• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini 5 Makanan untuk Meredakan Inflamasi pada Tubuh

Catat, Ini 5 Makanan untuk Meredakan Inflamasi pada Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Catat, Ini 5 Makanan untuk Meredakan Inflamasi pada Tubuh

“Inflamasi alias peradangan merupakan salah satu mekanisme pertahanan tubuh. Saat peradangan muncul, bagian tubuh tertentu akan membengkak dan terasa hangat. Namun jangan khawatir, hal ini biasanya akan mereda segera dan merupakan cara alami tubuh untuk mencegah hal tertentu menyerang, seperti virus atau bakteri.” 

Halodoc, Jakarta – Inflamasi adalah proses peradangan yang terjadi pada tubuh. Hal ini dilakukan secara alami sebagai mekanisme perlindungan dari infeksi mikroorganisme asing, termasuk virus, jamur, dan bakteri. Saat proses ini berlangsung, sel-sel darah putih akan menghasilkan zat tertentu yang berperan dalam melakukan perlawanan. 

Sel-sel tersebut nantinya akan membentuk perlindungan tubuh sehingga gejala penyakit tidak muncul. Selain serangan serangan mikroorganisme asing, inflamasi juga bisa terjadi saat ada cedera fisik dan paparan bahan iritan yang memunculkan respons inflamasi. Lantas, bagaimana cara mengatasi inflamasi yang bisa diterapkan? Benarkah hal ini bisa ditangani dengan konsumsi makanan tertentu? 

Baca juga: Inilah Mekanisme Terjadinya Inflamasi pada Tubuh

Makanan untuk Mengatasi Inflamasi Tubuh 

Inflamasi alias peradangan juga sering terjadi pada pengidap penyakit autoimun. Pada kondisi ini, sistem kekebalan tubuh yang seharusnya melindungi malah berbalik menyerang sel tubuh yang sehat. Pada kasus tertentu, peradangan juga bisa muncul tanpa diketahui penyebabnya. Secara umum, peradangan muncul sebagai reaksi alami tubuh yang dilakukan untuk melawan serangan penyakit. 

Meski berperan dalam melawan penyakit, peradangan yang terjadi dalam jangka waktu panjang malah bisa membahayakan tubuh. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara mengurangi peradangan atau inflamasi pada tubuh. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meredakan peradangan adalah mengonsumsi makanan tertentu, seperti: 

  1. Sayuran 

Salah satu makanan yang baik untuk meredakan inflamasi adalah sayuran, terutama sayuran berdaun hijau. Untuk meredakan peradangan, disarankan untuk meningkatkan jumlah konsumsi bayam, brokoli, kale, dan kembang kol. 

  1. Buah Berry 

Selain sayuran, meredakan peradangan juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi sumber serat lain, yaitu buah-buahan, terutama buah berry. Kamu bisa mengonsumsi strawberry, blueberry, cherry, dan anggur. Buah jeruk juga bisa menjadi salah satu pilihan makanan untuk meredakan inflamasi. 

  1. Ikan 

Mengonsumsi ikan yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3 bisa membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Untuk mengatasi kondisi ini, masukkan menu ikan, seperti salmon, sarden, makarel, dan tuna ke dalam menu makan harian. 

  1. Kacang-kacangan 

Jenis makanan ini banyak mengandung serat, sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat mengonsumsi kacang-kacangan adalah untuk meredakan peradangan yang terjadi pada tubuh. 

Baca juga: Kapan Inflamasi Memerlukan Pemeriksaan oleh Dokter?

  1. Cokelat 

Siapa yang bisa menolak makanan yang satu ini? Selain memiliki rasa yang enak, cokelat ternyata berperan dalam menjaga kesehatan tubuh. Salah satu manfaat dari konsumsi cokelat adalah meredakan peradangan. Jika mengalami kondisi ini, cobalah untuk mengonsumsi cokelat hitam yang mengandung setidaknya 70 persen kakao murni.

Bahaya Mengabaikan Peradangan Tubuh 

Pada dasarnya, peradangan terjadi sebagai bentuk perlawanan tubuh dari serangan penyakit. Namun jika tidak ditangani dengan tepat, kondisi ini ternyata bisa berbahaya. Peradangan atau inflamasi yang dibiarkan terjadi secara terus menerus bisa membuat sistem kekebalan tubuh berbalik menyerang sel tubuh. Semakin lama, risiko terjadinya kerusakan sel-sel yang sehat akan menjadi lebih tinggi. 

Peradangan ditandai dengan terjadinya pembengkakan pada bagian tubuh tertentu, biasanya disertai dengan rasa hangat. Saat hal itu terjadi, artinya sedang terjadi proses isolasi zat asing yang dilakukan tubuh agar tidak menyerang atau menginfeksi bagian tubuh lain. 

Baca juga: Mengidap Infeksi Saluran Pernapasan, Ini Gejala Umumnya

Cari tahu lebih lanjut seputar inflamasi dan diet yang bisa diterapkan untuk mempercepat penyembuhannya dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Lebih mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call atau Chat. Sampaikan pertanyaan seputar kesehatan dan dapatkan rekomendasi terbaik dari ahlinya. Download Halodoc sekarang di App Store atau Google PLay! 

Referensi: 
WebMD. Diakses pada 2021. What Is Inflammation?
Healthline. Diakses pada 2021. The 13 Most Anti-Inflammatory Foods You Can Eat.
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2021. Foods that fight inflammation.