• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Mengatasi Rambut Rontok pada Pria

6 Cara Mengatasi Rambut Rontok pada Pria

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Tak hanya wanita yang memiliki masalah rambut rontok, pria juga. Rambut rontok pada pria juga dapat disebabkan oleh banyak faktor. Beberapa di antaranya adalah efek penuaan, stres, hingga gaya hidup yang kurang sehat. Jika tidak diatasi, rambut rontok pada pria tentu dapat menurunkan rasa percaya diri.

Itulah sebabnya banyak pria yang melakukan berbagai upaya untuk mengatasi masalah rambut rontoknya. Mulai dari mencukur rambut, hingga memakai obat tradisional ini itu untuk mengurangi kerontokan rambut. Namun, apakah cara itu bisa efektif untuk mengatasi rambut rontok pada pria?

Baca juga: 6 Kesalahan Perawatan yang Bikin Rambut Rontok

Coba Cara Ini untuk Atasi Rambut Rontok pada Pria

Berikut beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi rambut rontok pada pria:

1. Kelola Stres dengan Baik

Stres adalah salah satu faktor pemicu kerontokan rambut, tak hanya pada wanita, tetapi juga pria. Sebab, stres dapat membuat folikel rambut berhenti tumbuh untuk sementara. Jadi, cobalah kelola stres dengan baik. Caranya, dengan melakukan hal yang disenangi dan meditasi.

Rutinlah juga berolahraga. Selain menyehatkan tubuh secara keseluruhan, olahraga dapat meningkatkan produksi hormon endorfin, yang memunculkan rasa bahagia. Olahraga yang perlu dilakukan adalah yang ringan-ringan saja, tetapi teratur dan rutin dilakukan setiap hari. 

2. Terapi Laser

Terapi laser atau disebut juga low-level laser therapy, adalah salah satu perawatan rambut rontok dan kebotakan yang bisa dicoba. Terapi ini dilakukan dengan cara memancarkan sinar laser yang mengandung foton, ke kulit kepala. Foton dapat merangsang folikel rambut untuk aktif dan menumbuhkan rambut kembali. 

Namun, beberapa waktu belakangan, sudah ada inovasi alat yang memungkinkan kamu melakukan terapi laser di rumah. Salah satunya adalah sisir yang didesain untuk memancarkan sinar laser yang mengandung foton, ketika digunakan untuk menyisir rambut. Sisir ini biasanya direkomendasikan untuk orang yang mengalami rambut rontok parah. 

Baca juga: 5 Cara Merawat Kerontokan Rambut Bagi Pria

3. Sampo Ketoconazole

Sampo ketoconazole adalah sampo dengan kandungan obat khusus, untuk mengobati penyakit kulit dan kuku, seperti dermatitis seboroik, kurap, dan kandidiasis. Namun, sampo ini juga bisa digunakan untuk mengobati dan mencegah kerontokan rambut, kebotakan, dan memperbaiki pertumbuhan rambut.

4. Tingkatkan Asupan Vitamin D

Menurut studi yang dipublikasikan dalam British Journal of Dermatology, orang yang mengidap alopecia areata (penyakit autoimun yang menyebabkan kerontokan rambut), tiga kali lebih mungkin mengalami kekurangan vitamin D, dibanding yang rambutnya sehat. 

Hal ini karena vitamin D dapat membantu rambut mengatur ulang fase pertumbuhannya. Jadi, cobalah tingkatkan asupan vitamin D dari makanan dan minuman. Secara alami, vitamin D terkandung dalam salmon, tuna, susu, dan masih banyak lagi. 

Baca juga: 5 Tips Mencegah Kerontokan Sebelum Lanjut Usia

5. Perbaiki Pola Makan

Kesehatan rambut juga dipengaruhi oleh pola makan yang dimiliki. Jika kamu mengalami rambut rontok dan merasa bahwa pola makan selama ini belum seimbang, cobalah perbaiki pola makanmu.

6. Hindari Rokok

Efek buruk rokok bukan hanya soal kerusakan paru-paru saja. Kebiasaan merokok secara aktif juga dapat meningkatkan risiko rambut rontok. Jadi jika kamu memiliki kebiasaan merokok, sebaiknya segera pertimbangkan untuk berhenti, ya. 

Jika kerontokan rambut masih berlanjut, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter. Agar lebih mudah, download saja aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan dokter atau buat janji dengan dokter di rumah sakit. Dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan yang bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 17 Hair Loss Treatments for Men.
Men’s Health. Diakses pada 2020. 7 Ways to Stop Hair Loss In Its Tracks.
WebMD. Diakses pada 2020. Men's Hair Loss: Treatments and Solutions.