• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini 5 Manfaat Melakukan Rontgen Gigi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini 5 Manfaat Melakukan Rontgen Gigi

Catat, Ini 5 Manfaat Melakukan Rontgen Gigi

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 15 Desember 2022

“Rontgen gigi perlu dilakukan secara rutin untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. Nah, salah satu manfaat yang bisa didapatkan adalah mampu mendeteksi pembusukan gigi.”

Catat, Ini 5 Manfaat Melakukan Rontgen GigiCatat, Ini 5 Manfaat Melakukan Rontgen Gigi

Halodoc, Jakarta – Pemeriksaan gigi secara rutin diperlukan untuk memastikan kesehatan mulut. Salah satu langkah yang perlu dilakukan adalah pemeriksaan rontgen gigi. Tindakan ini dapat memeriksa kesehatan gigi dan gusi, sehingga dapat mendiagnosis masalah yang ada.

Rontgen Gigi Dapat Memberikan Banyak Manfaat pada Kesehatan Gigi

Tindakan pencitraan pada gigi merupakan salah satu cara ampuh untuk mendiagnosis dan merawat gigi serta gusi dengan baik. Ada berbagai macam manfaat yang bisa didapatkan dari tindakan ini, antara lain:

1. Mendeteksi Pembusukan Gigi

Pembusukan gigi dapat terjadi tanpa terdeteksi karena tidak menunjukkan gejala fisik di awal. Nah, pemeriksaan dengan rontgen gigi dapat membantu dokter gigi dalam mendeteksi kerusakan tersebut.

Saat terdeteksi secara dini, ada banyak pilihan perawatan yang terjangkau, seperti meningkatkan kebersihan mulut dan menerapkan tindakan remineralisasi. Hal ini mampu mencegah pembusukan pada gigi lebih lanjut.

2. Mendeteksi Tumor atau Kanker

Rontgen gigi juga dapat mendiagnosis berbagai macam masalah lainnya, bahkan yang membahayakan nyawa. Contohnya seperti infeksi pada akar gigi, pengeroposan tulang di sekitar gigi, hingga masalah yang membahayakan layaknya tumor dan kanker.

Maka dari itu, lakukan tindakan pemeriksaan ini secara rutin. Bukan hanya dapat mendeteksi berbagai masalah yang terjadi pada gigi, tetapi juga yang mampu membahayakan nyawa seseorang.

3. Mencegah Komplikasi Berbahaya

Saat pemeriksaan rutin yang dilakukan mendeteksi gangguan pada mulut dan gigi sejak dini, tindakan pengobatan bisa dilakukan sesegera mungkin. Hal ini dapat mencegah masalah ini berkembang menjadi sesuatu yang membahayakan, bahkan membutuhkan biaya yang mahal untuk diobati.

4. Aman Dilakukan Semua Umur

Rontgen gigi dapat dilakukan oleh semua usia tanpa terkecuali. Sebab, jumlah radiasi yang digunakan sangat rendah, bahkan aman dilakukan oleh ibu hamil. Maka dari itu, jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan ini untuk anak-anak atau sedang hamil.

5. Gambar yang Dihasilkan Sangat Detail

Tindakan pemeriksaan gigi ini ada juga yang menggunakan sensor digital, sehingga menghasilkan gambar yang berkualitas. Artinya, resolusi dan akurasi yang tinggi dapat memberikan lebih banyak informasi pada dokter gigi. Sehingga, gangguan kecil saja yang terjadi bisa terdeteksi dengan baik.

Seberapa Sering Perlu Melakukan Rontgen Gigi?

Tindakan pemeriksaan ini sebaiknya dilakukan per tahun atau dua tahunan. Pada anak-anak, tindakan ini mungkin perlu dilakukan lebih sering dibandingkan orang dewasa, sebab pertumbuhan giginya yang tidak terprediksi dan rentan terganggu.

Seseorang yang belum pernah mendapatkan pemeriksaan rontgen mungkin membutuhkan sinar-X lebih banyak dari jumlah normal. Hal ini untuk memastikan kesehatan mulut secara keseluruhan.

Maka dari itu, pastikan untuk melakukan pemeriksaan ini secara rutin agar kesehatan mulut dan gigi terjaga dengan baik. Selain itu, berbagai gangguan yang terjadi di bagian tubuh tersebut juga dapat terdiagnosis secara dini. Cobalah untuk menjadwalkan rutinitas ini setiap tahunnya untuk kesehatan diri sendiri.

Jika kamu ingin melakukan tindakan pemeriksaan mulut dan gigi ini, fitur pemeriksaan oleh dokter gigi dari aplikasi Halodoc bisa digunakan untuk pemesanan. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Makanya, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Hearts Dental. Diakses pada 2022. 3 Benefits of Dental X-Rays.
My Dental. Diakses pada 2022. 9 Benefits of Digital Dental X-Rays.
West Chester Dental Arts. Diakses pada 2022. Why Are Dental X-Rays Important?