• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Merawat Rambut yang Memakai Hair Extension
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Merawat Rambut yang Memakai Hair Extension

Cara Merawat Rambut yang Memakai Hair Extension

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 28 Oktober 2022

“Merawat hair extension perlu dilakukan dengan benar agar tahan lama dan tetap indah. Namun, hindari menggunakan terlalu banyak produk.”

Cara Merawat Rambut yang Memakai Hair ExtensionCara Merawat Rambut yang Memakai Hair Extension

Halodoc, Jakarta – Sangat penting untuk merawat hair extension dengan baik, agar keindahannya tetap terjaga. Dengan perawatan yang tepat, ini juga akan membuatnya lebih tahan lama, dan tetap terlihat sehat.

Apa pun jenis extension yang kamu pasang, semuanya memerlukan pemeliharaan. Seperti apa perawatan yang diperlukan? Simak dalam pembahasan berikut ini!

Tips Merawat Hair Extension

Berikut ini beberapa tips perawatan rambut yang memiliki hair extension:

1. Ganti secara Teratur

Bahkan dengan perawatan terbaik, kamu tidak dapat memakai extension yang sama selamanya. Ini dapat bertahan hingga dua hingga tiga bulan dengan perawatan yang tepat dan kunjungan rutin ke penata rambut. 

Jadi, sebaiknya ganti hair extension setiap enam sampai delapan minggu, tergantung pada seberapa cepat rambut kamu tumbuh. Ganti semua extension di semua panjang dan tekstur untuk menghindari kusut.

2. Pasang dengan Benar

Memerawat hair extension dimulai dengan cara kamu memasangnya. Selalu pastikan bahwa ia dipasang oleh seorang profesional yang telah terlatih dan berpengalaman. 

Pemasangan yang buruk dapat menyebabkan kerusakan pada rambut alami kamu dan tentunya tidak awet. Jika kamu belum berpengalaman dalam hair extension atau belum memiliki penata rambut, cobalah lakukan riset atau minta rekomendasi dari orang terdekat. 

3. Rutin Cuci Rambut

Banyak orang yang mungkin tidak menyadari bahwa mereka dapat mencuci rambut mereka saat extension terpasang. Padahal, justru ini harus dilakukan. Meskipun kamu mengenakan hair extension, kamu perlu merawat rambut dan kulit kepala yang ada di bawahnya dengan baik. 

Sebaiknya cuci rambut setiap minggu dan kondisikan extension setidaknya sebulan sekali. Keramaslah dengan lembut, jangan terlalu menggosok area akar rambut karena akan merusak extension.

Karena hair extension tidak memiliki minyak alami seperti rambut asli, ini akan mudah kering. Jadi, pilihkan produk yang dapat menghidrasi, melembapkan, dan melembutkan rambut. 

Perhatikan kandungan sampo dan kondisioner yang kamu gunakan. Pilih produk yang bebas sulfat, memiliki deterjen ringan, dan memberikan banyak kelembapan dan hidrasi.

Setelah mencuci rambut, biarkan mengering dengan sendirinya, jangan digosok-gosok dengan handuk. Ini akan mengurangi tekanan pada akar alami rambut. Jika kamu perlu menggunakan pengering rambut, gunakan pada pengaturan terendah.

4. Sisir Rambut Setiap Hari dan Setiap Kali Mencabut Extension

Kamu harus menyisir rambut setiap hari. Jika kamu memiliki rambut keriting, gunakan sisir bergigi jarang atau sisir anti kusut saat rambut basah. Sisirlah rambut dengan lembut agar tidak merusaknya 

Pertama, kumpulkan semua rambut, lalu sisir dengan hati-hati dari bagian bawah rambut perlahan ke atas menuju akar. Jika kamu menemukan bagian yang kusut, uraikan helai per helai, lalu sisir dengan lembut. 

Jangan pernah menyisir extension saat basah karena ini adalah saat yang paling rentan terhadap kerusakan. Sisirlah sebelum kamu mencuci rambut, atau setelah hampir kering. 

5. Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Produk

Terkadang, lebih banyak tidak berarti lebih baik. Termasuk dalam hal produk perawatan rambut. Jika hair extension kamu lurus atau halus dan non-sintetis, sebaiknya jangan menggunakan banyak produk perawatan dan penataan rambut. 

Sebab, extension yang sudah lurus dan rambut lurus biasanya mudah ditata. Sebaiknya hanya gunakan pelindung panas, dry shampoo, atau semprotan pembersih. 

Namun, jangan terlalu sering pakai dry shampoo, ya. Untuk menjaga rambut tetap rapi, kamu bisa menggunakan defrizzer, yang dipasangkan dengan sisir favorit kamu. 

Itulah pembahasan mengenai cara merawat hair extension agar tahan lama dan terjaga keindahannya. Jika kamu butuh saran dari ahlinya soal kesehatan rambut, download Halodoc saja untuk bertanya pada dokter melalui chat.

Referensi:
Allure. Diakses pada 2022. How to Care for Your Hair Extensions So They Look Better, Longer.
Luxy Hair. Diakses pada 2022. Hair Extension Care: How to Properly Care for Hair Extensions.