Catat, Ini Cara Menjaga Kesehatan Mulut dan Lidah

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   20 Maret 2023

“Membersihkan mulut secara teratur, menggunakan obat kumur, florida, memperhatikan asupan makanan dan periksa gigi secara rutin merupakan langkah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.”

Catat, Ini Cara Menjaga Kesehatan Mulut dan LidahCatat, Ini Cara Menjaga Kesehatan Mulut dan Lidah

Halodoc, Jakarta – Kesehatan mulut dan lidah adalah bagian penting dari kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, faktanya sering kali kita lupa untuk memberikan perawatan khusus pada bagian ini. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan mulut dan lidah adalah dengan melakukan kebiasaan catat. 

Cara Menjaga Kesehatan Mulut dan Lidah 

Jangan khawatir, berikut ini tips tentang cara menjaga kesehatan mulut dan lidah, yaitu:

1. Bersihkan gigi dan lidah secara teratur

Bersihkan gigi dan lidah secara teratur dengan sikat gigi dan pasta gigi yang tepat. Jangan lupa menyikat lidah juga untuk menghilangkan bakteri dan kotoran yang tersembunyi di sana.

2. Gunakan obat kumur

Gunakan obat kumur setiap hari untuk membunuh bakteri dan mencegah bau mulut yang tidak sedap. Pastikan obat kumurnya aman dan sesuai dengan kebutuhan. Untuk mengetahui lebih lanjut, kamu juga dapat membaca artikel mengenai cara memilih obat kumur yang baik untuk kesehatan mulut.

3. Gunakan fluorida

Fluorida berasal dari unsur dalam tanah bumi bernama fluor. Banyak ahli percaya, fluorida membantu mencegah gigi berlubang, dan merupakan bahan umum dalam pasta gigi dan obat kumur.

Namun, beberapa produk perawatan gigi tidak mengandung fluoride, dan beberapa orang tidak menggunakannya sama sekali.

Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan fluoride dapat menyebabkan kerusakan gigi. Perlu kamu pahami, menyikat gigi dan flossing tidak akan mencegah seseorang dari gigi berlubang jika tidak menggunakan fluorida.

4. Kurangi konsumsi gula

Gula adalah salah satu penyebab utama kerusakan gigi dan masalah kesehatan mulut lainnya. Kurangi konsumsi gula dan perbanyak konsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran.

5. Hindari merokok dan minum alkohol

Merokok dan minum alkohol dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap dan meningkatkan risiko terkena kanker mulut dan lidah. Hindari kebiasaan ini untuk menjaga kesehatan mulut dan lidah.

6. Periksakan gigi secara teratur

Periksakan gigi secara teratur ke dokter gigi untuk menghindari masalah kesehatan gigi dan mulut yang lebih serius. Nah, dokter gigi akan membantu dalam membersihkan gigi secara lebih menyeluruh dan mengobati masalah gigi atau gusi yang ada.

7. Minum air yang cukup

Minum air yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan mulut dan lidah. Air membantu membersihkan bakteri dan kotoran di dalam mulut dan menghindari dehidrasi yang dapat mempengaruhi kesehatan gigi dan gusi.

8. Perhatikan makanan yang dikonsumsi

Perhatikan jenis makanan yang kamu konsumsi. Makanan yang keras, manis, atau asam dapat merusak gigi dan menyebabkan masalah kesehatan mulut lainnya. Perbanyak konsumsi makanan yang sehat seperti sayuran dan buah-buahan.

Kebiasaan-kebiasaan tersebut mudah untuk dilakukan dan dapat membantu menjaga kesehatan mulut dan lidah. Dengan menjaga kebersihan mulut, memperhatikan pola makan, serta melakukan pemeriksaan gigi secara teratur, kamu dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan baik. 

Dalam memperingati Hari Kesehatan Mulut Sedunia dapat menjadi momentum untuk lebih semangat dalam menjaga kesehatan mulut dan lidah.

Nah, jangan lupa berkonsultasi dengan dokter gigi atau ahli kesehatan lainnya jika memiliki masalah kesehatan gigi atau mulut yang lebih serius.

Konsultasi secara mudah dapat dilakukan melalui Halodoc yang akan membantu untuk bertemu dengan dokter gigi yang berada di daerah terdekat kamu. Jadi tunggu apalagi, yuk, langsung saja unduh aplikasi Halodoc dari App Store atau Play Store smartphone kamu.

Referensi:

CDC. Diakses pada 2023. Oral Health Tips
Medical News Today. Diakses pada 2023. What to do for healthy teeth and gums
National Institute of Aging. Diakses pada 2023. Taking Care of Your Teeth and Mouth

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan