Cara Menggunakan Inhaler Asma dengan Tepat

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   26 Desember 2022

“Penggunaan inhaler asma harus dengan cara yang tepat, supaya kamu dapat merasakan manfaat obat tersebut secara maksimal. Maka itu penting untuk melihat petunjuk penggunaan inhaler pada kemasan produk, atau simak penjelasan dari dokter dengan saksama.”

Cara Menggunakan Inhaler Asma dengan TepatCara Menggunakan Inhaler Asma dengan Tepat

Halodoc, jakarta – Jika kamu seorang pengidap asma, kemungkinan perlu menggunakan satu atau lebih obat asma untuk mengatasi dan mengelola gejalanya. Salah satu obat asma yang diperlukan pengidap asma yaitu inhaler

Saat menggunakan inhaler asma, maka harus dengan cara yang tepat agar mendapatkan manfaat penuh dari obat yang dikonsumsi. Lantas, bagaimana cara tepat menggunakan inhaler asma?

Cara Tepat Menggunakan Inhaler Asma

Kebanyakan obat asma dihirup melalui mulut menggunakan inhaler asma atau puffer. Ada beberapa jenis perangkat yang yang penggunaannya tergantung pada usia pengidap, cara kerja paru-paru, dan perangkat yang paling mudah digunakan menurut preferensi pribadi pengidap. 

Beberapa obat dihirup langsung dari inhaler, sementara yang lainnya dihirup melalui ‘pengatur jarak’ yang ada pada inhaler asma. Beberapa cara penggunaan inhaler asma bertujuan untuk meningkatkan jumlah obat yang mencapai saluran udara kecil di paru-paru. 

Berikut ini cara tepat menggunakan inhaler asma tanpa pengaturan jarak, yang umum dimiliki pengidap asma:

1. Persiapan

  • Jika kamu sudah lama tidak menggunakan inhaler asma, kemungkin perlu mengelapnya terlebih dulu. Lihat instruksi yang ada pada kemasan produk untuk mengetahui kapan dan bagaimana menggunakannya.
  • Lepaskan tutupnya. 
  • Lihat ke dalam corong dan pastikan tidak ada sesuatu di dalamnya. 
  • Kocok inhaler dengan keras sebanyak 10 hingga 15 kali sebelum digunakan.
  • Buang napas sepanjang mungkin. Kemudian cobalah untuk mendorong udara sebanyak yang kamu bisa. 

2. Bernapas secara perlahan

  • Pegang inhaler dengan posisi corong di bawah. Tempatkan bibir di sekitar corong dan rapat.
  • Saat mulai bernapas perlahan melalui mulut, tekan inhaler satu kali.
  • Tetap bernapas secara perlahan, sedalam mungkin.

3. Tahan napas

  • Keluarkan inhaler dari mulut. Jika bisa, tahan napas sambil menghitung sampai 10 secara perlahan. Hal ini memungkinkan obat mencapai paru-paru hingga jauh ke dalam.
  • Kerutkan bibir dan hembuskan napas secara perlahan melalui mulut.
  • Jika menggunakan obat hirup, seperti pereda cepat (beta-agonis), tunggu satu hingga dua menit sebelum mengambil hisapan berikutnya. Namun, kamu tidak perlu menunggu di antara hembusan jika menggunakan obat lain. 
  • Pasang kembali tutup pada corong dan pastikan tertutup rapat.
  • Setelah menggunakan inhaler, bilas mulut dengan air, berkumur, dan buang. Hindari menelan air yang digunakan untuk berkumur untuk mengurangi efek samping dari obat.

Inhaler Asma Harus Disimpan dengan Benar

Sebagai pengguna, kamu perlu menjaga kebersihan inhaler asma. Penting untuk selalu melihat ke dalam lubang tempat obat keluar dari inhaler. Jika kamu melihat sesuatu di dalam atau di sekitar lubang, segera bersihkan inhaler asma. Cara membersihkan inhaler asma yaitu:

  • Lepaskan tabung logam dari corong plastik yang berbentuk L.
  • Bilas corong dan tutupnya saja dengan air hangat.
  • Biarkan mengering semalaman.
  • Di pagi hari, masukkan kembali tabung  kedalam inhaler, kemudian tutup.
  • Jangan pernah membilas bagian lain dari inhaler asma. 

Selain membersihkan inhaler asma, mengganti inhaler juga penting dilakukan. Selalu periksa, apakah sudah saatnya mengganti inhaler sebelum kamu kehabisan obat. 

Jangan pernah memasukkan tabung ke dalam air untuk melihat apakah tabung pada inhaler sudah kosong, karena tidak ada gunanya. Tidak ada salahnya untuk membawa inhaler saat kunjungan dokter. Dengan begitu dokter dapat memastikan apakah kamu menggunakannya dengan cara yang benar.

Penyimpanan inhaler asma juga tidak kalah penting. Pastikan untuk menyimpan inhaler pada suhu kamar. Sebab, inhaler asma tidak berfungsi dengan baik jika disimpan di tempat yang terlalu dingin. Apalagi obat dalam tabung berada di bawah tekanan. Jadi pastikan kamu tidak membuatnya terlalu panas. 

Itulah yang perlu diketahui tentang cara tepat menggunakan inhaler asma. Jika mendapatkan resep untuk mengatasi asma dari dokter, kamu bisa cek kebutuhan medismu di toko kesehatan aplikasi Halodoc. Klik gambar berikut untuk mendapatkannya sekarang:

obat asma
Referensi:
Health Direct. Diakses pada 2022. How to use an asthma inhaler
Medline Plus. Diakses pada 2022. How to use an inhaler – no spacer

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan