• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Agar Anak Tumbuh Menjadi Pribadi Ceria

Cara Agar Anak Tumbuh Menjadi Pribadi Ceria

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Orangtua mana yang tidak akan senang bila memiliki anak yang periang, lucu, dan mudah tersenyum. Melihat Si Kecil tertawa terbahak-bahak mungkin menjadi momen yang paling membahagiakan bagi ayah dan ibu. Itulah sebabnya para orangtua rela melakukan apa saja demi membuat anaknya senang. Mulai dari membelikan mainan kesukaannya, bermain bersamanya, atau mengajaknya bercanda. 

Orangtua tentunya juga berharap Si Kecil dapat terus bertumbuh menjadi pribadi yang riang dan ceria. Namun, bagaimana caranya membuat anak tumbuh menjadi orang dewasa yang ceria? Yuk, cari tahu penjelasannya di bawah ini. 

Baca juga: Cara Mengartikan Senyum Bayi yang Perlu Diketahui Ibu

Apa yang membuat anak tumbuh menjadi orang dewasa yang ceria? Penelitian terbaru tentang kebahagiaan memberi jawaban yang cukup mengejutkan. Setelah kelangsungan hidup, keamanan dan kenyamanan dasar terjamin, faktor eksternal ternyata tidak terlalu banyak memengaruhi tingkat kebahagiaan seseorang. 

Gen-gen yang mengalir di tubuh kita tentu saja berkontribusi terhadap kepribadian kita, tetapi hal itu masih bisa diperbaiki untuk meningkatkan kebahagiaan kita. Penentu terbesar kebahagiaan kita ternyata adalah kebiasaan mental, emosi, dan fisik kita sendiri yang menciptakan kimia tubuh yang menentukan tingkat kebahagiaan.

Kamu mungkin menyadari bahwa ada sebagian orang yang cenderung optimis dan positif dibandingkan sebagian orang lainnya. Sebagian kecil karakteristik tersebut memang dipengaruhi oleh gen bawaan sejak lahir, tetapi sebagian besar faktor yang memengaruhi suasana hati kita adalah kebiasaan!

Kebahagiaan terkait erat dengan tiga jenis kebiasaan beriku init:

  • Bagaimana kamu berpikir dan merasakan tentang dunia ini.
  • Tindakan atau kebiasaan tertentu, seperti olahraga teratur, makan sehat, bermeditasi, dan bersosialisasi dengan orang lain.
  • Ciri-ciri karakter, seperti pengendalian diri yang baik, kepedulian terhadap orang lain, keberanian, kejujuran, dan kepemimpinan.

Lantas, bagaimana caranya orangtua dapat membantu anak untuk mengembangkan kebiasaan yang mengarah pada kebahagiaan tersebut. Berikut ini cara agar anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang ceria dan bahagia:

1.Ajari Anak Kebiasaan yang Positif

Anak-anak belajar dengan cara meniru apa yang dilihatnya dari orang dewasa. Kebiasaan yang ibu lakukan sehari-hari berpengaruh lebih besar daripada apa yang ibu katakan. Karena itu, agar anak dapat bertumbuh menjadi pribadi yang ceria dan menyenangkan, ayah dan ibu perlu membangun kebiasaan-kebiasaan yang positif setiap hari, seperti menjaga suasana hati yang baik, berbicara positif (baik dengan orang lain maupun pada anak), selalu bersyukur, dan menghargai relasi dengan orang lain dan juga alam. Dengan menunjukkan kebiasaan baik tersebut pada anak, Si Kecil dapat melihatnya dan menirunya, sehingga ia tumbuh menjadi pribadi yang memiliki kebiasaan baik juga. 

2.Mendorong Anak Memiliki Pola Hidup yang Sehat

Selain kebiasaan yang positif, pola hidup sehat, seperti olahraga teratur, makan sehat dan rileksasi juga sangat berkaitan dengan suasana hati seseorang. Jadi, jalanilah pola hidup sehat bersama Si Kecil, sehingga ia dapat terbiasa untuk terus melakukannya sampai dewasa nanti. Untuk metode refreshing, ibu dan Si Kecil mungkin punya cara sendiri untuk bersenang-senang dan meningkatkan suasana hati, seperti mendengarkan musik, atau bermain di alam selalu efektif untuk membuat Si Kecil menjadi senang.

Baca juga: Ajak Anak Wisata Alam? Ini 5 yang Harus Diperhatikan

3.Jangan Lupa untuk Tertawa!

Pepatah lama yang mengatakan bahwa tertawa adalah obat yang manjur ternyata benar. Semakin banyak kita tertawa, semakin bahagia kita. Jadi, agar Si Kecil dapat tumbuh menjadi pribadi yang ceria, ayah dan ibu perlu sering-sering mengajaknya tertawa. Ada banyak cara untuk membuat Si Kecil tertawa, seperti menggelitik perut Si Kecil, bermain ci-luk-ba, atau membuat ekspresi wajah yang lucu. 

4.Ajari Si Kecil untuk Menemukan Kebahagiaan Dari Hal Sehari-hari

Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang dapat memperhatikan keajaiban kecil dari kehidupan sehari-hari dan membiarkan diri mereka tersentuh olehnya, dapat tumbuh menjadi pribadi yang lebih bahagia. Sadarkah ibu bahwa kehidupan sehari-hari dipenuhi dengan kejadian-kejadian yang menggembirakan. Jadi, ibu bisa mengajak Si Kecil bergembira dari kejadian sehari-hari, seperti menikmati pertunjukkan matahari terbenam, membelikan Si Kecil es krim dari tukang es krim yang lewat, bermain bersama semut-semut kecil, dan sebagainya.

5.Menerima Semua Emosi

Menjadi pribadi yang ceria bukan berarti kita harus menekan perasaan kita dan tidak boleh bersedih sama sekali. Bahkan, orang yang paling ceria sekalipun pernah merasa sedih atau sakit. Justru dengan mengakui perasaan sedih dan menerimanya dapat melatih kita untuk lebih bersukacita dalam hidup. Jadi, biarkanlah Si Kecil menangis saat ia sedang sedih atau marah sampai ia merasa lega dan suasana hatinya membaik kembali. 

Baca juga: Kenali Penyebab Murung Pada Anak

Itulah 5 cara yang bisa orangtua lakukan agar dapat membuat anak bertumbuh menjadi pribadi yang ceria. Bila ayah atau ibu ingin bertanya seputar pola asuh anak, coba tanyakan saja pada ahlinya dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Ayah atau ibu bisa menghubungi dokter ahli dan terpercaya melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.


Referensi:
Aha Parenting. Diakses pada 2020. Teaching Your Child the Art of Happiness.