Cara Menjaga Kesehatan Tubuh saat Cuaca Ekstrem

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   30 Maret 2023

“Cuaca ekstrem tidak hanya bisa berdampak pada aktivitas sehari-hari, tetapi juga kepada kesehatan tubuh seseorang. Kuman dan virus lebih cepat menyebar di cuaca buruk. Penting untuk mengetahui cara agar tubuh tetap sehat.”

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh saat Cuaca EkstremCara Menjaga Kesehatan Tubuh saat Cuaca Ekstrem

Halodoc, Jakarta – Memasuki musim pancaroba dan cuaca ekstrem, seringkali sulit bagi siapapun untuk memprediksi kapan akan hujan atau cerah. Temperatur bisa berubah kapan saja secara drastis dan sayangnya namun masih sedikit persiapan yang orang-orang lakukan terhadap situasi ini.

Cuaca yang mudah berubah seperti ini tidak hanya akan berdampak pada aktivitas sehari-hari, tetapi juga pada kesehatan tubuh. Kuman dan virus akan lebih mudah menyebar di cuaca buruk. Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui cara menjaga tubuh tetap sehat. 

Tips Menjaga Kesehatan saat Cuaca Ekstrem

Meskipun cuaca tidak bisa kamu prediksi, kamu bisa mengontrol cara kamu menghadapinya. Ada berbagai kebiasaan yang bisa kamu lakukan agar tetap sehat di musim pancaroba.

1. Mengonsumsi makanan sehat

Pola makan bernutrisi dan teratur adalah hal paling penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Makanan adalah energi yang kamu butuhkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari dan memperbaiki keluhan di dalam tubuh. Saat cuaca ekstrem, konsumsi banyak buah dan sayur yang mengandung antioksidan. Zat ini bisa membantu imun tubuh melawan zat berbahaya sehingga kamu terhindar dari penyakit.

Selain sayur dan buah, makanan yang mengandung protein seperti ayam dan ikan juga sangat bermanfaat untuk mendorong kinerja sistem imun. Selain jenis makanan, pastikan pula kamu makan dengan kuantitas yang cukup tiap harinya sesuai dengan kebutuhan tubuhmu.

2. Berolahraga rutin

Aktif dalam segi fisik membawa banyak manfaat bagi tubuh. Tidak hanya menjaga berat badan, olahraga juga bisa mengurangi risiko terjangkit penyakit dan memperkuat tulang dan otot. Penelitian medis telah menyatakan bahwa orang yang jarang berolahraga cenderung lebih sehat daripada orang yang tidak berolahraga rutin.

Saat cuaca ekstrem, kamu juga perlu memerhatikan cara berolahraga. Waktu berolahraga sangat penting, jadi hindari berolahraga di luar ruangan di siang hari saat terik matahari. Kamu bisa berolahraga di pagi hari atau sore hari menjelang matahari terbenam. Pilihan lain tentunya adalah olahraga di dalam ruangan. Kamu pun tidak memerlukan banyak alat, cukup matras atau yoga mat bisa menjadi alas untuk olahraga yang lebih nyaman. 

3. Minum air putih yang cukup

Tubuh manusia 60 persennya terdiri dari air. Di cuaca apapun, kamu harus mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup. Terlebih lagi ketika cuaca ekstrem saat suhu tubuh mudah berubah. Minum air bisa mencegah dehidrasi, kondisi yang bisa menyebabkan suhu badan meningkat dan badan terasa lemas.

Jumlah total air yang harus seseorang konsumsi bisa bervariasi tergantung umur, jenis kelamin, dan apakah seseorang sedang hamil atau menyusui. Umumnya, ahli kesehatan menyarankan minimal 6-8 gelas air tiap harinya. Kamu bisa melatih diri untuk minum lebih banyak dengan membawa botol minum sehari-hari dan memilih minum air daripada minuman manis ketika makan.

4. Tidur cukup setiap hari

Mendapatkan tidur yang cukup adalah aspek yang krusial dalam menjaga kesehatan. Sering tidak tidur cukup bisa meningkatkan risiko terkena banyak penyakit dan mengalami keluhan kesehatan. Hal ini karena tidur memiliki dampak besar untuk menjaga performa otak dan meregulasi tubuh.

Ketika seseorang tertidur, tubuh akan bekerja untuk mengurangi rasa lelah yang kamu rasakan. Selain itu, waktu tidur juga merupakan waktu bagi organ tubuh untuk mengeluarkan zat-zat beracun dari dalam tubuh. Sistem imun akan bekerja untuk memperbaiki masalah kesehatan yang sekiranya seseorang alami.

Tidur yang cukup tidak hanya tentang waktu, tetapi juga kualitas tidur itu sendiri. Sebaiknya, kamu menetapkan jadwal tidur yang konsisten. Hindari distraksi seperti menonton televisi atau bermain ponsel sebelum tidur agar tidurmu nyenyak dan tidak terganggu.

5. Memakai pakaian sesuai cuaca

Tentunya pakaian yang kamu gunakan sehari-hari harus sesuai dengan cuaca. Hindari bahan yang tipis ketika cuaca sering hujan dan hindari bahan yang tidak menyerap keringat saat panas. Menggunakan pakaian yang sesuai tentunya akan membuat suhu tubuh lebih stabil sehingga risiko sakit berkurang. 

Apabila cuaca tidak menentu, pastikan kamu membawa pakaian atau barang yang bisa melindungi dari panas maupun hujan. Pakaian seperti jaket, topi, dan jas hujan sangat kamu perlukan di musim pancaroba. Selain memakai pakaian yang sesuai sebagai tindakan preventif, kamu bisa mencari tahu pula apa yang Harus Kamu Lakukan Setelah Kehujanan.

Baca Juga: Tetap Sehat di Musim Hujan? Bisa kok!

Itulah berbagai tips untuk mencegah penyakit di cuaca ekstrem yang perlu kamu ketahui. Kalau kamu mengalami gejala-gejala penyakit tertentu karena cuaca buruk, jangan ragu untuk melakukan konsultasi lebih lanjut dengan hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Jadi, sekarang kamu bisa berkonsultasi dengan praktis kapan saja dan dari mana saja.

Tunggu apa lagi? Ayo download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2023. Water and Healthier Drinks.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2023. Benefits of Physical Activity.
News in Health. Diakses pada 2023. Good Sleep for Good Health.
Healthline. Diakses pada 2023. 15 Foods That Boost the Immune System.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan