• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mengurangi Berat Badan dengan Aman dan Sehat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mengurangi Berat Badan dengan Aman dan Sehat

Cara Mengurangi Berat Badan dengan Aman dan Sehat

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 14 Maret 2022

“Apakah kamu masih terjebak iklan produk yang menjanjikan penurunan berat badan? Ada baiknya kamu ketahui berbagai cara mengurangi berat badan yang sehat dan aman. Meskipun lebih lambat, tetapi penurunan ini lebih sehat dan biasanya tidak akan membuat berat badan kamu kembali naik. Sebab kuncinya hanya konsisten dan juga sabar.“

Cara Mengurangi Berat Badan dengan Aman dan Sehat

Halodoc, Jakarta – Banyak orang yang bingung bagaimana cara mengurangi berat badan dengan aman dan alami. Sayangnya, ada di antara mereka yang terjebak iklan yang dimiliki oleh perusahaan yang menjual obat diet atau produk penurun berat badan yang sebenarnya bukanlah pilihan tepat untuk bisa menurunkan berat badan dengan aman. 

Masih banyak orang yang mencari tips tentang cara mengurangi berat badan dan menemukan informasi yang salah atau menyesatkan. Sebab menurut Center for Disease Control and Prevention, jumlah penurunan berat badan yang paling aman per minggu adalah antara 0,5 hingga 1 kilogram saja per minggu. Sebab mereka yang kehilangan lebih banyak berat badan per minggu atau mencoba diet yang kurang aman akan mendapatkan kembali berat badan mereka nantinya. 

Ini Cara Mengurangi Berat Badan yang Aman

Berikut ini adalah berbagai cara mengurangi berat badan dengan aman dan pastinya sehat karena sudah Berbagai metode yang didukung penelitian ada untuk membantu seseorang mencapai berat badan yang sehat dengan aman dan menghindari risiko obesitas. Metode ini meliputi:

  • Menyiapkan Camilan Sehat untuk Bisa Langsung Dinikmati

Menyimpan camilan sehat di rumah dan di tempat kerja dapat membantu seseorang menghindari kelebihan gula dan garam. Orang sering memilih untuk makan makanan yang nyaman, jadi yang terbaik adalah menghindari menyimpan makanan ringan penuh gula dan garam. Sebab orang yang menyimpan makanan tidak sehat di rumah atau di kantor kerap kali merasa lebih sulit untuk mempertahankan atau menurunkan berat badan.

Camilan sehat ini bisa meliputi kacang tanpa tambahan garam atau gula, buah-buahan, sayuran cincang, yogurt rendah lemak, dan rumput laut kering.

  • Menghentikan Konsumsi Makanan Olahan

Makanan olahan tinggi sodium, lemak, kalori, dan gula. Mereka sering mengandung lebih sedikit nutrisi daripada makanan utuh. Selain itu, makanan olahan jauh lebih daripada makanan lain untuk menyebabkan perilaku makan yang membuat ketagihan, yang cenderung membuat orang makan berlebihan.

  • Lebih Banyak Konsumsi Makanan Tinggi Protein

Pola makan tinggi protein nyatanya bisa membantu seseorang menurunkan berat badan. Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa ini adalah strategi yang bisa berhasil untuk mencegah atau mengobati obesitas.Jadi, kamu harus makan lebih banyak telur, ayam, tahu, tempe, ikan, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan. Makanan ini semuanya tinggi protein dan relatif rendah lemak. 

  • Berhenti Menambahkan Gula

Gula tidak selalu mudah untuk dihindari, tetapi menghilangkan makanan olahan adalah langkah pertama yang harus kamu lakukan. Kamu pun tidak hanya perlu membatasinya dari makanan, tetapi juga dari minuman atau bahkan saus yang kerap kali tinggi gula. 

Sebagian besar gula yang dikonsumsi orang berasal dari fruktosa, yang dipecah hati dan diubah menjadi lemak. Setelah hati mengubah gula menjadi lemak, ia melepaskan sel-sel lemak ini ke dalam darah, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan.

  • Tetap Terhidrasi

Air adalah cairan terbaik yang dapat diminum seseorang sepanjang hari. Ia tidak mengandung kalori dan memberikan banyak manfaat kesehatan. Ketika seseorang minum air sepanjang hari, air membantu meningkatkan metabolisme mereka. Minum air sebelum makan juga dapat membantu mengurangi jumlah yang mereka makan.

Jika kamu mengganti minuman manis dengan air, ini akan membantu mengurangi jumlah total kalori yang mereka konsumsi sepanjang hari. Atau jika kamu pecinta kopi hitam tanpa gula, kamu juga boleh mengonsumsinya. Pasalnya, kopi meningkatkan metabolisme karbohidrat dan lemak tubuh. Selain itu, kopi hitam juga diduga bisa mengurangi risiko diabetes dan penyakit hati. 

Sebenarnya masih banyak lagi cara mengurangi berat badan dengan sehat, dan kamu bisa menanyakannya pada dokter. Kamu juga bisa buat janji dengan dokter gizi di rumah sakit melalui Halodoc untuk mendapatkan saran penurunan berat badan yang sehat. Tunggu apa lagi, ambil smartphone-mu sekarang dan download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. 20 Ways to Lose Weight Safely.
National Health Service UK. Diakses pada 2022. 12 Tips to Help You Lose Weight.