Catat, Ini Berbagai Cara Mengobati Cedera Engkel

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   14 Desember 2022

“Pengobatan cedera engkel sebaiknya dilakukan sedini mungkin agar lebih cepat sembuh. Nah, cara yang paling umum dilakukan adalah dengan penerapan RICE pada area yang sakit.”

Catat, Ini Berbagai Cara Mengobati Cedera EngkelCatat, Ini Berbagai Cara Mengobati Cedera Engkel

Halodoc, Jakarta – Kamu gemar melakukan olahraga lari? Hati-hati, risiko kamu untuk mengalami cedera engkel tentu lebih tinggi. Masalah ini dapat membuat kamu kesulitan untuk bergerak apalagi berolahraga. Sebaiknya tahu cara mengobati cedera engkel agar lebih cepat sembuh.

Cara Pengobatan Cedera Engkel yang Efektif

Untuk penanganan cedera yang menyerang engkel, tindakan yang dilakukan tergantung tingkat keparahannya. Tujuan dari pengobatan adalah untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan yang akhirnya mampu berfungsi dengan normal kembali.

Cara penanganan rumahan yang bisa dilakukan untuk mengatasi cedera engkel, yaitu dengan metode RICE:

  • Istirahat (Rest): Hindari untuk menimbulkan masalah yang lebih besar atau memberi tekanan pada jaringan yang meradang. Kamu bisa menggunakan penjepit atau belat untuk mengurangi tekanan pada sendi yang sakit.
  • Penerapan es (Ice): Untuk melakukan tindakan ini, taruh es yang sudah dibungkus dengan kain pada pergelangan kaki yang sakit. Hal ini dapat menurunkan aliran darah dan membantu mengurangi pembengkakan, kemerahan, hingga peradangan.
  • Kompresi (Compress): Hal ini dapat menahan pembengkakan. Cobalah untuk menggunakan perban atau balutan elastis agar pembengkakan bisa mereda. Jangan melilitnya terlalu erat karena dapat menahan aliran darah.
  • Jaga ketinggian (Elevation): Tempatkan bagian kaki yang cedera lebih tinggi dari tubuh, agar tubuh dapat menyerap cairan berlebih pada bagian tersebut.

Selain itu, konsumsi obat antiinflamasi diperlukan untuk mengurangi rasa sakit dan mengatasi pembengkakan yang terjadi. Beberapa obat yang dijual bebas, seperti ibuprofen dan naproxen mampu bekerja dengan baik terhadap hal tersebut. 

Penanganan Cedera Engkel Melalui Terapi

Saat masalah ini sudah jauh lebih baik, kamu mungkin tetap perlu melakukan terapi untuk memulihkan gerakan, kekuatan, dan stabilitas pada kaki. Beberapa latihan akan diberikan oleh terapis agar fungsi engkel kembali seperti semula.

Latihan keseimbangan dan stabilitas sangat penting dalam membuat otot pergelangan kaki mampu menopang sendi dan mencegah keseleo. Selain itu, terapis juga bekerja sama dengan dokter untuk menentukan jika cedera yang terjadi dapat memengaruhi performa olahraga yang dilakukan secara rutin atau tidak.

Cara Mencegah Cedera Engkel Sebelum Terjadi

Perlu diketahui jika engkel yang pernah terluka memiliki kemungkinan untuk mengalaminya lagi. Maka dari itu, cobalah untuk melakukan tindakan pencegahan agar masalah ini tidak terjadi lagi, seperti:

  • Pastikan pergelangan kaki tetapi kuat dan fleksibel dengan melakukan latihan penguatan secara rutin.
  • Gunakan sepatu yang tepat untuk beraktivitas sebagai penopang pergelangan kaki.
  • Balut pergelangan kaki yang rentan cedera untuk perlindungan, terlebih jika sudah mengalami lebih dari satu kali keseleo.
  • Hindari lapangan tempat olahraga yang memiliki lubang atau halang-rintang.

Dengan mengetahui cara mengobati cedera engkel, diharapkan kamu dapat mengambil tindakan segera saat masalah ini terjadi. Semakin cepat tindakan pengobatan dilakukan, gangguan parah yang bisa terjadi bisa dihindari. Selain itu juga, kesembuhan lebih cepat didapatkan tanpa perlu mendapatkan penanganan dari dokter.

Jika masih memiliki pertanyaan lainnya terkait cedera engkel atau gangguan lainnya akibat olahraga, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan kapan dan dimana saja. Dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Makanya, unduh sekarang juga!

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2022. Sprained Ankle.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Sprained ankle.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan