03 May 2018

5 Cara Merawat Kerontokan Rambut Bagi Pria

5 Cara Merawat Kerontokan Rambut Bagi Pria

Halodoc, Jakarta – Rambut berjatuhan saat keramas atau disisir pasti sudah lumrah terjadi. Namun, kamu tetap perlu waspada jika helaian rambut yang rontok sudah melebihi batas normal. Kerontokan rambut lebih sering dialami oleh wanita, meskipun tak sedikit pula pria mengalaminya. Jika dibiarkan, masalah kerontokan rambut ini akan mengakibatkan terjadinya kebotakan dini. Tentu saja, ini akan turut memengaruhi penampilan.

Penyebab Rambut Rontok

Meski demikian, fakta menunjukkan bahwa penyebab terjadinya kerontokan rambut pada pria adalah karena sensitivitas tubuh terhadap hormon Dihidrotestosteron (DHT). Seorang dokter dari Rumah Sakit Lenox Hill, Robert Glatter mengemukakan bahwa rambut rontok juga bisa terjadi pada generasi muda karena masalah genetik.

Selain faktor genetik, rambut rontok juga terjadi karena berbagai hal lain, seperti ketombe, penggunaan produk kimia rambut, dan penggunaan alat-alat penata rambut dengan cara yang kurang tepat.

Baca juga: Uban Tumbuh Sebelum Waktunya, Pertanda Apa?

Lalu, Bagaimana Mengatasi dan Merawat Rambut Rontok?

Meski umum terjadi, bukan berarti rambut rontok tidak bisa diatasi. Kalau kamu mengalaminya, kamu bisa melakukan cara merawat kerontokan pada pria secara alami berikut ini.

Menggunakan Teh Hijau

Cara pertama, coba gunakan teh hijau. Bahan satu ini memang memiliki segudang manfaat untuk tubuh, terutama rambut dan kulit. Untuk rambut sendiri, teh hijau disinyalir mampu membantu mempercepat tumbuhnya rambut sekaligus mengurangi masalah rambut.

Cara penggunaannya mudah kok. Ambil dua kantong teh hijau, lalu rebus hingga mendidih. Takarannya cukup satu cangkir saja ya. Setelah itu, tunggu hingga air cukup hangat dan oleskan secara merata ke akar rambut. Diamkan selama satu jam, lalu bilas kepala kamu sampai bersih.

Coba Juga Minyak Kelapa

Cara kedua untuk merawat dan mengatasi rambut rontok yang bisa kamu coba adalah menggunakan minyak kelapa. Dalam minyak kelapa, terkandung vitamin dan asam lemak esensial yang bagus untuk kesehatan kulit kepala. Bahkan, minyak kelapa sudah digunakan untuk menyuburkan rambut  sejak zaman kerajaan kuno, lho!

Nah, menggunakan minyak ini juga terbilang mudah. Tuang secukupnya pada lepek, usapkan ke seluruh kulit kepala dan lakukan pemijatan ringan. Pemijatan ini bisa membantu agar folikel rambut tetap aktif.

Cuci Rambut dengan Cuka

Cara merawat kerontokan bagi pria selanjutnya adalah dengan cuka. Cuka memang menjadi bumbu penyedap rasa pada makanan. Namun, ternyata bahan alami ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan rambut. Cuka memiliki kandungan asam asetat, asam amino, juga vitamin B1 dan B2. Pada rambut, cuka biasa digunakan untuk mengatasi kerontokan hingga membuat rambut menjadi lebih lurus dan berkilau secara alami.

Agar rambut kamu tidak rontok, pakai larutan cuka ini setelah kamu mencuci rambut seperti kondisioner. Diamkan selama kurang lebih dua hingga tiga menit, lalu bilaslah sampai bersih.

Baca juga: Tanda Rambut Sudah Perlu Dipotong

Mengoleskan Lidah Buaya pada Rambut

Manfaat lidah buaya memang sudah tidak asing lagi di dunia kecantikan. Bagian dalam tanaman berduri ini kaya akan vitamin dan mineral yang amat baik untuk kecantikan kulit dan rambut. Tak hanya membuat kulit lebih halus, lidah buaya juga baik untuk mengurangi kerontokan rambut. Cukup ambil bagian daging lidah buaya, kemudian usap serta pijat ke seluruh kulit kepala. Diamkan beberapa saat, lalu bilas sampai bersih.

Gunakan Telur Sebagai Masker

Terakhir, kamu bisa menggunakan telur untuk mencegah dan merawat rambut rontok. Telur memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, dan protein merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut. Cukup gunakan sebutir telur, kocok hingga tercampur, dan gunakan sebagai masker. Kamu bisa menggunakan masker telur ini sebelum keramas. Kemudian bilas rambutmu dengan sampo untuk menghilangkan bau amis dari telur hingga bersih.

 

Nah, itu tadi lima cara merawat kerontokan bagi pria secara alami yang bisa kamu coba. Kalau kamu masih memiliki masalah kesehatan lain, segera tanyakan pada dokter ahli melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa download aplikasi ini di Google Play Store atau App Store. Halodoc juga punya fitur apotek antar untuk kamu yang ingin beli obat tanpa harus keluar rumah.