Catat, Ini Langkah Perawatan Tepat untuk Pengidap Hodophobia

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   06 Desember 2022

“Ada cukup banyak pilihan perawatan untuk hodophobia. Termasuk terapi perilaku kognitif dan pemberian obat-obatan antikecemasan.”

Catat, Ini Langkah Perawatan Tepat untuk Pengidap HodophobiaCatat, Ini Langkah Perawatan Tepat untuk Pengidap Hodophobia

Halodoc, Jakarta – Hodophobia adalah jenis fobia spesifik yang terjadi ketika seseorang sangat takut bepergian. Fobia adalah jenis gangguan kecemasan yang gejalanya berupa rasa takut yang berlebihan atau tidak rasional terhadap suatu objek atau pengalaman. 

Orang dengan hodophobia sering menunjukkan antisipasi terhadap perjalanan, atau mengingat kembali pengalaman tersebut. Seperti apa penanganannya? Simak lebih lanjut melalui ulasan berikut ini!

Perawatan untuk Pengidap Hodophobia

Perawatan untuk gangguan kecemasan terkadang membantu sebagai pengobatan untuk fobia spesifik seperti hodophobia. Berikut ini beberapa perawatannya:

1. Obat-obatan

Obat adalah pilihan perawatan umum untuk kecemasan. Obat golongan inhibitor reuptake serotonin selektif (SSRI) dan inhibitor reuptake serotonin-norepinefrin selektif (SNRI) sering dokter resepkan sebagai obat lini pertama. 

Meski begitu, seringkali pengobatan saja tidak akan mengobati fobia. Oleh karena itu, biasanya terapi psikologi juga perlu untuk mengatasi gejala dari fobia spesifik.

2. Terapi Perilaku Kognitif (CBT)

Ini adalah jenis terapi yang membantu orang mengidentifikasi dan mengubah pola pikir destruktif, yang secara negatif memengaruhi perilaku atau kesejahteraan mereka.

3. Terapi Pemaparan  

Terapi pemaparan adalah salah satu bentuk perawatan yang paling umum untuk orang yang mengidap hodophobia. Terapis secara bertahap memaparkan pengidap pada ketakutan mereka selama periode waktu tertentu. 

Sehubungan dengan hodophobia, terapis dapat memulai dengan memaparkan pengidap pada foto seseorang yang mengendarai mobil. Ini semua akan menjadi upaya untuk membantu membuat pengidap tidak peka terhadap rasa takut mereka dengan berulang kali mengeksposnya. 

Secara teoritis, semakin seseorang terpapar pada sesuatu yang mereka takuti, semakin sedikit hal itu mengganggu mereka dari waktu ke waktu.

4. Desensitisasi dan Pemrosesan Ulang Gerakan Mata (EMDR)

Pengobatan hodophobia juga bisa menggunakan desensitisasi dan pemrosesan ulang gerakan mata (EMDR). EDMR adalah metode perawatan berbasis trauma untuk membantu orang mengatasi tekanan emosional dari kenangan traumatis. 

5. Terapi Perilaku Dialektis (DBT)

DBT adalah bentuk pengobatan yang sangat efektif untuk orang yang berjuang dengan regulasi emosi. Ini sering jadi pengobatan untuk orang yang mengidap gangguan kepribadian ambang. 

Meski begitu, ini juga bisa sangat menguntungkan bagi seseorang yang mengidap gangguan kecemasan seperti hodophobia juga. Hal ini karena banyaknya jumlah keterampilan koping yang dapat pengidap pelajari dalam kelompok DBT. 

Grup ini biasanya bertahan sekitar enam bulan dan dapat terdiri dari dua orang hingga beberapa orang. Tergantung pada berapa banyak yang bergabung dengan grup.

Salah satu keterampilan DBT yang sangat efektif untuk membantu pengidap hodophobia adalah setengah tersenyum. Teknik ini bekerja dengan membuat pengidap berpikir tentang apa yang ida takuti atau membuat ia kesal sambil sedikit mengangkat sudut mulut dengan tersenyum ringan, sehingga istilahnya “setengah tersenyum”. 

Meditasi kesadaran juga sering ada dalam DBT dan dapat sangat bermanfaat bagi seseorang dengan hodophobia. Karena berkelompok, ini bisa membantu membuat pengidap keluar dari zona nyamannya. 

Latihan mindfulness kelompok ini mungkin termasuk minum teh hangat untuk mengasah indra perasa dan indra peraba atau sekadar memusatkan perhatian pada napas.

Tips Lainnya

Selain menjalani perawatan tersebut, ada beberapa strategi untuk mengatasi hodophobia jika kamu perlu melakukan perjalanan wisata, yaitu:

  • Lakukan perjalanan kecil dan singkat di dekat rumah. Lalu perlahan tingkatkan hingga jarak yang lebih jauh.
  • Persiapkan perjalanan sebelumnya dan ketahui persis di mana ini akan mengurangi kecemasan.
  • Jika memungkinkan, pilihlah tujuan dengan tingkat stres yang rendah.
  • Petakan jadwal dan rencana perjalanan secara mendetail sehingga kamu tahu sebelumnya apa yang akan terjadi.
  • Bepergianlah dengan teman atau orang terkasih untuk meningkatkan kenyamanan.
  • Saat naik pesawat terbang, lakukan penerbangan langsung dan hindari yang perlu transit.

Itulah pembahasan mengenai perawatan untuk hodophobia. Jika kamu mengalami fobia ini dan butuh bantuan ahlinya, download Halodoc saja untuk berbicara pada psikolog melalui chat. 

Referensi:
Psych Times. Diakses pada 2022. Hodophobia (Fear of Road Travel).
Very Well Health. Diakses pada 2022. What Is Fear of Traveling (Hodophobia)?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan