Cek Fakta: Bayi Prematur akan Kesulitan Fokus saat Dewasa?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   16 Desember 2022

“Memang benar adanya bayi prematur berisiko mengalami sejumlah masalah kesehatan. Meski begitu, sebenarnya beberapa risiko tersebut bisa diminimalkan.”

Cek Fakta: Bayi Prematur akan Kesulitan Fokus saat Dewasa?Cek Fakta: Bayi Prematur akan Kesulitan Fokus saat Dewasa?

Halodoc, Jakarta – Kelahiran prematur merupakan persalinan yang terjadi lebih dari tiga minggu sebelum tanggal perkiraan kelahiran bayi. Dengan kata lain, kelahiran prematur merupakan persalinan yang terjadi sebelum awal minggu ke-37 kehamilan. 

Sampai saat ini, kondisi kelahiran prematur masih menjadi sorotan karena dianggap sebagai masalah kesehatan serius. Sebab, bayi prematur kerap berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan. 

Salah satunya adalah memiliki tinggi badan yang kurang, sekaligus memiliki tubuh kerdil, saat mulai memasuki pertumbuhan. Tak hanya itu, sebagian orang juga meyakini kalau bayi prematur juga akan memiliki kecerdasan intelektual (IQ) dan kesulitan fokus saat dewasa. 

Namun, benarkah fakta medisnya seperti itu?

Sulit fokus saat dewasa?

Mengutip dari salah satu media daring nasional, dokter spesialis anak di Rumah Sakit Brawijaya, Muhammad Vinci Ghazali mengatakan kalau keyakinan bayi prematur sulit fokus bukan tanpa alasan. Sebab, banyak orang tua yang masih memiliki pengetahuan kurang seputar penanganan bayi prematur. 

“Bayi prematur itu bisa tangani. Dia lahir terlalu cepat, bukan berarti dia cacat,” kata Vinci. 

Memang benar adanya bayi prematur berisiko mengalami sejumlah masalah kesehatan. Misalnya seperti kesulitan fokus atau memiliki IQ rendah, ketika dirinya beranjak dewasa. Meski begitu, sebenarnya beberapa risiko tersebut bisa diminimalkan. Sebagai contoh, ibu hamil bisa melakukan perawatan dan pemeriksaan intensif sejak bayi dilahirkan. 

“Pendarahan di otak bisa menyebabkan bayi yang lahir prematur ‘tertinggal’ dari bayi normal. Tapi bisa dicegah, kita cek apakah ada pendarahan atau tidak. Jika memang ada pendarahan, prosedur-prosedur medis bisa segera dilakukan,” tambahnya.

Dokter Vinci juga menambahkan kalau memiliki bayi prematur memerlukan penanganan ekstra, dan semuanya bisa ditangani selama orang tua mau berusaha. 

Selain itu, orang tua juga perlu mengetahui bahwa tidak semua bayi prematur tumbuh dengan kekurangan. Justru, banyak yang tetap dapat hidup normal dan berprestasi selayaknya bayi yang lahir dari persalinan penuh bulan. 

Perawatan Apa yang Dapat Dilakukan? 

Ada beberapa perawatan yang dapat dilakukan untuk menangani bayi prematur. Namun, perawatan pada setiap bayi prematur akan bervariasi, tergantung dari kriteria dan usia kelahirannya. Berikut adalah beberapa perawatan tersebut: 

1. Kangaroo mother care (KMC)

Metode KMC bermanfaat untuk menjaga suhu tubuh dalam rentang stabil (36,5 – 37,50 Celsius). Nah, metode ini dapat menurunkan hipotermia yang rentan menyerang bayi prematur. KMC juga dapat menurunkan mortalitas, sepsis,  lama rawat dibandingkan perawatan konvensional. Selain itu, prosedur ini mudah digunakan dan dapat dilakukan bersamaan pemberian terapi medis. 

2. Pemenuhan kebutuhan nutrisi bayi 

Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa bayi prematur mengalami lebih sedikit kemungkinan komplikasi. Tindakan ini dapat dilakukan melalui tiga aspek, yaitu: 

  • Oral feeding: pemberian makanan dan minuman secara oral (mulut). 
  • Enteral feeding: pemberian nutrisi lewat saluran cerna dengan menggunakan selang khusus (feeding tube). 
  • Parenteral feeding: metode pemberian nutrisi, obat, atau cairan melalui pembuluh darah.

3. Meningkatkan ikatan orang tua dan bayi

Mendukung ikatan ayah-bayi dan mendukung co-parenting antara ibu dan ayah bermanfaat bagi kesehatan bayi. Efek ini tampak pada peningkatan berat badan dan saturasi oksigen dan peningkatan kemampuan menyusui.

Itulah fakta mengenai keyakinan yang mengatakan kalau bayi prematur akan kesulitan fokus ketika dirinya beranjak dewasa. Jika ibu masih memiliki pertanyaan seputar bayi prematur, atau Si Kecil adalah bayi prematur yang sedang mengalami keluhan medis, segeralah hubungi dokter. 

Nah, melalui aplikasi Halodoc ibu bisa tanya dokter tepercaya untuk mendapatkan informasi dan saran medis yang dibutuhkan. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Premature birth. 
Yankes.Kemkes. Diakses pada 2022. Perawatan Bayi Prematur. 
CNN Indonesia. Diakses pada 2022. Benarkah Bayi Prematur Bakal Kesulitan Fokus saat Dewasa?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan