Catat, Ini 5 Pencegahan Penyakit Jantung Bawaan pada Bayi

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   23 November 2023

“Penyakit jantung bawaan pada bayi termasuk gangguan yang berbahaya saat terjadi. Sebelum itu, setiap ibu hamil perlu tahu cara mencegahnya agar bayinya tidak mengalaminya.”

Catat, Ini 5 Pencegahan Penyakit Jantung Bawaan pada BayiCatat, Ini 5 Pencegahan Penyakit Jantung Bawaan pada Bayi

Halodoc, Jakarta – Tidak selamanya bayi yang lahir dalam keadaan sehat. Salah satu gangguan yang rentan terjadi pada bayi adalah penyakit jantung bawaan. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan yang fatal atau bahkan kematian. Sebelum terjadi, setiap orangtua perlu tahu cara mencegahnya sebelum terjadi.

Cara Pencegahan Penyakit Jantung Bawaan pada Bayi

Cacat jantung bawaan adalah masalah yang terjadi pada struktur jantung ketika bayi lahir. Beberapa masalah yang dialami bisa bersifat sederhana dan tidak membutuhkan pengobatan. Tetapi, ada juga yang berbahaya sehingga membutuhkan tindakan medis segera.

Namun, penyebab pasti dari gangguan jantung pada bayi ini belum diketahui.

Meski begitu, ada beberapa langkah-langkah untuk mengurangi risiko penyakit bawaan jantung pada anak, seperti:

1. Pemeriksaan rutin

Dengan melakukan pemeriksaan rutin dan perawatan prenatal yang tepat selama kehamilan, kesehatan ibu dan janin bisa terjaga dengan baik. Dokter kandungan juga bisa menentukan tindakan agar bayi tetap sehat hingga dilahirkan nanti.

2. Konsumsi multivitamin

Setiap ibu hamil sebaiknya mengonsumsi multivitamin dengan kandungan asam folat sebanyak 400 mikrogram setiap harinya. Rutinitas ini mampu mengurangi cacat lahir yang menyerang otak dan sumsum tulang belakang, serta masalah pada jantung.

3. Berhenti melakukan kebiasaan buruk

Merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol termasuk kebiasaan yang dapat membahayakan kondisi janin. Pastikan untuk berhenti melakukan hal tersebut, termasuk juga menghindari paparan dari asap rokok.

4. Menerima vaksin

Infeksi rubella adalah salah satu penyebab penyakit yang memengaruhi perkembangan jantung pada bayi. Maka dari itu, setiap wanita perlu mendapatkan vaksin rubella sebelum hamil, agar bayi terlindungi dengan baik.

5. Tanyakan efek samping dari obat

Jika kamu mengonsumsi obat tertentu secara rutin, sebaiknya bertanya pada dokter terkait dampaknya ketika mendapatkan kehamilan. Bukan hanya obat-obatan dari resep dokter, tetapi juga termasuk obat-obatan herbal yang bisa jadi memengaruhi kesehatan janin.

Cara Mengobati Penyakit Jantung Bawaan pada Bayi

Meski sudah melakukan tindakan pencegahan, beberapa bayi tetap mengalami gangguan ini. Untuk tindakan pengobatan, tergantung seberapa parah masalahnya. Beberapa kondisi yang ringan tidak membutuhkan perawatan apa pun.

Namun, bayi bisa jadi membutuhkan perawatan berupa konsumsi obat, prosedur medis, hingga pembedahan. Dokter akan menentukan tindakan yang paling tepat, sehingga bayi yang lahir dapat bertahan hidup sebaik mungkin.

Beberapa bayi yang mengalami penyakit jantung bawaan membutuhkan obat untuk memperkuat jantung atau mencegah masalah lainnya di masa depan. Sangat penting untuk mengonsumsi obat sesuai dengan anjuran dari dokter.

Tindakan operasi mungkin juga dibutuhkan untuk mengatasinya

Beberapa gangguan yang terjadi pada jantung perlu diperbaiki segera setelah bayi lahir. Ada juga yang perlu menunggu hingga anak tersebut lebih besar. Beberapa tindakan bisa jadi membutuhkan lebih dari satu operasi.

Pasca operasi, bayi akan mendapatkan pemeriksaan intensif selama beberapa hari. Pemeriksaan dilakukan dengan ketat hingga anak tersebut dianggap sudah dapat hidup dengan normal setelahnya.

Jika ibu ingin tahu lebih jauh tentang berbagai gangguan lainnya pada bayi, fitur tanya dokter dari Halodoc untuk berinteraksi langsung dengan ahlinya.

Dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa melakukan hal tersebut kapan dan di mana saja cukup menggunakan smartphone. Untuk menikmati kemudahan tersebut, unduh aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Congenital heart defects in children.
Family Doctor. Diakses pada 2023. Congenital Heart Disease.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan