• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Meditasi yang Efektif untuk Meningkatkan Fokus
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Meditasi yang Efektif untuk Meningkatkan Fokus

Cara Meditasi yang Efektif untuk Meningkatkan Fokus

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 05 Oktober 2021
Cara Meditasi yang Efektif untuk Meningkatkan Fokus

“Meditasi terfokus adalah teknik meditasi yang dilakukan dengan  menaruh semua perhatian pada suara, objek, atau sensasi tertentu. Ada tiga teknik meditasi terfokus yang bisa kamu coba, bingkai beku, baca mantra, dan berjalan beberapa jarak.”

Halodoc, Jakarta – Tak hanya memberikan efek relaksasi, meditasi juga termasuk latihan yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan fokus. Nah, meditasi untuk meningkatkan fokus ini kerap disebut sebagai meditasi terfokus. 

Meditasi terfokus hanyalah salah satu dari beberapa teknik meditasi. Untuk melakukan teknik meditasi yang satu ini kamu perlu menaruh semua perhatian pada suara, objek, atau sensasi tertentu. Tertarik untuk mencobanya? Kalau iya, yuk simak penjelasan ini terlebih dahulu. 

Baca juga: Ini Cara untuk Mengatasi Mental Burnout Saat Pandemi

Berbagai Teknik Melakukan Meditasi Terfokus

Meditasi terfokus bisa kamu lakukan kapan pun untuk membantu menjernihkan pikiran.  Saat pikiran sedang terganggu, stres, atau kewalahan, kamu bisa mengembalikan fokus dengan mengistirahatkan perhatian pada satu titik fokus. Namun, bukan berarti kamu harus berhenti berpikir ya, kamu justru harus berusaha menyadari pikiran dan mengarahkan perhatian ke sebuah hal tertentu.

Tak perlu memaksakan diri saat pikiran justru melayang dan mengembara saat bermeditasi. Itu adalah hal wajar dan termasuk bagian dari proses bermeditasi. Nah, berikut beberapa teknik meditasi terfokus yang bisa kamu coba:

1. Bingkai Beku

Teknik ini dilakukan dengan mempertahankan postur diam selama sesi meditasi. Jaga punggung tetap lurus dan kepala tegak. Jenis meditasi yang satu ini bisa menjadi tantangan bagi pemula. Pasalnya, tidak mudah untuk melakukan keterampilan dalam mengatur postur tubuh  sampai kamu terbiasa dengan keterampilan tersebut. 

2. Baca Mantra

Membaca mantra adalah teknik meditasi yang cukup populer. Mantra yang diucapkan umumnya sederhana, seperti “mengembuskan napas, saya bebas stres”. Mantra dapat memberi cap positif ke dalam kesadaran. Melafalkan mantra dapat digunakan sebagai metode untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi pada tingkat yang paling dasar. 

Baca juga: Alasan Psikologis Orang Suka Marah di Medsos

3. Berjalan Beberapa Jarak

Meditasi jalan juga merupakan teknik meditasi terfokus yang efektif meningkatkan konsentrasi dan fokus. Saat berjalan, perhatikan gerakan dan sensasi kaki saat menyentuh tanah sampai kamu benar-benar mendapatkan fokus.

Tips untuk Meditasi Terfokus

Sesi awal meditasi terfokus mungkin akan terasa tidak mudah. Namun, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memudahkan meditasi ini:

  • Beri waktu. Meditasi yang efektif membutuhkan waktu dan latihan. Jangan memaksakan diri terlalu keras untuk mencapai kesempurnaan di awal. Memaksakan diri justru dapat membuat kamu stres.
  • Gunakan sesi yang lebih pendek. Sebagai pemula, jangan bandingkan diri dengan orang yang sudah lama berlatih meditasi. Tingkatkan sesi yang lebih lama seiring waktu. Nantinya meditasi akan menjadi lebih mudah dan efektif.
  • Pilih waktu yang paling cocok. Bagi banyak orang, meditasi terfokus adalah cara terbaik untuk memulai hari. Bagi yang lain, waktu terbaik meditasi adalah di malam hari untuk membantu mereka bersantai setelah hari yang panjang.

Baca juga: Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Pekerja Selama WFH

Bila kamu masih mengalami kesulitan fokus karena stres, jangan tunda untuk kunjungi dokter maupun psikolog. Gunakan layanan janji rumah sakit sebelum mengunjungi psikolog supaya lebih mudah dan praktis. Download aplikasinya sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. What to Know About Meditation for Focus.
Verywell Mind. Diakses pada 2021. Focused Meditation: How to Start a Practice.