Cara Menambah Tinggi Badan Anak di Masa Pertumbuhan

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   11 Oktober 2021
Cara Menambah Tinggi Badan Anak di Masa PertumbuhanCara Menambah Tinggi Badan Anak di Masa Pertumbuhan

“Ibu bisa melakukan beberapa cara sederhana untuk mengoptimalkan pertumbuhan tinggi anak di usianya. Mulai dari memberikan asupan protein, kalsium, memenuhi kebutuhan tidur, melakukan berbagai aktivitas fisik, hingga memastikan kesehatan anak menjadi cara menambah tinggi badan anak yang efektif dan aman.”

Halodoc, Jakarta – Memastikan anak bertumbuh dan berkembang sesuai dengan usianya merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan oleh orangtua. Bukan hanya memastikan berat badan sesuai dengan usia anak, ibu juga perlu memastikan ukuran tinggi badan anak sesuai dengan perkembangannya.

Baca juga: Berapa Tinggi Badan Ideal untuk Anak Laki-Laki?

Sebaiknya ketahui beberapa cara menambah tinggi badan anak di masa pertumbuhan. Dengan begitu, tinggi badan anak bisa bertumbuh dengan optimal di usianya.

  1. Penuhi Kebutuhan Nutrisi pada Anak

Mengonsumsi makanan sehat bisa membantu ibu untuk mengoptimalkan tinggi anak di masa pertumbuhan. Ada beberapa nutrisi yang bisa membantu pertumbuhan tinggi anak, seperti protein, vitamin D, kalsium, magnesium, dan fosfor.

  • Berikan makanan yang beragam pada anak.
  • Perbanyak asupan buah dan sayur.
  • Kacang-kacangan, dada ayam, kale, quinoa, telur, salmon, dan susu menjadi makanan yang bisa mengoptimalkan tinggi anak.
  1. Penuhi Kebutuhan Tidur Anak

Selain memenuhi kebutuhan nutrisi, ibu juga perlu memenuhi kebutuhan istirahat anak sebagai cara menambah tinggi badan anak. Hal ini disebabkan hormon pertumbuhan akan dilepaskan oleh tubuh secara optimal saat tidur. 

  • Bayi yang baru lahir–3 bulan disarankan tidur sebanyak 14–17 jam per harinya.
  • Usia 3–11 bulan disarankan 12–17 jam per hari.
  • Usia 1–2 tahun sebanyak 11–14 jam per hari.
  • Usia 3–5 tahun sebanyak 10–13 jam per hari.
  • Usia 6–13 tahun sebanyak 9–11 jam per hari.
  • Usia 14–17 tahun sebanyak 8–10 jam per hari.

Baca juga: Penjelasan Tinggi Ideal Anak Berdasarkan Usia

  1. Lakukan Aktivitas Fisik Secara Rutin

Ajak anak untuk rutin melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga. Rutin olahraga bisa membantu anak untuk memperkuat otot dan tulang. Dengan begitu, pertumbuhan tinggi badan akan lebih optimal. Selain itu, berolahraga juga bisa membantu meningkatkan produksi hormon pertumbuhan.

  • Ajak anak minimal satu jam dalam sehari untuk melakukan aktivitas fisik.
  • Olahraga yang cocok dilakukan anak untuk mengoptimalkan tinggi badan, seperti bersepeda, berenang, bermain bola basket, hingga lompat tali.

Itulah beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk mengoptimalkan pertumbuhan anak di usianya. Sebaiknya jangan abaikan jika anak mengeluhkan gangguan kesehatan, segera kunjungi rumah sakit terdekat dan buat janji untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan memastikan penyebab keluhan kesehatan yang dialami anak. 

Baca juga: 3 Faktor yang Memengaruhi Tinggi Badan

Mengalami gangguan kesehatan yang tidak diatasi dapat menghambat pertumbuhan anak. Dengan begitu, pastikan anak memiliki kesehatan optimal di usia pertumbuhannya. Yuk, download Halodoc sekarang juga untuk memastikan tumbuh kembang anak dengan baik.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 11 Foods That Make You Taller.
Healthline. Diakses pada 2021. How to Increase Your Height: Is There Anything I Can Do?
Bright Side. Diakses pada 2021. Top 9 Ways to Increase Height.
Teens Health. Diakses pada 2021. Can Lack of Sleep Stunt Your Growth?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan