Catat, Ini 3 Kondisi yang Memerlukan Suntik Lutut

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   05 Januari 2023

“Suntik lutut bisa meredakan nyeri lutut kronis dan akut yang disebabkan oleh peradangan atau cedera. Beberapa kondisi yang memerlukan metode pengobatan ini adalah osteoarthritis, rheumatoid arthritis, dan tulang rawan atau meniskus robek.”

Catat, Ini 3 Kondisi yang Memerlukan Suntik LututCatat, Ini 3 Kondisi yang Memerlukan Suntik Lutut

Halodoc, Jakarta – Jaja Miharja, seniman Betawi ternama, mengaku merasa sehat di usianya yang sudah menginjak 81 tahun. Hanya saja, pelawak yang terkenal dengan jargon ‘apaan tuh’ ini memiliki keluhan nyeri lutut hingga harus mendapat suntik lutut setiap bulan agar tetap bisa berjalan dengan baik.

Suntik lutut memang merupakan salah satu metode pengobatan yang sering digunakan dan efektif untuk mengatasi nyeri sendi. Sangking umumnya pengobatan tersebut, banyak pasien yang langsung meminta pengobatan ini untuk menghilangkan rasa nyeri di lututnya.

Namun, pilihan pengobatan sebenarnya perlu disesuaikan dengan kondisi yang menjadi penyebabnya. Lantas, kondisi apa saja yang memerlukan suntik lutut? Yuk, cari tahu jawabannya di sini!

Kondisi yang Memerlukan Suntik Lutut

Suntik lutut merupakan metode pengobatan non-bedah yang bisa mengatasi nyeri lutut akut dan kronis. Beberapa kondisi yang biasanya diobati dengan metode pengobatan ini, antara lain:

1. Osteoarthritis (OA)

Osteoarthritis (OA) adalah bentuk umum dari artritis yang sering menyerang lutut. Ini berkembang ketika tulang rawan rusak.

Tulang rawan berperan dalam memberikan permukaan yang halus dan licin, sehingga tulang bisa meluncur satu sama lain dengan baik.

Tanpa permukaan yang halus, tulang bisa bergesekan satu sama lain yang menyebabkan rasa sakit, kaku dan bengkak.

Nah, terapi ini bisa membantu mengatasi sakit lutut akibat OA. Dokter biasanya akan merekomendasikan terapi ini dan perubahan gaya hidup bila OA masih pada tahap awal.

Namun, pada kasus yang parah, operasi penggantian lutut sebagian atau seluruhnya mungkin diperlukan.

2. Rheumatoid Arthritis

Kondisi lain yang juga bisa diatasi dengan pengobatan ini adalah rheumatoid arthritis. Ini adalah kondisi autoimun di mana mekanisme perlindungan tubuh menyerang persendian tubuh.

Gejala yang umumnya muncul, antara lain pembengkakan, kemerahan, kekakuan, dan kehangatan sendi. Nah, suntikan kortikosteroid bisa mengurangi peradangan yang akan meredakan rasa nyeri, serta memperlambat kerusakan sendi.

3. Tulang Rawan atau Meniskus Robek

Ini adalah cedera umum pada lutut. Meniskus adalah struktur tulang rawan berbentuk bulan sabit yang memberikan bantalan pada lutut.

Robekan pada tulang rawan ini sering terjadi saat olahraga atau aktivitas fisik lainnya. Gejalanya biasanya berupa nyeri, bengkak, dan persendian terjepit atau pecah.

Jenis-jenis Suntik Lutut yang Bisa Diberikan

Ada beberapa jenis suntik lutut yang bisa diberikan untuk mengatasi nyeri lutut, yaitu:

  • Kortikosteroid

Ini adalah golongan obat yang membantu menekan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan.

Dokter bisa menyuntikkan kortikosteroid langsung ke sendi, seperti lutut, untuk meredakan rasa nyeri dan peradangan.

  • Viscosuplementasi

Jenis suntikan ini terkadang disebut suntikan asam hialuronat (HA). Asam hialuronat adalah zat yang ada secara alami dalam cairan sendi.

Zat tersebut bertindak sebagai peredam kejut antara permukaan tulang dan membantu tulang meluncur mulus satu sama lain.

Pada nyeri lutut yang disebabkan oleh osteoarthritis, dokter bisa merekomendasikan suntikan ini untuk mengurangi rasa sakit, sehingga pengidap bisa bergerak lebih leluasa.

  • Regenerative Biologic Agents

Suntikan ini memanfaatkan sel induk dan platelet-rich plasma (PRP) untuk membantu pengobatan cedera pada tendon dan tulang rawan.

Ketahui Prosedurnya

Pertama-tama, dokter akan memberi suntikan anestesi untuk membuat lutut kamu mati rasa. Selanjutnya, dokter mungkin akan menggunakan jarum untuk mengeluarkan cairan ekstra yang ada di lutut.

Setelah itu, kamu akan mendapatkan suntik lutut untuk meredakan nyeri biasanya tepat di bawah tempurung lutut. Prosedurnya tidak menyakitkan dan obat akan bekerja di seluruh sendi.

Namun, masing-masing jenisnya memiliki efek samping yang berbeda, jadi bicarakanlah dengan dokter sebelumnya.

Itulah penjelasan mengenai suntik lutut. Selain dengan suntikan, dokter mungkin juga bisa merekomendasikan obat pereda nyeri yang dijual bebas untuk meredakan nyeri lutut.

Kamu bisa cek obat dan vitamin yang kamu butuhkan melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu repot-repot keluar rumah, tinggal order lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam.

Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Detik Health. Diakses pada 2023. Jaja Miharja Suntik Lutut Setiap Bulan, Sakit Apa?
Excel Pain and Spine. Diakses pada 2023. Treatments – Intra-articular Knee Injection.
Medical News Today. Diakses pada 2023. Which is best: Knee injections or knee replacement?
WebMD. Diakses pada 2023. Injectable Medications for Knee Osteoarthritis

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan