• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Mudah Meningkatkan Produktivitas saat Bekerja

5 Cara Mudah Meningkatkan Produktivitas saat Bekerja

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Melihat tumpukan pekerjaan, apalagi jika sudah mendekati batas pengerjaan alias deadline bisa membuat siapa saja merasa tertekan. Bahkan, hal ini bisa memicu orang tersebut merasa tidak akan mampu mengerjakan tugas dan berujung pada penurunan produktivitas. Padahal, semakin ditunda dan tidak dikerjakan, tumpukan pekerjaan tersebut tidak akan kunjung selesai.

Kalau sudah begitu, maka cara terbaik yang bisa dilakukan adalah berusaha untuk meningkatkan kembali semangat dan produktivitas saat bekerja. Hal  ini sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan. Kamu sedang mengalami penurunan semangat dan produktivitas? Coba simak dan terapkan beberapa tips berikut untuk meningkatkan produktivitas!

Baca juga: Lebih Berfaedah, 5 Kebiasaan Hidup Produktif

Tips Meningkatkan Produktivitas di Kantor

Duduk diam di kantor dalam waktu yang lama bisa membuat siapa saja merasa jenuh. Belum lagi tumpukan tugas dan pekerjaan yang belum juga selesai. Jika terus dibiarkan, hal itu bisa memicu penurunan produktivitas bekerja dan membuat seseorang kehilangan semangat. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja, di antaranya: 

Jadwalkan

Agar pekerjaan lebih cepat selesai dan tepat waktu, pastikan untuk selalu membuat jadwal atau daftar pekerjaan yang perlu segera dilakukan. Tak dapat dimungkiri, pekerjaan yang menumpuk dan berantakan bisa membuat kewalahan dan berujung pada penurunan produktivitas. Buatlah urutan pekerjaan yang penting dan apa saja yang harus dikerjakan dalam satu hari, satu minggu, bahkan satu bulan.

Tempat Kerja yang Nyaman 

Suasana di ruang kerja menjadi salah satu hal yang bisa sangat memengaruhi semangat seseorang. Agar lebih produktif, cobalah untuk menciptakan ruangan kerja yang nyaman dan menyenangkan. Coba susun meja kerja dengan pajangan yang menyenangkan dan dengarkan musik yang disukai selama bekerja. Nyatanya, hal ini bisa membantu memperbaiki mood dan membuat lebih bersemangat.

Baca juga: 5 Tips Efektif untuk Mengatasi Jenuh dalam Bekerja

Kurangi Multitasking

Agar produktivitas kerja terjaga, penting untuk menjaga fokus dan konsentrasi. Nah, salah satu kebiasaan yang bisa membuyarkan fokus adalah melakukan multitasking alias menyelesaikan lebih dari satu pekerjaan dalam waktu bersamaan. Pada beberapa kondisi, kamu mungkin diharuskan untuk bisa multitasking. Namun selama tidak dibutuhkan, sebaiknya hal ini tidak dibiasakan.

Waktu Istirahat 

Jangan melulu duduk di balik komputer dan memaksakan diri untuk menyelesaikan pekerjaan. Sebab, hal itu tidak akan membuat pekerjaan cepat selesai, malah memperlambatnya karena kamu akan sibuk untuk mengumpulkan mood. Daripada begitu, kamu bisa mencoba untuk mengambil waktu sejenak beristirahat sambil mengumpulkan semangat. Jika memungkinkan, ambil waktu sekitar 15 menit untuk beristirahat dan mengembalikan tenaga serta semangat.

Pola Hidup Sehat 

Meningkatkan produktivitas di kantor juga bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat sehari-hari. Biasakan untuk mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi, rutin berolahraga, serta cukup tidur sebelum mulai bekerja di kantor. Nyatanya, hal ini bisa membuat tubuh lebih bertenaga dan memiliki semangat yang positif. 

Kalau sudah begitu, produktivitas di kantor pun akan lebih baik dan pekerjaan bisa diselesaikan dengan lebih mudah. Menjaga tubuh tetap sehat juga bisa menjadi salah satu cara agar produktivitas saat bekerja tetap baik.

Baca juga: 4 Tanda Harus Cuti Kerja Sekarang Juga

Maka dari itu, kalau sakit sebaiknya segera berobat. Jika tidak ada waktu, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk menyampaikan keluhan kesehatan pada dokter melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Dapatkan rekomendasi pengobatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2020. Productivity.
Psychology Today. Diakses pada 2020. Listening to Music While Working Hurts Performance.
Web MD. Diakses pada 2020. 5 Tips for Better Work-Life Balance.