Catat, Ini Langkah Mudah untuk Mengatasi Pyrophobia

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   08 Desember 2022

“Pyrophobia merupakan salah satu dari banyak fobia spesifik, yang merupakan jenis gangguan kecemasan. Selain obat antidepresan, fobia ini juga bisa diatasi dengan terapi.”

Catat, Ini Langkah Mudah untuk Mengatasi PyrophobiaCatat, Ini Langkah Mudah untuk Mengatasi Pyrophobia

Halodoc, Jakarta – Pyrophobia adalah ketakutan ekstrem terhadap api. Orang dengan fobia ini akan takut saat melihat api dalam bentuk apapun, seperti api unggun atau api pada lilin. 

Pengidapnya bisa mengalami kecemasan yang parah saat memikirkan atau berbicara tentang api. Mereka akan sangat mengantisipasi terhadap terjadinya kebakaran di tempat atau situasi apapun, bahkan saat tidak ada bahaya atau ancaman nyata.

Pyrophobia merupakan salah satu dari banyak fobia spesifik, yang merupakan jenis gangguan kecemasan. Seseorang dengan fobia spesifik memiliki ketakutan yang luar biasa dan irasional terhadap sesuatu yang hanya menimbulkan sedikit, atau tidak ada bahaya sama sekali untuk mereka.

Gejala Pyrophobia

Orang dengan pyrophobia akan menghindari situasi di mana mereka yakin ada potensi kebakaran. Penghindaran ini mungkin termasuk tidak pergi ke rumah dengan perapian atau menolak makan di restoran yang memiliki perapian.

Mereka mungkin terobsesi untuk memeriksa tempat umum untuk risiko kebakaran, rute pelarian, alat pemadam kebakaran, alarm asap, alat penyiram dan hal-hal lain yang terkait dengan ancaman kebakaran. 

Orang yang takut akan kebakaran hutan mungkin menghindari hutan atau iklim kering dan panas yang rentan terhadap kebakaran. Di rumah, seseorang dengan pyrophobia mungkin bersikeras menggunakan semua peralatan listrik daripada yang menggunakan gas. Mereka mungkin menghindari penggunaan kompor, oven, atau pemanggang roti. 

Orang dengan pyrophobia juga bisa mengalami serangan panik jika mereka melihat api atau berbicara tentang api. Gejala serangan panik dapat meliputi:

  • Panas dingin.
  • Pusing dan sakit kepala ringan.
  • Keringat berlebihan (hiperhidrosis).
  • Jantung berdegup dengan kencang (palpitasi jantung).
  • Mual.
  • Sesak nafas (dispnea).
  • Gemetar.
  • Sakit perut atau gangguan pencernaan (dispepsia).

Cara Mengobati Pyrophobia

Banyak pengidap berhasil dalam mengatasi rasa takut mereka terhadap api dengan psikoterapi. Penyedia layanan kesehatan mungkin merekomendasikan beberapa terapi, seperti:

1. Terapi Perilaku Kognitif (CBT)

CBT berfokus untuk membantu pengidap mengubah cara berpikir tentang api. Ini mungkin termasuk mempelajari fakta-fakta penting tentang api, seperti statistik kebakaran, bagaimana kebakaran muncul, atau cara-cara aman untuk memadamkan api. 

Terapis juga dapat mengajari teknik untuk mengelola pemicu tertentu. Misalnya, bernapas dalam-dalam atau meditasi saat melihat api atau mendengar tentang api yang dapat membantu mengatasi kecemasan atau gejala serangan panik.

2. Terapi Pemaparan

Jenis psikoterapi ini bekerja dengan memaparkan pengidapnya pada api atau situasi yang berhubungan dengan api. Ini mungkin termasuk melihat gambar atau video api.

Pengidap bisa meningkatkan kemampuan mereka untuk bisa melihat korek api atau lilin yang menyala. Beberapa penelitian juga menunjukkan manfaat dari program realitas virtual yang memungkinkan peserta memadamkan api simulasi.

3. Obat Medis

Perawatan ini belum terbukti sangat efektif untuk pengelolaan pyrophobia jangka panjang atau gangguan fobia spesifik lainnya. Namun, jika pengidap sering mengalami kecemasan atau kepanikan yang mengganggu kemampuan untuk bekerja, dokter dapat merekomendasikan obat anti-kecemasan.

Obat-obatan tersebut antara lain:

  • Selective serotonin reuptake inhibitors (SSRIs): Ini adalah jenis antidepresan yang bisa membantu untuk mengobati kecemasan. Mereka bekerja dengan menghambat reuptake dari neurotransmitter serotonin, pembawa pesan kimia yang berperan dalam suasana hati.
  • Benzodiazepin: Obat ini memiliki efek sedatif dan bekerja dengan cepat, yang membuatnya efektif untuk mengobati episode kecemasan atau panik yang akut. Obat-obat ini bekerja dengan mempengaruhi reseptor GABA di otak untuk menimbulkan perasaan tenang. Namun, mereka membawa risiko ketergantungan dan kecanduan.

Itulah pembahasan seputar cara mengatasi pyrophobia. Jika kamu ingin berkonsultasi ke dokter terkait masalah kesehatan, kamu bisa menggunakan Halodoc. Bila dokter meresepkan obat, cek kebutuhan medis di Halodoc. Tunggu apa lagi, segera download Halodoc sekarang! 

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Pyrophobia.
Very Well Mind. Diakses pada 2022. Pyrophobia.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan