Cara Tepat Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 Juni 2021
Cara Tepat Menjaga Tekanan Darah Tetap NormalCara Tepat Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal

Halodoc, Jakarta - Naiknya tekanan darah dapat menimbulkan berbagai kondisi medis yang cukup serius, seperti jantung dan stroke. Itu mengapa sangat penting untuk rutin memeriksa tekanan darah supaya tetap berada di angka yang normal. Alasan lainnya, sebagian kasus orang yang mengalami darah tinggi bahkan tidak merasakan gejala apa pun.

Meskipun ada banyak faktor yang memicu naiknya tekanan darah, ada pula tips lain yang dapat kamu lakukan untuk mencegah naiknya tekanan darah tinggi. Gaya hidup memainkan peran penting dalam mencegah tekanan darah tinggi. 

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Tekanan Darah Normal Sesuai Tingkatan Usia

Tips Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal

Apabila kamu punya riwayat tekanan darah tinggi, tentu kamu wajib menjaga tekanan darah di kisaran normal supaya tidak berkembang menjadi penyakit serius. Berikut gaya hidup yang dapat kamu lakukan untuk menjaga tekanan darah di angka yang normal:

 1. Hindari Berat Badan Berlebih

Tekanan darah sering meningkat seiring bertambahnya berat badan. Kelebihan berat badan juga dapat menyebabkan gangguan pernapasan saat tidur (sleep apnea). Nah, kondisi inilah yang kemudian meningkatkan tekanan darah. Penurunan berat badan adalah salah satu perubahan gaya hidup paling efektif untuk mengontrol tekanan darah.  

Selain menurunkan berat badan, kamu juga harus memperhatikan lingkar pinggang. Pasalnya, banyaknya lemak yang menumpuk di sekitar pinggang dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi. Melansir Mayo Clinic, pria dengan ukuran pinggangnya lebih dari 102 sentimeter dan wanita yang ukuran pinggangnya lebih dari 89 sentimeter berisiko mengalami tekanan darah tinggi.

 2. Olahraga Teratur

Aktivitas fisik yang teratur adalah cara lain yang sangat efektif untuk mengontrol tekanan darah di angka yang sehat. Pastikan kamu rutin berolahraga setiap hari. Olahraga yang kamu lakukan tidak harus berat. Kamu bisa kok berjalan-jalan santai sekitar 30 menit saja setiap harinya. Penting untuk tetap konsisten karena jika kamu berhenti berolahraga, tekanan darah bisa naik kembali. Selain berjalan kaki, olahraga lain yang bisa kamu coba, yaitu joging, bersepeda, berenang, atau menari.  

Baca juga: Ketahui Hal yang Bisa Memicu Hipertensi

3. Kurangi Asupan Natrium

Kamu pasti sering mendengar kalau konsumsi garam mampu meningkatkan tekanan darah. Pengaruh asupan natrium pada tekanan darah sebenarnya bervariasi di antara kelompok orang. Sebaiknya batasi asupan natrium setidaknya 1.500 miligram sehari untuk menjaga tekanan darah tetap di angka yang normal. Tidak hanya garam, makanan olahan makanan ringan dan bahan makanan tertentu yang mengandung tinggi garam juga perlu kamu hindari. 

 4. Konsumsi Makanan Sehat

Pola makan sehat juga menjadi salah satu kunci tekanan darah yang sehat. Supaya terhindar dari tekanan darah tinggi, sebaiknya pilih makanan yang kaya biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan produk susu rendah lemak. Hindari pula makanan makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol.

Sebuah tips lain untuk kamu ketahui, perbanyaklah konsumsi makanan yang tinggi kalium. Mengapa? Kalium dapat mengurangi efek natrium pada tekanan darah. Sumber kalium terbaik umumnya ada dalam buah-buahan dan sayuran.  

 5. Batasi Minum Alkohol

Batasi konsumsi alkohol dalam jumlah sedang saja, yakni satu gelas sehari untuk wanita dan dua gelas sehari untuk pria. Minum alkohol lebih dari jumlah sedang dapat meningkatkan tekanan darah secara signifikan. Selain itu, minum alkohol juga dapat mengurangi keefektifan obat tekanan darah.

 6. Berhenti Merokok

Berhenti merokok membantu tekanan darah kembali normal. Berhenti merokok juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Orang yang berhenti merokok mungkin hidup lebih lama daripada orang yang tidak pernah berhenti merokok.

7. Atasi Stres

Stres kronis dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Stres sesekali juga dapat berkontribusi pada tekanan darah tinggi jika kamu bereaksi terhadap stres dengan makan makanan yang tidak sehat, minum alkohol, atau merokok.

Luangkan waktu untuk memikirkan pemicu stres, seperti pekerjaan, keluarga, keuangan, atau penyakit. Setelah kamu mengetahui apa yang menyebabkan stres, pertimbangkan cara menghilangkan atau mengurangi stres.

Baca juga: Tekanan Darah Tinggi Bisa Memengaruhi Kemampuan Berpikir?

Itulah beberapa tips yang efektif untuk menjaga tekanan darah tetap di angka yang normal. Jika kamu punya keluhan saat mengalami tekanan darah tinggi, jangan tunda untuk memeriksakannya ke dokter. Sebelum mengunjungi rumah sakit, buat janji terlebih dahulu melalui aplikasi Halodoc supaya lebih mudah. 

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. 10 ways to control high blood pressure without medication.
Everyday Health. Diakses pada 2021. How to Maintain Normal Blood Pressure.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan