Camilan Sehat yang Mampu Melancarkan Produksi ASI

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 Agustus 2021
Camilan Sehat yang Mampu Melancarkan Produksi ASICamilan Sehat yang Mampu Melancarkan Produksi ASI

“Ada masa ketika ibu menyusui menyadari bahwa produksi ASI terasa semakin sedikit. Tak heran jika rasa khawatir pun datang, apakah ASI bisa mencukupi kebutuhan sang buah hati. Namun, tak perlu risau, ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk membuat produksi ASI tetap lancar.”

Halodoc, Jakarta – ASI menjadi asupan pertama Si Kecil sejak lahir hingga dua tahun kehidupannya atau bahkan lebih. Bukan tanpa alasan, nutrisi yang terkandung dalam ASI telah sesuai dengan kebutuhan bayi dan membantu menjaga kesehatan sekaligus mendukung tumbuh kembangnya. 

Selain itu, ASI juga telah terbukti mampu melindungi sang buah hati dari serangan penyakit karena kandungan antibodi di dalamnya. Sebenarnya, ASI diproduksi berdasarkan konsep supply dan demand. Artinya, memberikan ASI atau menyusui secara langsung tentu akan merangsang produksi ASI secara alami. 

Meski begitu, produksi ASI pun terkadang bisa berkurang. Biasanya, kondisi ini terjadi karena ibu sedang kekurangan gizi, stres, dan posisi pelekatan bayi yang kurang tepat. Lalu, adakah cara agar produksi ASI tetap lancar?

Baca juga: Mau tahu Istimewanya ASI? Ini Manfaatnya Bagi Bayi dan Ibu

Camilan Sehat Meningkatkan Produksi ASI

Ternyata, ada cara mudah yang bisa ibu lakukan untuk membantu melancarkan produksi ASI, yaitu mengonsumsi berbagai camilan sehat berikut ini.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki kandungan lemak sehat yang sangat baik untuk ibu menyusui. Jenis kacang, seperti kenari, kacang mede, dan almond pun kaya kandungan protein dan zat besi. Supaya nutrisinya tetap terjaga dan bebas dari lemak jahat, ibu bisa mengolah kacang tersebut dengan dipanggang. 

  • Yoghurt

Lalu, ibu juga bisa mengonsumsi yoghurt. Tak hanya memiliki rasa yang enak, yoghurt juga kaya akan probiotik dan protein yang tentunya sangat baik untuk kesehatan saluran pencernaan. Ibu bisa menambahkan irisan buah untuk meningkatkan manfaatnya. 

Baca juga: ASI Bisa Cegah COVID-19? Ini Faktanya

  • Popcorn

Terbuat dari jagung dengan kandungan serat tinggi, popcorn menjadi pilihan camilan sehat berikutnya yang baik untuk ibu menyusui. Ini karena kandungan serat yang bisa membantu mendorong proses laktasi. Ibu bisa menambahkan taburan keju untuk menambah cita rasa dan protein. 

  • Edamame

Camilan satu ini juga menjadi pilihan tepat untuk ibu yang sedang menyusui. Makanan sehat satu ini kaya akan vitamin K yang memang dibutuhkan saat menyusui. Ibu bisa menambah garam pada edamame rebus sebelum dikonsumsi, tetapi pastikan tidak berlebihan. 

  • Sereal Gandum Utuh

Selain dari jagung, sereal gandum utuh juga bisa menjadi pilihan alternatif untuk memenuhi asupan serat ibu menyusui. Kombinasikan dengan yoghurt dingin atau susu untuk menambah rasa.

Baca juga: Ini 6 Mitos Tentang ASI yang Ibu Harus Tahu

  • Buah Pepaya

Jangan lupa, konsumsi buah-buahan juga penting untuk membantu proses produksi ASI. Salah satunya adalah buah pepaya. Kandungan nutrisi dalam buah pepaya disinyalir mampu mendongkrak produksi hormon oksitosin yang merangsang produksi ASI. Tak hanya itu, pepaya juga mengandung vitamin A, B, C, dan E, serta rendah kalori yang tentu saja sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

Namun, tidak boleh lupa bahwa ibu tetap harus menjaga pikiran tetap sehat dan bebas dari stres. Pasalnya, stres menjadi pemicu utama produksi ASI menurun. Lakukan hal-hal yang menyenangkan agar ibu terhindar dari stres selama menyusui.

Jika membutuhkan bantuan pakar, ibu bisa langsung terhubung dengan psikolog melalui aplikasi Halodoc. Kapan saja, ibu bebas menceritakan keluhan yang menyebabkan ibu mengalami stres dan langsung mendapatkan solusinya. Jadi, jangan lupa untuk download aplikasi Halodoc, ya, bu!

Referensi:
Real Mom Nutrition. Diakses pada 2021. 15 Super-Healthy + Easy Snacks for Breastfeeding Moms.
Yummy Toddler Food. Diakses pada 2021. Snacks for Breastfeeding and New Mom.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan