Cara Memilih Kandang Landak Mini yang Tepat

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   16 Juli 2021
Cara Memilih Kandang Landak Mini yang TepatCara Memilih Kandang Landak Mini yang Tepat

“Landak mini menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam kandangnya, sehingga penting untuk memilih kandang yang nyaman untuknya. Beberapa yang perlu diperhatikan adalah ukuran kandang, ventilasi, material, dan kemudahan dalam membersihkan.”

Halodoc, Jakarta – Banyak pemilik hewan ingin memberikan yang terbaik bagi peliharaannya. Bila yang kamu pelihara adalah landak mini, kamu bisa memulainya dengan memilih kandang yang tepat. Kandang landak mini adalah tempat hewan mungil ini menghabiskan sebagian besar waktunya.

Jadi, kamu perlu memilih kandang yang nyaman, aman, dan menyenangkan untuknya. Lantas, bagaimana cara memilih kandang landak mini yang tepat? Yuk simak pembahasannya!

Baca juga: Cara Menjaga Landak Mini agar Tetap Higienis

Perhatikan Ini saat Pilih Kandang Landak Mini

Ada beberapa perdebatan tentang kandang yang ideal untuk landak mini. Namun, pertimbangan yang paling penting adalah ukuran, keamanan, ventilasi, dan kemudahan pembersihan.

Temukan kandang yang memenuhi persyaratan unik landak dan sesuai dengan anggaran dan preferensi. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan:

  1. Ukuran

Di alam liar, landak mini biasanya mencari makan dengan menyusuri tanah. Jadi, mereka pada dasarnya butuh banyak ruang untuk bergerak. Idealnya, pilihlah kandang dengan ukuran setidaknya 60×60 sentimeter. 

  1. Keamanan

Kandang landak mini harus memiliki lantai yang kokoh, jadi hindari kandang dengan lantai kawat atau kawat karena dapat melukai kakinya. Kandang juga tidak boleh memiliki tepi atau ruang yang tajam di mana kepalanya dapat tersangkut. Kandang juga harus aman untuk mencegahnya kabur.

  1. Ventilasi

Ventilasi yang baik diperlukan untuk menjaga tingkat kelembapan tetap rendah dan untuk mencegah terbentuknya amonia (dari urine) dan bau di dalam kandang. 

  1. Kemudahan Membersihkan

Kandang landak mini perlu sering dibersihkan, dan kandang yang besar, berat, atau canggung akan membuat tugas ini sangat tidak menyenangkan. Jangan meremehkan pentingnya fitur kemudahan pembersihan dalam memilih kandang.

Baca juga: Ini 7 Fakta Unik Mengenai Hewan Berduri Landak Mini

Memilih Material Kandang

Banyak pemilik landak mini menggunakan kandang kawat karena banyak tersedia dan memiliki ventilasi yang baik. Selain itu, kandang berbahan kawat biasanya cukup ringan dan mudah dibersihkan. Namun, hindari kandang dengan lantai atau alas berbahan kawat. 

Jika kandang seperti itu tidak tersedia, tutupi alas kawat dengan kayu, plastik, atau potongan selimut Vellux agar aman bagi kaki hewan ini. Selain itu, kandang yang cukup besar untuk landak mungkin memiliki jarak kawat yang terlalu besar untuk kandang landak yang aman. Kamu bisa mencari kandang musang atau kelinci dengan jarak 1 inci atau kurang.

Akuarium bisa digunakan, tetapi kamu membutuhkan akuarium yang ukurannya cukup besar dan bagian atas berbahan wire mesh. Pada sisi negatifnya, akuarium untuk kandang kurang baik ventilasinya. Selain itu, kandang jenis ini juga berat dan sulit untuk dibersihkan.

Selain kandang kawat dan akuarium, kamu juga bisa memilih kandang berbahan plastik. Banyak pemilik menjadi cukup kreatif dengan membuat kandang dari tempat penyimpanan plastik. Dengan sedikit modifikasi, kamu dapat membuat kandang besar dari wadah penyimpanan plastik bening.

Namun, kekurangannya ada di ventilasi. Kamu dapat menyiasatinya dengan membuat lubang di sisi dan tutupnya dengan besi solder atau bor, tetapi sulit untuk membuat lubang yang cukup untuk memberikan ventilasi yang baik.

Sebagai alternatif, kamu dapat membuat tutup dari wire mesh perangkat keras atau bahan layar, baik sendiri atau dilekatkan pada potongan bukaan besar di tutup wadah penyimpanan. 

Itulah tips memilih kandang landak mini. Dengan kandang yang tepat dan pemberian makanan yang bergizi, hewan mungil ini akan tumbuh dengan sehat. Bila landak mini peliharaan kamu mengalami masalah kesehatan, gunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara pada dokter hewan, ya.

Referensi:
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. Hedgehog Housing.
Shed Happens. Diakses pada 2021. Choosing the Best Hedgehog Cage: 8 Factors to Consider.
Pet Keen. Diakses pada 2021. How to Choose the Right Cage Size for Hedgehogs.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan