• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini 4 Vaksin yang Dibutuhkan Pria Sebelum Menikah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini 4 Vaksin yang Dibutuhkan Pria Sebelum Menikah

Catat, Ini 4 Vaksin yang Dibutuhkan Pria Sebelum Menikah

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 23 Juni 2022

“Ada beberapa vaksin yang dibutuhkan pria sebelum menikah. Salah satunya adalah vaksin HPV (human papillomavirus) agar terhindar dari penularan sekaligus mencegah infeksi HPV.

Catat, Ini 4 Vaksin yang Dibutuhkan Pria Sebelum MenikahCatat, Ini 4 Vaksin yang Dibutuhkan Pria Sebelum Menikah

Halodoc, Jakarta – Sebagai momen sakral yang akan dikenang sepanjang hidup, tentu pernikahan membutuhkan banyak persiapan. Selain mempersiapkan hal-hal terkait penyelenggaraan acaranya, calon pengantin juga dianjurkan untuk imunisasi atau vaksinasi sebelum menikah. 

Hal ini sebagai upaya pencegahan pada penyakit yang mungkin muncul setelah pernikahan. Tak hanya bagi calon pengantin wanita, vaksinasi ini berlaku untuk calon pengantin pria. Namun, kira-kira vaksin apa saja yang dibutuhkan oleh pria sebelum menikah? Yuk, ketahui informasinya di sini!

Vaksin yang Dibutuhkan Pria Sebelum Menikah

Vaksin merupakan salah satu cara efektif dalam melindungi diri dan keluarga dari berbagai penyakit. Perlu diketahui bahwa vaksin bekerja dengan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit tertentu. Selain itu, vaksin juga efektif dalam mencegah penyebaran atau perkembangan penyakit atau mengurangi intensitas keparahan gejala yang muncul. 

Kedua manfaat vaksin tersebut tentunya sangat penting bagi mereka yang akan menikah, sehingga pasangan atau anak dapat terhindar dari risiko berbagai penyakit. Nah, berikut adalah beberapa vaksin yang dibutuhkan pria sebelum menikah:

1. Vaksin HPV

Tak hanya calon perempuan saja yang perlu vaksinasi HPV, calon pengantin pria juga perlu mendapatkan vaksin ini. Sebab, HPV merupakan virus yang dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti kanker serviks pada wanita. Penularan virus tersebut dapat melalui kontak langsung dan melalui hubungan seksual. Oleh karena itu, pria juga perlu menjalani vaksinasi HPV agar terhindar dari penularan sekaligus mencegah infeksi HPV. Pemberian vaksin HPV umumnya dilakukan 6 bulan sebelum menikah.

2. Vaksin Hepatitis B

Meski termasuk sebagai vaksin dasar yang diberikan saat kanak-kanak, kamu dan pasangan tetap disarankan untuk mendapatkan vaksin hepatitis B sebelum menikah sebagai upaya pencegahan. Sebab, hepatitis B merupakan penyakit yang mudah menular, dan penularannya dapat terjadi melalui hubungan intim. Penularan hepatitis B juga dapat terjadi melalui pemakaian barang pribadi secara bersamaan.

Lebih parahnya lagi, ibu hamil yang tertular hepatitis B juga berpotensi menularkan penyakit tersebut kepada bayinya saat persalinan. Oleh karena itu, vaksin hepatitis B merupakan salah satu vaksin yang dibutuhkan oleh calon pengantin pria. Perlu diketahui bahwa pemberian vaksin hepatitis B diberikan enam bulan sebelum menikah pada pria dan wanita.

3. Vaksin MMR

Selain vaksin HPV dan hepatitis B, vaksin MMR (campak, gondongan, rubella) juga menjadi salah satu vaksin yang penting diberikan pada calon pengantin. Terutama bagi para pasangan yang ingin segera mendapatkan momongan. Sebab, ibu hamil yang tertular salah satu penyakit tersebut memiliki risiko mengalami cacat lahir pada janin atau keguguran. Vaksin ini diberikan empat bulan sebelum menikah pada calon pengantin pria dan wanita.

4. Vaksin Varicella

Varicella zoster merupakan virus penyebab cacar air yang perlu dicegah penularannya. Sebab, ibu hamil yang terkena cacar air dapat meningkatkan risiko janin mengalami cacar. Oleh karena itu, pemberian vaksin varicella atau vaksin cacar air juga penting dilakukan oleh calon pengantin pria. Jika ragu dengan riwayat vaksinasi yang pernah kamu lakukan, vaksin cacar ini boleh diberikan kembali.

Itulah beberapa vaksin yang dibutuhkan oleh calon pengantin pria sebelum menikah. Mulai dari vaksin HPV, hepatitis B, MMR, hingga vaksin varicella atau cacar air. Imunisasi melalui vaksin menjadi persiapan pernikahan yang tak kalah pentingnya. Sebab, vaksinasi bermanfaat dalam menurunkan risiko penularan sekaligus meringankan tingkat keparahan gejala penyakit.  

Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar vaksinasi pra nikah, tidak ada salahnya untuk bertanya kepada dokter. Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter tepercaya untuk mendapatkan informasi medis yang kamu butuhkan. Kamu bisa menggunakan fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:

Kontan. Diakses pada 2022. 5 Imunisasi yang penting dilakukan calon pengantin sebelum menikah. 
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2022. Vaccine Information for Adults.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2022. Chickenpox Vaccination: What Everyone Should Know