Imunisasi

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

 

Imunisasi merupakan program pencegahan penyakit menular yang dilakukan dengan pemberian vaksin. Dengan pemberian vaksin ini, maka orang akan menjadi imun atau resisten terhadap penyakit tertentu. Program imunisasi ini diberikan sejak usia bayi hingga di bangku sekolah. Program imunisasi ini pun biasanya sudah terjadwal pada kurun waktu tertentu sehingga setiap anak dipastikan mendapat imunisasi tepat waktu.

 

Pertanyaan Seputar Imunisasi

Kenapa ya dok imunisasi lebih bisa bikin gampang sakit?

Ditanyakan oleh: laksmnv

Dijawab oleh: dr Rizal Fadli

Imunisasi dilakukan supaya kekebalan tubuh seseorang kuat terhadap suatu penyakit. Caranya adalah dengan membentuk antibodi dalam kadar tertentu. Agar antibodi tersebut terbentuk, seseorang harus diberikan vaksin sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Imunisasi memang tidak memberikan perlindungan 100 persen pada anak. Si Kecil yang telah diimunisasi masih mungkin terserang suatu penyakit, tetapi kemungkinannya jauh lebih kecil, yaitu hanya sekitar 5-15 persen. Hal ini bukan berarti imunisasi tersebut gagal, tetapi karena memang perlindungan imunisasi sekitar 80-95 persen.

Pemberian vaksin dapat disertai efek samping atau kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI), antara lain demam ringan sampai tinggi, nyeri dan bengkak pada area bekas suntikan, dan agak rewel. Meski demikian, reaksi tersebut akan hilang dalam 3-4 hari. Jadi, untuk anak-anak yang sudah di imuninasi justru memberikan kekebalan terhadap suatu penyakit.