19 April 2018

Lebih Berfaedah, 5 Kebiasaan Hidup Produktif

Lebih Berfaedah, 5 Kebiasaan Hidup Produktif

Halodoc, Jakarta – Membicarakan produktivitas sepertinya tidak akan ada habisnya. Apalagi dengan seiring berjalannya waktu, tantangan yang kita hadapi membuat kita semakin produktif. Dengan kata lain, gaya hidup produktif adalah suatu rangkaian kegiatan atau aktivitas yang akan membuat diri kita semakin berkembang dan disiplin. Untuk menerapkan pola hidup produktif, kamu juga perlu untuk taat pada waktu yang kamu tetapkan sendiri pada kegiatan kamu.

Namun, pola hidup produktif juga tidak bisa dikaitkan dengan sibuk. Orang dengan kesibukan tinggi terkadang menganggap dirinya produktif. Padahal, bisa saja karena tidak bisa mengatur waktu dengan baik, sehingga pekerjaan menumpuk dan tidak bisa fokus pada satu pekerjaan. Setiap kegiatan yang dilakukan dengan produktif pasti memiliki tujuan ke depan.

Banyak sekali kegiatan ringan yang sebenarnya bisa meningkatkan pola hidup produktif dan membuat diri kamu berkembang.  Yuk, cek disini!

  • Bangun Pagi

Meskipun jam kerja di kantor kamu cukup siang, tapi enggak ada salahnya jika kamu mencoba untuk tetap bangun pagi. Selain bisa merasakan segarnya udara pagi dan menikmati cahaya matahari pagi yang bermanfaat untuk kesehatan kamu, kamu juga tidak perlu terburu-buru saat berangkat menuju kantor. Selain itu, kamu juga bisa melakukan hal lain di rumah sebelum berangkat kerja. Misalnya kamu jarang olahraga pagi, nah ini saatnya kamu berolahraga ringan seperti jogging atau sit up dan push up. Selain itu, mandi di pagi hari ternyata juga bisa membuat pikiran kamu lebih segar.

  • Menghargai Waktu

Jika kamu sudah memiliki pola waktu untuk berkegiatan sehari-hari, sebaiknya lakukan pola tersebut dengan konsisten dan jangan membuang waktu. Dengan menghargai waktu artinya kamu juga menghargai diri kamu sendiri. Ingat apa yang seharusnya kamu lakukan hari ini dan esok hari agar tetap produktif.

  • Menyeimbangkan Hidup

Pola hidup produktif tidak hanya melakukan hal-hal serius dalam keseharian kamu. Kamu bisa menyediakan waktu untuk bertemu dengan teman-teman kamu atau sekadar me time, karena mengembangkan diri dengan hal-hal menyenangkan juga bisa membuat kamu lebih mengetahui potensi yang kamu punya.

  • Mengonsumsi Makanan yang Sehat

Untuk menjalani pola hidup produktif, kamu juga perlu asupan nutrisi dan gizi yang baik untuk menjalani kegiatan yang penuh tantangan. Mengonsumsi vitamin atau pun suplemen rasanya tidak salah untuk menunjang hari-hari produktif kamu. Dengan kebutuhan nutrisi dan gizi yang cukup, maka kamu juga akan dijauhkan dari penyakit. Jangan pernah melewatkan sarapan. Karena, dengan sarapan kamu bisa mendapatkan energi lebih pada pagi hari.

  • Tidak Mudah Menyerah

Orang-orang dengan pola hidup produktif pasti memiliki sifat tidak mudah menyerah. Biasanya, mereka selalu yakin dengan kemampuan mereka sendiri, penuh percaya diri dan selalu berpikir positif. Nah, dalam menjalankan sesuatu, biasanya kalau kamu sudah berpikiran negatif terlalu banyak, kamu akan selalu membayangkan kegagalan dan keburukan. Berbeda jika kamu memiliki sikap positif, maka kamu juga akan semangat dan fokus dalam mengerjakan suatu hal.

(Baca juga: Sudahkah Anda Menerapkan Gaya Hidup Sehat Ini?)

Kalau kamu mau tahu lebih jauh mengenai kebiasaan hidup produktif yang bisa meningkatkan kualitas hidup kamu, kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk berdiskusi mengenai kebiasaan hidup produktif tersebut. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.