• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cek Fakta: Apakah Buah Naga Bisa Menurunkan Darah Tinggi?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cek Fakta: Apakah Buah Naga Bisa Menurunkan Darah Tinggi?

Cek Fakta: Apakah Buah Naga Bisa Menurunkan Darah Tinggi?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 21 Desember 2022

“Manfaat menurunkan darah tinggi dari buah naga berkaitan dengan kandungan magnesium di dalamnya. Meski begitu, konsumsi buah naga tidak bisa menggantikan obat hipertensi yang diresepkan oleh dokter.”

Cek Fakta: Apakah Buah Naga Bisa Menurunkan Darah Tinggi?Cek Fakta: Apakah Buah Naga Bisa Menurunkan Darah Tinggi?

Halodoc, Jakarta – Buah naga yang juga dikenal sebagai pitahaya atau pir stroberi, merupakan buah tropis yang terkenal dengan kulitnya yang berwarna merah cerah, dan dagingnya berbintik-bintik yang manis. Bisa dibilang tampilan buah naga sangat unik. 

Nah, buah naga disebut-sebut memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya mampu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Pertanyaannya, benarkah faktanya seperti itu? 

Mampu Menurunkan Hipertensi?

Buah naga mengandung banyak nutrisi dan vitamin, serta memiliki sifat antioksidan untuk melawan penyakit. Tidak heran jika mengonsumsi buah naga secara teratur dapat menyehatkan tubuh. 

Manfaat terkait menurunkan tekanan darah tinggi, berkaitan dengan kandungan magnesium yang ada di dalam buah naga. Meski begitu, fungsi menurunkan darah tinggi ini hanya sebagai nutrisi pendukung, bukan sebagai pengganti obat hipertensi.

Tingkat penurunan darah tinggi pun berbeda pada setiap orang dan setiap kasus. Maka itu, konsumsilah buah naga dalam jumlah yang wajar dan tetap lakukan perubahan pola hidup yang lebih sehat untuk menjaga tekanan darah. Seperti menghindari makanan asin, memperbanyak minum air putih, dan olahraga secara teratur. 

Nah, kesimpulannya pengidap hipertensi tak bisa hanya mengandalkan buah naga untuk menurunkan tekanan darahnya. Sebab, mereka juga harus menerapkan pola hidup sehat dan mengonsumsi obat hipertensi secara rutin.

Berbagai Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Selain diyakini dapat menurunkan tekanan darah, ada pula beberapa manfaat buah naga lainnya, yaitu: 

1. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Buah naga menjadi pilihan yang baik untuk meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Antioksidan yang terkandung dalam buah dan bijinya memberi tubuh asupan asam lemak omega-2 dan omega-9, serta membantu mengurangi kolesterol total (termasuk kadar kolesterol “jahat” LDL).

2. Mendukung sistem kekebalan tubuh

Manfaat buah naga berikutnya yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah serangan penyakit. Buah naga mengandung vitamin C, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari kuman, bakteri, dan radikal bebas. 

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Buah naga mengandung serat yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan kesehatan usus. Perlu diketahui, orang dewasa membutuhkan antara 21 hingga 38 gram serat per hari. Sementara itu, 100 gram buah naga mengandung 2,9 gram serat atau 10 persen dari nilai harian yang dibutuhkan tubuh. Dengan mencukupi kebutuhan serat, dapat mencegah serta mengobati sembelit. 

4. Menurunkan gula darah pada pengidap diabetes

Selain meningkatkan kesehatan usus, serat dalam buah naga bermanfaat pada pengidap diabetes tipe 2 untuk membantu rasa kenyang lebih lama, menurunkan berat badan, dan menormalkan kadar gula darah. 

5. Menyehatkan kulit

Manfaat buah naga selanjutnya yaitu menyehatkan kulit. Mengonsumsi buah naga dapat membantu mengurangi bintik-bintik penuaan, kerutan, kulit kering, dan jerawat. Manfaat tersebut berasal dari kandungan vitamin C dan antioksidan di dalam buah naga. Vitamin dan antioksidan tersebut berperan dalam memperbaiki kerusak sel secara bertahap, sehingga tampilan kuli jadi lebih muda.

6. Mengatasi anemia dalam kehamilan

Anemia selama kehamilan dapat meningkatkan risiko kematian bayi, persalinan prematur, keguguran, dan berat badan lahir rendah. Sebuah penelitian menemukan bahwa, mengonsumsi jus buah naga merah dapat meningkatkan kadar hemoglobin dan eritrosit pada ibu hamil dengan anemia defisiensi besi.

Itulah fakta tentang manfaat buah naga untuk kesehatan. Meskipun buah ini memiliki manfaat kesehatan, tapi konsumsinya tidak dapat menggantikan obat yang sesungguhnya. 

Jika kamu memiliki masalah kesehatan yang serius, sebaiknya segera kunjungi dokter di rumah sakit. Kamu juga bisa mencari rumah sakit terdekat melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Dragon Fruit
Healthline. Diakses pada 2022. 7 Great Reasons to Add Dragon Fruit to Your Diet
Everyday Health. Diakses pada 2022. Dragon Fruit: Nutrition Facts, Health Benefits, How to Eat It, and More