• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Merawat Rambut yang Diwarnai Agar Tahan Lama
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Merawat Rambut yang Diwarnai Agar Tahan Lama

Cara Merawat Rambut yang Diwarnai Agar Tahan Lama

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 01 Juli 2022

“Tentunya cara merawat rambut yang diwarnai akan berbeda dengan yang tidak diwarnai. Ini termasuk penggunaan produk-produk perawatan rambut tertentu. “

Cara Merawat Rambut yang Diwarnai Agar Tahan LamaCara Merawat Rambut yang Diwarnai Agar Tahan Lama

Halodoc, Jakarta – Bagi sebagian orang, memiliki rambut berwarna adalah hal yang menyenangkan. Oleh karena itu, kegiatan mewarnai rambut, baik di rumah maupun di salon, menjadi kesenangan tersendiri. Seperti memilih warna yang akan digunakan, menentukan bagian rambut mana saja yang akan diwarnai, serta cara merawat rambut yang diwarnai agar bisa tetap bagus. 

Namun jangan khawatir, nyatanya ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mempertahankan warna rambut. Dengan begitu, gaya impian akan bisa tercipta dan kamu tidak perlu terlalu sering melakukan cat ulang atau retouch pada warna rambut. Yuk simak cara merawat rambut yang diwarnai berikut ini! 

Cara Merawat Rambut Berwarna 

Rambut yang diwarnai tentu akan membutuhkan perawatan ekstra. Tidak hanya memastikannya tetap sehat, tapi juga supaya warna rambut tidak mudah pudar dan tahan lama.

Lantas, bagaimana cara merawat rambut berwarna agar bisa bertahan dalam waktu maksimal? Ini tipsnya! 

Pilih Sampo Khusus 

Seperti dibahas sebelumnya, rambut yang diwarnai membutuhkan perawatan lebih. Hal ini juga berlaku pada produk-produk yang digunakan. 

Supaya warna rambut bertahan lama, gunakanlah sampo khusus untuk rambut berwarna. Sebab, beragam kandungan dalam sampo ini akan membantu menjaga warna rambut. 

Jangan Lupa Kondisioner 

Selain menggunakan sampo khusus, lengkapi perawatan rambut berwarna dengan penggunaan kondisioner. Produk ini akan menjaga kesehatan rambut, sehingga tidak mudah rusak dan warna pada rambut akan bertahan lebih lama. 

Hindari Air Panas 

Air panas yang langsung mengenai rambut bisa merusak warnanya dan membuat cepat pudar. Maka dari itu, hindari keramas dengan air yang terlalu panas. Sebagai gantinya, gunakan air dengan suhu normal dan jangan terlalu sering mencuci rambut berwarna dengan sampo. 

Lindungi dari Sinar Matahari 

Cara merawat rambut berwarna selanjutnya adalah dengan melindunginya dari paparan sinar matahari langsung. Tidak berbeda jauh dengan air panas, sinar matahari juga bisa menyebabkan rambut mudah rusak dan warnanya memudar. 

Jangan Terlalu Sering Diwarnai 

Warna rambut akan bertahan pada helai rambut yang sehat. Maka dari itu, pastikan untuk selalu menjaga kesehatan rambut. Penting juga diketahui bahwa hasil mewarnai rambut semakin lama akan berbeda. Maka dari itu, jangan memaksakan mewarnai rambut berkali-kali karena hal ini hanya akan merusaknya. 

Sakit dan harus mendapatkan penanganan medis segera? Pakai aplikasi Halodoc untuk menemukan daftar rumah sakit terdekat. Atur lokasi dan dapatkan rekomendasi rumah sakit terbaik yang bisa dikunjungi. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Slideshow: Colored Hair Care Guide.