Cara Mengatasi Infeksi Mata Kucing yang Merah

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   09 September 2021
Cara Mengatasi Infeksi Mata Kucing yang MerahCara Mengatasi Infeksi Mata Kucing yang Merah

Infeksi mata adalah salah satu penyebab mata kucing menjadi merah. Infeksi mata pada kucing biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri. Infeksi mata kucing yang disebabkan oleh virus biasanya bisa sembuh dengan sendirinya atau menggunakan obat antivirus. Sementara infeksi mata kucing akibat bakteri bisa menggunakan antibiotik.

Halodoc, Jakarta – Kucing memiliki mata yang indah, bercahaya, dan ekspresif. Namun, bila mata kucing peliharaan kamu tiba-tiba berwarna merah, hal itu bisa jadi disebabkan oleh infeksi mata.

Infeksi mata pada kucing sangat umum terjadi. Beberapa infeksi bisa sembuh dengan sendirinya, tetapi beberapa bisa menunjukkan tanda-tanda penyakit yang lebih serius. Dengan mengetahui penyebabnya, kamu bisa memberikan pengobatan yang tepat. Namun, jangan pernah mengobati mata kucing yang merah sembarangan dengan obat mata manusia. Ketahui cara yang benar mengatasi infeksi mata pada kucing di sini.

Baca juga: Cara Menangani Anak Kucing Belekan

Apa Penyebab Mata Kucing Merah?

Mata kucing yang merah bisa disebabkan oleh banyak hal. Trauma, alergi, kemasukan benda kecil, perubahan struktur mata, infeksi virus, infeksi bakteri, dan iritasi bisa menyebabkan mata kucing peliharaan kamu menjadi merah. Berikut ini penyebab paling umum mata merah pada kucing:

  • Trauma

Trauma, seperti tercakar, digigit, tertusuk, terpapar allergen, serbuk sari, atau debu, serta sengatan lebah, bisa menyebabkan mata kucing kamu memerah.

  • Iritan

Selain trauma, zat iritan, seperti asap rokok, parfum, dan pengharum ruangan juga bisa menyebabkan mata kucing merah.

  • Kemasukan Sesuatu

Benda-benda kecil, seperti bibit, debu, atau benih rumput bisa masuk ke dalam mata kucing peliharaan kamu dan menyebabkan iritasi, sehingga menjadi merah.

  • Perubahan Struktural

Mata kucing yang merah juga bisa disebabkan oleh terjadinya perubahan struktural, seperti entropion (kelopak mata masuk ke dalam), ectropion (kelopak mata menonjol keluar), distichiasis (pertumbuhan bulu mata tidak normal).

  • Penyakit

Mata merah pada kucing juga bisa disebabkan oleh penyakit yang lebih serius, seperti kanker dan penyakit autoimun.

  • Infeksi Bakteri

Beberapa bakteri yang bisa menyebabkan mata kucing merah, yaitu klamidia dan mikoplasma.

  • Infeksi Virus

Selain bakteri, mata merah kucing juga bisa disebabkan oleh infeksi virus. Beberapa jenis virus yang paling umum menyebabkan infeksi mata pada kucing, antara lain virus herpes kucing tipe 1, calicivirus, feline immunodeficiency virus (FIV), dan feline leukemia (FeLV).

Baca juga: Mengapa Vaksin Penting untuk Diberikan pada Kucing?

Cara Mengatasi Mata Kucing Merah karena Infeksi

Bila penyebab mata merah kucing tidak diketahui, pengobatan yang umumnya diberikan adalah obat khusus mata yang mengandung kombinasi antibiotik spektrum luas untuk mengendalikan infeksi bakteri sekunder dan obat antiinflamasi untuk pengurangi peradangan. Obat mata tersebut biasanya berupa obat tetes atau salep yang diaplikasikan langsung ke mata kucing.

Namun, bila mata merah pada kucing diketahui disebabkan oleh infeksi, pengobatan yang diberikan akan disesuaikan dengan patogen yang menjadi penyebab infeksinya. Berikut cara mengatasi infeksi mata kucing berdasarkan penyebabnya.

  1. Virus Herpes

Meskipun infeksi mata pada kucing yang disebabkan oleh virus herpes biasanya ringan dan bisa sembuh sendiri, tetapi kucing yang terinfeksi bisa menjadi pembawa virus dan penyakit tersebut juga berpotensi untuk kambuh lagi. 

Pada kasus yang ringan, pengobatan mungkin tidak diperlukan. Namun, pada kasus yang parah atau kurang responsif, obat antivirus bisa digunakan. L-lisin juga bisa digunakan untuk mempercepat penyembuhan dan bisa digunakan seumur hidup sebagai pemicu kekebalan untuk kucing yang mengalami infeksi berulang. Antibiotik juga sering digunakan bila ada infeksi bakteri sekunder. Interferon-alpha bisa digunakan sebagai stimulan imun.

  1. Klamidia dan Mikoplasma

Cara mengatasi mata merah pada kucing karena infeksi bakteri ini adalah dengan menggunakan salep mata tetrasiklin atau antibiotik oral azitromisin.

Sementara itu, bila infeksi mata kucing kamu disebabkan oleh kondisi yang mendasarinya, seperti FeLV atau Calicivirus, pengobatan akan difokuskan pada kondisi tersebut.

Baca juga: 6 Masalah Mata yang Bisa Menyerang Anjing

Itulah cara mengatasi infeksi mata kucing yang benar, yaitu harus disesuaikan dengan penyebabnya. Bila hewan peliharaan kamu sakit, jangan sembarangan memberi obat. Bicarakan dulu pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, dokter hewan terpercaya bisa membantu mendiagnosis dan meresepkan obat yang tepat. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Memphis Veterinary Specialists. Diakses pada 2021. Eye Infections in Cats – Antibiotics & Other Treatments.
Wag!. Diakses pada 2021. Red Eye in Cats.
VCA Animal Hospitals. Diakses pada 2021. Conjunctivitis in Cats.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan