Cara Menjaga Landak Mini agar Tetap Higienis

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   12 Juli 2021
Cara Menjaga Landak Mini agar Tetap HigienisCara Menjaga Landak Mini agar Tetap Higienis

“Cara agar landak mini peliharaan senantiasa sehat, penting untuk menjaga kebersihan tubuhnya. Tidak sulit sebenarnya. Landak hanya perlu dimandikan satu kali dalam sebulan. Namun, rutinlah memotong kukunya setiap dua minggu sekali, dan jangan lupa bersihkan kandangnya.”

Halodoc, Jakarta – Landak mini adalah hewan peliharaan yang unik, juga lucu dan menggemaskan. Saat sedang ketakutan, ia akan berguling hingga membuat tubuhnya berubah jadi bola berduri. Karena ukurannya kecil, hewan ini juga cukup ringkas dan tidak memakan banyak ruang di rumah. 

Namun, landak mini cukup sensitif terhadap suhu, makanan tertentu, dan bebauan. Itulah sebabnya, penting untuk memerhatikan banyak hal, termasuk soal kebersihan. Lantas, bagaimana cara menjaga hewan mungil ini tetap higienis? Yuk, simak pembahasannya!

Baca juga: Inilah 5 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Pelihara Landak

Tips Jaga Kebersihan Landak Mini

Kebersihan yang buruk sering mengakibatkan penyakit serius pada landak mini. Jadi, penting untuk selalu menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan hewan mungil ini, agar kesehatannya senantiasa terjaga.

Meski landak mini tidak perlu sering dimandikan, mereka tidak mandi saat menjadi kotor, biasanya sebulan sekali atau kurang. Untungnya, hewan ini adalah perenang yang sangat baik dan biasanya menikmati waktu mandi mereka. 

Hindari memandikan landak lebih dari satu kali dalam sebulan, karena kulitnya sensitif dan mudah kering. Penting untuk memerhatikan penggunaan sampo karena kulitnya yang sensitif. Banyak dokter hewan menyarankan hanya menggunakan air hangat untuk landak mini mandi. Namun, bila ingin menggunakan sampo, gunakan sampo khusus hewan peliharaan.

Selain mandi, penting untuk memerhatikan kuku hewan ini. Potong kukunya secara rutin, setiap dua minggu sekali. Hal ini untuk mencegah kukunya tersangkut pada kain atau bahan apa pun dan melukainya.

Sebagai pemilik hewan peliharaan, kebersihan diri kamu juga penting. Selalu cuci tangan sebelum dan sesudah memegang hewan ini. Gunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 70 persen jika tidak bisa langsung mencuci tangan, tapi jangan lewatkan mencuci tangan setelahnya.

Baca juga: 7 Fakta Seputar Hewan Mungil Berduri Landak Mini

Kebersihan Kandang Juga Penting

Sangat penting untuk menjaga kandang landak mini tetap bersih untuk menghilangkan kuman dari tempat tinggal mereka dan menjaganya agar tidak terlalu kotor. 

Setiap hari, kamu harus memerhatikan beberapa hal untuk menjaga landak mini tetap aman dan bersih, termasuk:

  • Mengeluarkan kotoran yang terlihat dari kandang.
  • Membuang sisa makanan, mencuci mangkuk makanan, dan menyediakan makanan dan air segar.

Satu hari setiap minggu, kamu harus membersihkan kandang landak secara menyeluruh. Jika kamu secara konsisten membersihkan kandang, seharusnya aman untuk melakukan pembersihan penuh setiap dua minggu sekali. 

Namun, beberapa landak mini membuat lebih banyak kekacauan daripada yang lain, jadi jika kamu melihat kandang terlihat atau berbau kotor, pastikan untuk membersihkannya sepenuhnya.

Saat membersihkan kandang, pastikan untuk memasukkan landak ke dalam kotak kardus atau mintalah ia diawasi oleh anggota keluarga atau teman sampai kandang siap untuknya.

Baca juga: Inilah 7 Pilihan Makanan Terbaik untuk Landak Mini

Membersihkan kandang akan memakan waktu sekitar tiga puluh menit, dan mencakup langkah-langkah berikut:

  • Keluarkan semua mainan dan selimut dari kandang.
  • Kosongkan kandang serutan atau kertas saat ini dan buang serutan lama di tempat sampah luar ruangan.
  • Cuci kandang kosong dengan air sabun dan bilas sampai bersih. Ini dapat dilakukan di luar atau di bak mandi atau pancuran. Untuk opsi pembersihan alami, kamu dapat menyeka kandang dengan hidrogen peroksida diikuti dengan cuka, dan bilas bersih.
  • Bersihkan mainan landak dengan cara yang sama.
  • Keringkan kandang dan gelar lapisan koran yang baru.
  • Isi kandang dengan serutan baru.
  • Kembalikan mainan dan selimut bersih ke kandang.

Itulah tips menjaga landak mini agar tetap higienis. Bila kamu butuh saran lain seputar perawatan atau kesehatan hewan mungil ini, gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter hewan kapan saja.

Referensi:
The Spruce Pets. Diakses pada 2021. Pet Hedgehogs.
Hedgehog Care 101. Diakses pada 2021. Hedgehog Care.
Hedgehog Care 101. Diakses pada 2021. Hedgehog Cage Cleaning.
Morning Star Hedgehogs. Diakses pada 2021. Keeping it Clean.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan