Catat, Ini Beda Lumpektomi dan Mastektomi yang Perlu Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   23 Juni 2023

"Meski sama-sama untuk mengatasi kanker payudara, ada perbedaan mencolok antara mastektomi dan lumpektomi. Perbedaan ini paling terlihat pada area payudara yang ditangani."

Catat, Ini Beda Lumpektomi dan Mastektomi yang Perlu DiketahuiCatat, Ini Beda Lumpektomi dan Mastektomi yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Mastektomi dan lumpektomi adalah dua prosedur bedah yang umum dokter lakukan pada pasien kanker payudara. Pemilihan antara kedua prosedur ini tergantung pada banyak faktor, termasuk ukuran tumor, jenis kanker, stadium kanker, dan preferensi pasien. 

Keputusan mengenai jenis bedah yang akan dokter lakukan biasanya dibuat setelah pasien berkonsultasi lebih mendalam. Lantas, apa perbedaan dari kedua prosedur ini? Simak penjelasannya berikut ini!

Perbedaan Antara Lumpektomi dan Mastektomi

Berikut adalah perbedaannya:

1. Definisi

  • Lumpektomi adalah prosedur bedah saat tumor atau bagian jaringan payudara yang terkena kanker diangkat. Bagian yang dokter angkat ini mencakup tumor dan sebagian jaringan payudara sehat di sekitarnya.
  • Mastektomi adalah prosedur pengangkatan seluruh jaringan payudara (atau kedua payudara), termasuk jaringan kelenjar susu, puting susu, dan jaringan lemak.

2. Tujuan

  • Pada lumpektomi, prosedur ini bertujuan untuk mempertahankan jaringan payudara yang sehat sebanyak mungkin sambil mengangkat tumor. Lumpektomi biasanya diikuti dengan radioterapi untuk membunuh sisa-sisa sel kanker yang masih tersisa.
  • Tujuan utama dari mastektomi adalah mengangkat seluruh payudara yang terkena kanker. Mastektomi dapat kamu lakukan sebagai tindakan pencegahan jika ada risiko tinggi untuk kanker payudara kambuh atau menyebar.

3. Jumlah jaringan yang diangkat

  • Prosedur lumpektomi hanya mengangkat tumor atau bagian jaringan payudara yang terkena kanker saja. Lalu, hanya sedikit jaringan sekitar payudara yang dokter angkat. 
  • Sedangkan mastektomi mengangkat seluruh atau kedua payudara

4. Pengaruh terhadap penampilan fisik

  • Lumpektomi cenderung tidak terlalu berdampak siginifikan terhadap penampilan fisik. Sebab, hanya sebagian kecil payudara yang diangkat.
  • Sedangkan mastektomi punya pengaruh yang signifikan terhadap penampilan fisik karena dokter akan mengangkat seluruh payudara. Beberapa pasien memilih untuk menjalani rekonstruksi payudara untuk memulihkan penampilan payudaranya.

5. Keputusan radioterapi

  • Setelah lumpektomi, radioterapi biasanya kamu perlukan untuk membunuh sisa-sisa sel kanker yang mungkin masih tersisa di area sekitarnya.
  • Pada mastektomi, kamu mungkin tidak memerlukan radioterapi. Namun, semuanya tergantung pada karakteristik spesifik kanker dan risiko kambuhnya.

Persiapan sebelum Menjalani Mastektomi atau Lumpektomi

Sebelum menjalani salah satu dari prosedur ini, ada persiapan yang perlu kamu lakukan, yaitu:

1. Konsultasi dengan dokter

Pertama-tama, konsultasikan dengan dokter spesialis bedah onkologi atau ahli bedah payudara terkait mastektomi atau lumpektomi. Kamu bisa mendiskusikan pilihan operasi yang tepat, risiko dan manfaatnya. 

Jangan ragu untuk mengungkapkan harapan dan kekhawatiran terkait prosedur yang kamu pilih. Kamu pun juga harus tahu Berbagai Efek Samping Operasi Kanker.

2. Pemeriksaan dan tes

Selanjutnya, dokter melakukan pemeriksaan fisik menyeluruh. Mereka mungkin juga merujuk kamu untuk menjalani tes tambahan, seperti tes darah, mammografi, ultrasonografi, atau biopsi jaringan payudara. 

Fungsi utamanya untuk memverifikasi diagnosis dan mengevaluasi karakteristik kanker sebelum mastektomi atau lumpektomi.

3. Penghentian obat-obatan tertentu

Dokter juga akan memberitahu soal obat-obatan yang perlu kamu hentikan sebelum operasi. Misalnya, obat-obatan pengencer darah atau suplemen herbal yang meningkatkan risiko perdarahan selama operasi.

4. Persiapan fisik sebelum mastektomi atau lumpektomi

Jaga kesehatan fisik sebelum operasi. Caranya dengan berhenti merokok, menjaga berat badan yang sehat, dan melakukan latihan ringan untuk mempertahankan kekuatan tubuh.

5. Cari dukungan emosional

Penting untuk mencari dukungan emosional sebelum operasi. Kamu bisa berbicara dengan anggota keluarga, teman, atau bergabung dengan kelompok dukungan kanker payudara untuk berbagi pengalaman dan mendapatkan dukungan moral.

6. Persiapkan untuk proses pemulihan

Sepele tapi nyatanya amat kamu butuhkan nantinya. Kamu mungkin perlu merencanakan sekaligus mempersiapkan untuk pemulihan pasca operasi.

Siapkan lingkungan rumah yang nyaman, makanan yang sehat, serta cari bantuan yang mungkin kamu butuhkan selama masa pemulihan.

Ikuti seluruh instruksi dan petunjuk dari dokter untuk memastikan persiapan dan proses pemulihan berjalan lancar. Jangan ragu untuk bertanya kepada dokter di Halodoc jika ada pertanyaan atau kekhawatiran mengenai persiapan sebelum mastektomi atau lumpektomi.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Mastectomy (Breast Removal).
Johns Hopkins Medicine. Diakses pada 2023. Mastectomy.
National Cancer Institute. Diakses pada 2023. Lumpectomy.
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Lumpectomy. 

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan