Cek Fakta: Benarkah Kedelai Termasuk Makanan Bebas Gluten?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   09 September 2021

“Pada dasarnya, kedelai adalah makanan bebas gluten. Namun, beberapa produk turunannya bisa jadi diolah dengan bahan tambahan yang mengandung gluten, seperti misalnya kecap dan daging imitasi berbahan kedelai. Jadi, penting untuk lebih cermat dalam memilih.”

Cek Fakta: Benarkah Kedelai Termasuk Makanan Bebas Gluten?Cek Fakta: Benarkah Kedelai Termasuk Makanan Bebas Gluten?

Halodoc, Jakarta – Penggemar protein nabati tentu tidak asing dengan kedelai. Kacang-kacangan ini bisa diolah menjadi berbagai makanan, seperti susu, tempe, tahu, kecap, dan masih banyak lagi. Lantas, pertanyaannya, apakah benar kedelai termasuk makanan bebas gluten? Cek faktanya berikut!

Beberapa orang perlu menghindari makanan yang mengandung gluten. Misalnya pada pengidap penyakit Celiac, di mana kekebalan tubuh menyerang sistem pencernaan ketika mengonsumsi makanan yang mengandung gluten. 

Baca juga: Hubungan Kedelai dengan Risiko Kanker Payudara

Kedelai Termasuk Makanan Bebas Gluten, tapi…

Mengutip dari laman Celiac Disease Foundation, kedelai biasa secara alami bebas gluten, karena tidak mengandung salah satu dari tiga jenis gluten utama, yaitu gandum, rye (gandum hitam) dan barley (jelai). Kacang-kacangan ini adalah makanan nabati berprotein tinggi yang baik untuk dikonsumsi.

Tidak seperti kebanyakan sumber protein nabati, kedelai adalah protein lengkap, yang berarti mengandung sembilan asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. 

Bila kamu tidak memiliki sensitivitas atau alergi terhadap kedelai, kacang kedelai dan produk turunannya aman untuk dikonsumsi. Namun, tidak berarti bahwa semua produk kedelai termasuk makanan bebas gluten, ya. Beberapa makanan olahan kedelai ada yang dicampur dengan bahan yang mengandung gluten.

Selain itu, kontaminasi silang juga menjadi risiko lain yang perlu dipertimbangkan ketika memilih makanan bebas gluten berbahan kedelai. Jika kedelai disimpan atau dimasak dalam wadah atau area yang sama dengan makanan mengandung gluten, itu bisa menjadi tidak aman bagi mereka yang mengidap penyakit Celiac atau sensitivitas gluten.

Baca juga: 9 Manfaat Kacang Kedelai yang Kaya Isoflavone untuk Kesehatan Tubuh

Tips Membeli Produk Kedelai

Meski umumnya kedelai termasuk makanan bebas gluten, tetap penting untuk membaca label nutrisi pada makanan yang hendak kamu beli. Mudahnya, kamu bisa mencari produk yang mencantumkan tulisan “bebas gluten” atau “gluten free” pada kemasannya.

Namun, jika ingin lebih aman, membaca komposisi dan informasi nutrisi pada kemasan makanan bisa jadi solusi. Bila tercantum bahan seperti gandum, gandum hitam, atau barley pada bagian komposisi, sebaiknya hindari untuk membelinya jika kamu mengidap penyakit Celiac. 

Minyak kedelai umumnya aman dan termasuk makanan bebas gluten, karena hanya terbuat dari ekstrak kedelai. Produk tahu yang polos umumnya juga bebas gluten. Namun, kamu perlu mencermati komposisi produk tahu yang diberi tambahan perasa.

Selain itu, beberapa makanan olahan kedelai yang juga perlu dicermati adalah:

  1. Daging Imitasi Berbahan Kedelai

Pemilik pola makan vegetarian tentu sudah tidak asing dengan produk daging imitasi berbahan kedelai. Nah, bila kamu mencari makanan bebas gluten, kamu perlu cermat dalam memilih produk daging imitasi.

Sebab, beberapa produk bisa jadi mengandung bahan tambahan lain dari tepung berbahan gandum atau barley. Jadi, pastikan untuk memeriksa komposisi bahannya sebelum membeli, ya.

Baca juga: Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan Anak

  1. Kecap

Meskipun banyak produk kedelai bebas gluten, kecap tidak. Gandum adalah bahan dalam hampir semua produk kecap. Bila kamu mencari alternatif yang bebas gluten, kamu bisa coba saus tamari.

  1. Susu Kedelai

Sebagian besar produk susu kedelai tidak dibuat dengan campuran gandum, gandum hitam, atau barley. Namun, beberapa produk bisa jadi menawarkan varian rasa dengan tambahan bahan yang mengandung gluten. Jadi, periksa kembali daftar bahan sebelum membelinya, ya.

Itulah pembahasan mengenai kedelai yang bisa jadi makanan bebas gluten, dan bisa jadi tidak. Namun, bila bicara soal bahan utuh, bisa dipastikan bahwa kedelai adalah makanan yang bebas gluten.

Masih asing dengan kedelai hitam? Baca manfaatnya untuk tubuh di artikel ini: “Ini 7 Manfaat Kedelai Hitam untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui“.

Proses pengolahan dengan bahan tambahan dan kontaminasi silanglah yang membuat produk kedelai bisa jadi mengandung gluten. Bila kamu mengalami gejala atau keluhan kesehatan setelah mengonsumsi produk kedelai tertentu, gunakan aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit, ya.

Referensi:
Celiac Disease Foundation. Diakses pada 2021. Sources of Gluten.
Livestrong. Diakses pada 2021. Is Soy Gluten-Free?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan