Ini 11 Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung dengan Cepat

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   13 Oktober 2023

“Ada berbagai cara menghilangkan komedo hitam di hidung dengan cepat yang bisa kamu coba. Contohnya mulai dari rajin membersihkan wajah, hingga menggunakan produk perawatan kulit yang tepat untuk kulit berminyak.”

Ini 11 Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung dengan CepatIni 11 Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung dengan Cepat

Halodoc, Jakarta – Komedo hitam atau blackheads adalah salah satu ciri jerawat dan keluhan kulit yang umum terjadi. Komedo hitam muncul dengan bentuk titik-titik hitam kecil di kulit. Gangguan kulit ini sering terbentuk di sekitar hidung, tapi bisa juga muncul di tempat lain di tubuh. 

Komedo hitam sering kali menyebabkan orang tidak percaya diri. Itulah sebabnya banyak orang yang ingin melakukan perawatan agar komedo hitam hilang. Banyak produk yang mengklaim efektif menghilangkan dan mencegah komedo. Lantas, adakah cara menghilangkan komedo di hidung dengan cepat?

Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung dengan Efektif

Banyak cara untuk menghilangkan komedo hitam di hidung yang populer. Berikut ini beberapa cara menghilangkan komedo hitam di hidung yang bisa kamu coba: 

1. Cuci muka minimal dua kali sehari

Saran paling mendasar ini tetap perlu kamu perhatikan. Rutin mencuci wajah membantu mencegah kotoran dan minyak menumpuk di pori-pori. Mencuci wajah adalah salah satu dari tiga langkah terpenting dalam rutinitas perawatan kulit untuk alasan yang baik. Membersihkan kulit secara teratur membantu menghilangkan kotoran, minyak, sel kulit mati, bakteri, atau riasan yang tertinggal di wajah. 

2. Menggunakan chemical exfoliator

Asam kimia untuk pengelupasan atau chemical exfoliator adalah cara yang lembut dan efektif untuk memecah kulit mati dan minyak yang menyumbat pori-pori. Bahan-bahan dalam pengelupasan kimia melarutkan sel-sel kulit mati, sehingga mudah dibersihkan. 

Bahan-bahan yang digunakan biasanya asam alfa-hidroksi (AHA) seperti asam glikolat dan asam laktat serta asam beta-hidroksi (BHA), seperti asam salisilat. Menurut jurnal ilmiah berjudul A double-blind, placebo-controlled evaluation of a 2% salicylic acid cleanser for improvement of acne vulgaris, yang dipublikasikan di Journal of The American Academy of Dermatology, asam salisilat dapat mengurangi jumlah lesi jerawat termasuk juga menurunkan pertumbuhan komedo. 

Asam polihidroksi (PHA), seperti glukonolakton juga sedang populer digunakan. Semua bahan ini memiliki sifat pengelupasan yang mencegah kelebihan minyak dan kotoran agar tidak terperangkap dalam folikel. Alternatif lainnya, bisa dicoba di 7 Cara Menghilangkan Komedo di Hidung yang Efektif.

3. Cuci muka setelah berolahraga

Keringat berlebih bisa menyatu dengan kotoran, bakteri, dan sel kulit mati untuk menyumbat pori-pori yang mungkin menyebabkan komedo hitam. Penting untuk mencuci muka sebelum dan setelah berolahraga atau aktivitas apa pun yang menyebabkan keringat berlebih. Ingatlah untuk bersikap lembut saat mencuci muka, karena menggosok terlalu keras bisa memperburuk peradangan dan jerawat.

Ada komedo hitam, ada juga komedo putih. Bagaimana cara menghilangkannya? Simak tipsnya di artikel 7 Cara Simpel Menghilangkan Komedo Putih di Wajah.

4. Gunakan strip pori dengan Hati-hati

Produk strip pori-pori atau pore strip menggunakan perekat untuk merobek sel-sel kulit mati dan kotoran. Perlu kamu ketahui, penggunaan produk ini sebenarnya agresif bagi kulit. Itulah sebabnya masih banyak ahli yang pro dan kontra.

Bagaimana pun produk ini dijual bebas dan mudah dibeli. Jika ingin menggunakannya, ini hanya efektif untuk komedo baru. Jika kamu memiliki komedo hitam yang sudah lama, sebaiknya kamu harus melakukan cara lain.

5. Eksfoliasi wajah dengan physical exfoliator

Selain mencuci muka secara teratur, kamu perlu menambahkan beberapa pengelupasan kulit ke dalam rutinitas perawatan. Namun, pastikan kamu memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit masing-masing.

Nah, kamu dapat mencoba physical exfoliator untuk mengeksfoliasi wajah dari luar. Pengelupasan fisik menggunakan scrub untuk menghilangkan kotoran menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Namun, produk ini mungkin akan keras untuk beberapa jenis kulit.

Jadi, pastikan lakukan eksfoliasi fisik 1-2 kali dalam seminggu. Setelah menggunakan physical exfoliator, sebaiknya segera aplikasi pelembap wajah untuk mencegah iritasi kulit.

6. Mengoleskan jeruk nipis ke hidung

Mengoleskan jeruk nipis ke hidung juga bisa menjadi cara menghilangkan komedo hitam di hidung. Metode penggunaannya adalah dengan mengoleskan daging jeruk nipis ke area hidung yang bermasalah lalu diamkan sejenak. Kemudian cuci dan bersihkan. Jeruk nipis dapat membantu menghilangkan minyak berlebih di area T wajah.

Namun, bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya tanyakan dulu pada dokter sebelum melakukan cara ini. 

7. Penggunaan retinoid

Retinoid topikal merupakan pengobatan andalan jerawat karena dapat menghilangkan komedo matang, mengurangi pembentukan mikrokomedo, dan memberikan efek anti-inflamasi. Menurut studi berjudul Topical Retinoids in Acne Vulgaris, dalam American Journal of Clinical Dermatology, retinoid dianggap sesuai untuk pengobatan komedo jangka panjang. Sebab, tidak ada risiko resistensi bakteri setelah penggunaannya. 

8. Gunakan produk tabir surya bebas minyak

Penting untuk selalu mengenakan tabir surya apa pun jenis kulitnya, baik berminyak, kering, atau sensitif. Ada beberapa pilihan produk tabir surya bebas minyak yang efektif memblokir sinar UVA dan UVB. 

9. Menggunakan produk masker charcoal

Charcoal atau arang adalah detoksifikasi yang hebat. Produk ini bekerja jauh di dalam pori-pori untuk membantu mengeluarkan kotoran. Arang memiliki sifat adsorpsinya yang sangat baik, yaitu menarik dan memerangkap kotoran. 

Produk charcoal yang kamu pasang pada hidung akan membantu mengeluarkan kotoran, minyak berlebih, dan kotoran lain dari dalam pori-pori.  Sehingga secara efektif membuka sumbatannya. 

10. Lakukan mikrodermabrasi

Kamu juga bisa melakukan mikrodermabrasi sebagai langkah menghilangkan komedo di hidung. Perawatan wajah ini bekerja dengan mengangkat lapisan kulit paling atas dengan lembut. Dengan begitu, sangat efektif untuk mengatasi komedo hitam pada hidung.

11. Gunakan clay mask

Clay mask dapat membantu mengeluarkan minyak berlebih pada wajah sehingga mencegah terjadinya penyumbatan pada pori-pori wajah. Kondisi tersebut bisa membantu menurunkan risiko munculnya komedo pada hidung.

Beberapa clay mask juga mengandung belerang di dalamnya. Belerang memiliki kandungan yang berfungsi memecah sel kulit mati pembentuk komedo.

Mau tahu cara lainnya? Bisa kamu baca di artikel ini: “Cara Menghilangkan Komedo Hitam Secara Permanen”.

Itulah beberapa cara menghilangkan komedo hitam di hidung. Namun, jangan lupa untuk berdiskusi dengan dokter kulit melalui aplikasi Halodoc mengenai cara yang tepat untuk kondisi dan jenis kulitmu. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Self. Diakses pada 2023. How to Get Rid of Blackheads on Your Nose, Chin, and Forehead.
Medical News Today. Diakses pada 2023. Tips for treating blackheads on the nose.
WebMD. Diakses pada 2023. How to Get Rid of Blackheads.
Journal of The American Academy of Dermatology. Diakses pada 2023. A double-blind, placebo-controlled evaluation of a 2% salicylic acid cleanser for improvement of acne vulgaris. 
Everyday Health. Diakses pada 2023. The Best and Worst Ways to Get Rid of Blackheads.
Very Well Health. Diakses pada 2023. Blackheads on Your Nose: How to Get Rid of Them.
Healthline. Diakses pada 2023. 8 Ways to Remove Blackheads from Your Nose, Plus Prevention Tips.
American Journal of Clinical Dermatology. Diakses pada 2023. Topical Retinoids in Acne Vulgaris.
Healthline. Diakses pada 2023. What are Blackheads?
Journal of General – Procedural Dermatology & Venereology Indonesia. Diakses pada 2023. The Effect of Face Washing Frequency on Acne Vulgaris Patients.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan