bagi pengidap penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi alias hipertensi. Biar lebih jelas, yuk simak penjelasan seputar manfaat goji berry dan kandungan apa saja yang dimiliki buah tersebut di bawah ini!

Baca juga: Penting, Antioksidan untuk Menangkal Radikal Bebas pada Makanan

Beragam Manfaat Konsumsi Goji Berry 

Buah goji berry disebut aman untuk pengidap penyakit diabetes karena diklaim tidak akan meningkatkan kadar gula secara drastis. Pasalnya, buah ini mengandung karbohidrat kompleks. Tidak hanya itu, buah ini ternyata juga memiliki kandungan antioksidan. Bagi kamu yang butuh asupan antioksidan lebih, cobalah untuk rutin mengonsumsi buah goji berry. 

Rutin mengonsumsi buah goji berry disebut bisa mengurangi risiko hipopigmentasi dan degenerasi makula. Di dalam satu buah goji berry, terdapat banyak antioksidan, terutama zeaxanthin. Selain membantu memenuhi kebutuhan asupan antioksidan tubuh, konsumsi buah goji berry juga disebut bisa memberi sederet manfaat sehat lainnya. 

Baca juga: Ini 5 Makanan Sehat saat Masuk Usia 40-an (Bagian 1)

Buah ini dipercaya bisa membantu meredakan stres, meningkatkan kualitas tidur, menjaga kesehatan fisik, membangun sistem kekebalan tubuh, hingga menurunkan berat badan. Buah goji berry juga disebut bisa membantu mencegah pertumbuhan sel kanker serta menjaga kesehatan organ jantung. Sebagai antioksidan, buah ini juga bisa membantu memelihara kesehatan organ tubuh secara keseluruhan. 

Selain antioksidan, buah goji berry juga memiliki kandungan nutrisi lain, mulai dari vitamin A, vitamin C, serat, hingga mineral, seperti zat besi dan zink. Ada juga kandungan asam amino esensial yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh, memperbaiki jaringan dan sel, melancarkan pencernaan, serta sebagai sumber energi bagi tubuh.

Semua manfaat tersebut bisa didapat dengan mengonsumsi buah goji berry langsung atau yang sudah berbentuk suplemen. Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan khasiat sebenarnya dari makanan yang satu ini. Selain itu, pastikan juga untuk selalu memperhatikan kondisi tubuh sebelum mengonsumsi buah ini, sehingga terhindar dari hal yang tidak diinginkan. 

Meski masih membutuhkan penelitian, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah yang satu ini. Salah satu cara mengonsumsi buah goji berry adalah dengan memakannya secara langsung. Konsumsi setidaknya dua porsi goji berry untuk memenuhi kebutuhan antioksidan dan vitamin tubuh. Selain itu, goji berry juga bisa dikonsumsi bersama dengan sereal oatmeal, yoghurt, atau dengan kacang rebus.

Karena manfaatnya masih perlu dibuktikan, sebaiknya konsumsi buah ini tidak dilakukan secara berlebihan. Bagi pengidap penyakit tertentu, pastikan untuk selalu bertanya pada dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi buah ini. Hentikan konsumsi buah goji berry jika muncul tanda-tanda alergi atau gangguan kesehatan lain. 

Baca juga: Ini 5 Makanan Sehat saat Masuk Usia 40-an (Bagian 2)

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter ahli melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi:
NCBI. Diakses pada 2020. Goji Berry Effects On Macular Characteristics And Plasma Antioxidant Levels. 
Very Well Fit. Diakses pada 2020. What You Should Know About The Goji Berry.
Web MD. Diakses pada 2020. Goji Berries: Health Benefits And Side Effects.
Healthline. Diakses pada 2020. 8 Healthy Facts About The Goji Berry.