• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cegah Anak Obesitas dengan Mengurangi Camilan

Cegah Anak Obesitas dengan Mengurangi Camilan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Cegah Anak Obesitas dengan Mengurangi Camilan

Halodoc, Jakarta - Obesitas pada anak terjadi saat ia memiliki bobot tubuh berlebihan. Jika hal tersebut dialami Si Kecil, bukan hanya berat badan saja yang bertambah, ia juga akan rentan mengidap berbagai gangguan kesehatan. Penyebabnya sendiri dapat dipicu oleh banyak hal, salah satunya adalah konsumsi camilan tidak sehat. Salah satu camilan tidak sehat adalah makanan dengan cita rasa asin. Berikut ini hubungan antara makanan asin dan obesitas yang dialami oleh anak.

Baca juga: Cegah Obesitas pada Si Kecil dengan Menerapkan Kebiasaan Ini

Kurangi Camilan Asin Dapat Mencegah Anak Terkena Obesitas

Hampir semua orang menyukai cita rasa asin atau gurih. Saat garam dicampurkan ke dalam jenis makanan tertentu, anak cenderung akan memiliki nafsu makan yang besar. Ia juga akan mengonsumsi makanan dengan takaran yang lebih banyak. Kondisi ini menjadi salah satu faktor penyebab anak mengidap obesitas. Hal tersebut dikarenakan, garam mengandung natrium yang dapat berujung pada penumpukan kalori dalam tubuh.

Jika jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh tidak sebanding dengan kalori yang dikeluarkan, maka zat itu akan terus terakumulasi dan berubah menjadi lemak. Jika sudah begitu, otomatis obesitas tidak akan bisa dihindari. Oleh karena itu, ibu perlu membiasakan anak untuk mengonsumsi camilan sehat saja. Jika ibu bingung camilan apa yang cocok diberikan untuk Si Kecil, simak penjelasan selanjutnya, ya.

Baca juga: Anak yang Gemuk Berisiko Obesitas saat Dewasa

Camilan Sehat untuk Anak yang Direkomendasikan

Garam memang membuat cita rasa makanan menjadi lebih sedap, sehingga dapat membuat anak menjadi ketagihan. Mulai saat ini, sebaiknya ibu kurangi pemberian garam pada makanan Si Kecil untuk mencegahnya dari obesitas. Perhatikan kembali menu makanan anak, sebaiknya ganti camilan tidak sehat menjadi beberapa makanan sehat berikut ini:

  1. Buah. Buah menjadi camilan sehat yang direkomendasikan. Agar menarik perhatian Si Kecil, ibu bisa membentuk karakter yang ia sukai dengan beraneka ragam warna.
  2. Sayuran. Banyak anak yang tidak menyukai sayur. Untuk mengatasinya, ibu bisa memberikan salad dengan topping wortel, jagung, atau jamur agar salad memiliki beraneka ragam rasa.
  3. Cake dengan topping buah. Selain asin, anak-anak biasanya menyukai rasa manis. Nah, ibu bisa menyiasatinya dengan membuat cake yang ditaburi dengan potongan buah di atasnya.
  4. Pizza. Ibu bisa membuat pizza yang lebih sehat dengan bahan dasar roti gandum. Jangan lupa taburkan keju rendah lemak, dan sayuran favorit Si Kecil agar nafsu makanannya meningkat.
  5. Popcorn. Popcorn yang sehat bisa dimasak di atas kompor dengan tambahan minyak kelapa, alih-alih mentega. Agar lebih kaya rasa, ibu bisa menambahkan bahan alami, seperti lada, bawang putih, dan kayu manis.
  6. Yoghurt. Yoghurt adalah sumber protein dan kalsium yang baik untuk anak. Camilan sehat yang satu ini juga mengandung bakteri baik yang mampu mendukung sistem metabolisme dalam tubuh Si Kecil.

Baca juga: Begini Pola Hidup Sehat untuk Anak Obesitas

Itulah sejumlah camilan sehat yang direkomendasikan untuk dikonsumsi Si Kecil. Jika anak sudah ketergantungan dengan cita rasa garam, sebaiknya ibu diskusikan hal ini dengan dokter di aplikasi Halodoc untuk melakukan langkah penanganan yang tepat.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 28 Healthy Snacks Your Kids Will Love.
Time.com. Diakses pada 2020. Is Too Much Salt a Trigger for Childhood Obesity?