11 Manfaat Bunga Kenanga untuk Kesehatan Tubuh

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   05 Oktober 2023

“Bunga kenanga mengandung berbagai nutrisi, salah satunya Linalool. Manfaatnya mulai dari meredakan cemas dan depresi, hingga merawat kulit kepala kering.”

11 Manfaat Bunga Kenanga untuk Kesehatan Tubuh11 Manfaat Bunga Kenanga untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Bunga kenanga berasal dari pohon kenanga atau Cananga odorata. Tanaman ini tumbuh subur pada negara Asia, salah satunya Indonesia. Banyak orang telah memanfaatkan bunganya sebagai bahan baku pembuatan parfum.

Sedangkan manfaatnya untuk kesehatan berasal dari kandungan minyak esensial dan senyawa aktif. Kegunaannya mulai dari meredakan depresi, kecemasan, meningkatkan suasana hati, hingga mengatasi infeksi jamur.

Apa Manfaat Bunga Kenanga?

Kandungan utama dalam tanaman herbal ini adalah minyak esensialnya. Ini termasuk Linalool, Geranyl acetate, Germacrene-D, beta-Caryophyllene, Benzyl acetate, Geraniol, Methyl p-Cresol, Methyl benzoate, Geranyl acetate, Farnesene, dan Benzyl benzoate.

Setiap kandungan yang ada pada tanaman tersebut memiliki manfaat yang berbeda. Misalnya, Linalool bekerja seperti obat penenang, antiinflamasi, anticemas, analgesik, dan antidepresan. Sementara itu, senyawa Geranyl acetate bekerja sebagai antijamur, antimikroba, dan antiinflamasi.

Bunga ini sudah populer sejak lama sebagai minyak esensial beraroma manis. Selain itu, masyarakat sering menggunakan tanaman ini untuk perawatan kulit. Manfaat lain dari bunga kenanga yang bisa kamu dapatkan untuk kesehatan, termasuk:

1. Bunga kenanga sebagai afrodisiak 

Kenanga merupakan salah satu jenis bahan afrodisiak atau peningkat libido yang kerap digunakan dalam industri parfum. Aroma yang kuat bisa menarik perhatian dari lawan jenis dan berujung pada peningkatan gairah seksual. 

2. Meredakan stres dan depresi

Studi dalam Phytotherapy Research menyebutkan, minyak bunga kenanga menyebabkan penurunan tekanan darah dan peningkatan suhu kulit. Pada tingkat perilaku, seseorang menjadi lebih tenang dan lebih santai. 

Temuan ini mewakili efek relaksasi dari minyak kenanga serta memberikan beberapa bukti penggunaan minyak dalam aromaterapi. Contohnya seperti meredakan depresi dan stres pada manusia.

Selain itu, bunga kenanga juga bisa membantu meredakan cemas. Informasi lengkap tentang manfaat ini bisa kamu baca melalui artikel Benarkah Kembang Kenanga Bisa Hilangkan Cemas? Ini Faktanya.

3. Bunga kenanga sebagai antiseptik

Minyak kenanga juga efektif sebagai antiseptik. Cara kerjanya dengan melindungi luka dari infeksi bakteri dan melawan infeksi virus serta jamur. Selain itu, secara luas minyak kenanga juga dapat membantu proses penyembuhan luka dan memar pada kulit.

4. Membantu meningkatkan kualitas tidur

Bunga kenanga memiliki efek relaksasi sehingga dapat membantu mengatasi masalah insomnia. Ini berkat sifat sedatif dalam tanaman yang memberikan efek menenangkan, mengurangi ketegangan saraf dan kecemasan. Dengan begitu, otak menjadi lebih rileks sehingga bisa meningkatkan kualitas tidur.

5. Mengobati eksim

Eksim adalah peradangan kulit yang muncul dalam bentuk ruam merah yang terasa gatal. Manfaat kenanga untuk mengobati eksim terjadi berkat sifat antiinflamasi yang bekerja dengan membantu meredakan iritasi sekaligus memberikan efek menenangkan pada kulit.

6. Mengatasi gejala rematik

Rematik adalah gangguan yang muncul dengan gejala utama nyeri pada area sendi. Masalah ini bersifat kronis dan progresif atau memburuk dari waktu ke waktu. Guna meredakan gejalanya, kamu bisa mengoleskan minyak bunga kenanga untuk memberikan efek relaksasi.

7. Mengobati masalah pencernaan

Untuk membantu mengatasi masalah pada saluran pencernaan, bunga kenanga bekerja dengan memberikan efek menenangkan, sehingga saluran cerna bekerja lebih lancar. Manfaat ini tak lepas pula dari sifat antiinflamasi dan kandungan serat dalam tanaman tersebut.

8. Meredakan gejala asam urat

Asam urat adalah gangguan serangan nyeri secara tiba-tiba dan pembengkakan pada area persendian, terutama pangkal jempol kaki. Dengan mengoleskan minyak kenanga secara rutin, gejala ini dapat berangsur membaik, sehingga pengidap bisa menjalankan aktivitas seperti biasa.

Selain mengoleskan minyak kenanga pada area yang nyeri, kamu juga bisa mengatasi asam urat secara alami dengan bahan lain. Cari tahu lebih lengkap dengan membaca artikel Adakah Obat Alami untuk Mengatasi Penyakit Asam Urat?

9. Merawat kulit kepala kering

Kulit kepala kering adalah gangguan yang muncul ketika terjadi penurunan produksi minyak pada kulit kepala. Kondisi ini menyebabkan gatal, pengelupasan, dan iritasi pada area tersebut. 

Guna membantu mengatasi masalah kesehatan ini, kamu bisa mengoleskan ekstrak minyak bunga kenanga pada kulit kepala. Cara ini dapat merangsang produksi minyak sekaligus melembapkan area tersebut.

10. Bunga kenanga dapat mengatasi infeksi jamur

Studi dalam Hindawi menyebutkan, bunga kenanga adalah tanaman herbal yang mengandung senyawa Linalool yang bersifat antibakteri, antijamur dan antiinflamasi. Senyawa tersebut efektif membunuh jamur, terutama yang berasal dari infeksi jamur Candida albicans.

11. Membunuh bakteri penyebab jerawat

Jerawat adalah gangguan yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Untuk mengatasinya, kamu dapat mengoleskan minyak kenanga pada area kulit yang berjerawat. Senyawa dalam tanaman ini bekerja dengan mengurangi efek kemerahan dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Itu tadi beberapa manfaat bunga kenanga untuk kesehatan. Jika keluhan tidak membaik atau kamu mengalami efek samping setelah memakai minyak tanaman ini, jangan ragu untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter umum. Cek aplikasi Halodoc untuk rekomendasi tenaga medis ahli terbaik.

Referensi:
Health Benefits Times.com. Diakses pada 2023. Health benefits of Ylang Ylang – Cananga odorata.
Healthline. Diakses pada 2023. About Ylang Ylang Essential Oil.
New Direction Aromatics. Diakses pada 2023. Ylang Ylang: Benefits, Varieties & Uses.
Hindawi. Diakses pada 2023. Commercial essential oils as potential antimicrobials to treat skin diseases.
Phytotherapy Research. Diakses pada 2023. Relaxing effect of ylang ylang oil on humans after transdermal absorption.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan