Cek Fakta: Diet Ekstrem Bisa Sebabkan Hematemesis?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   18 Januari 2023

“Diet ekstrem dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan serius. Termasuk hematemesis atau muntah darah.”

Cek Fakta: Diet Ekstrem Bisa Sebabkan Hematemesis?Cek Fakta: Diet Ekstrem Bisa Sebabkan Hematemesis?

Halodoc, Jakarta – Apapun metodenya, diet ekstrem sangat tidak disarankan. Apalagi jika kamu melakukannya dalam jangka panjang. Sebab, diet yang terlalu ketat dan membatasi banyak asupan nutrisi penting bagi tubuh dapat memicu berbagai masalah kesehatan. 

Efeknya bagi setiap orang bisa berbeda-beda. Namun, beberapa orang mungkin saja mengalami hematemesis atau muntah darah. Ini biasanya terjadi karena masalah pada saluran pencernaan.

Diet Ekstrem Bisa Sebabkan Hematemesis?

Secara umum, hematemesis atau muntah darah merupakan tanda adanya perdarahan di dalam saluran pencernaan bagian atas. Ini meliputi esofagus, lambung, dan duodenum. 

Menjalani diet yang terlalu ekstrem dapat meningkatkan risiko masalah pencernaan. Pada beberapa kasus, kamu bisa saja mengalami hematemesis. Namun, ini adalah kondisi yang jarang terjadi.

Lebih dari itu, kamu perlu mewaspadai berbagai masalah kesehatan lain yang lebih serius dan bisa berdampak fatal, seperti:

1. Kekurangan Nutrisi

Diet yang terlalu ekstrem bisa membuat tubuh kekurangan nutrisi penting seperti vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Misalnya, diet rendah karbohidrat dapat membuat kamu kekurangan serat yang banyak didapat dari biji-bijian.

2. Metabolisme Melambat

Penurunan berat badan yang cepat biasanya terjadi karena kekurangan kalori yang ekstrem. Masalahnya, tubuh akan mengenali ini sebagai tanda persediaan makanan terbatas dan masuk ke “mode kelaparan”. 

Ketika tubuh masuk ke mode ini, metabolisme akan melambat untuk membantu kamu menghemat energi. Akibatnya, tubuh justru akan menyimpan lebih banyak lemak.

3. Kehilangan Otot

Dampak negatif lainnya dari diet yang terlalu ekstrem adalah kehilangan massa otot. Saat menurunkan berat badan, yang kamu inginkan adalah kehilangan lemak, bukan? 

Namun, jika kamu memotong kalori terlalu cepat, otot akan sangat menderita. Diet yang sangat ekstrem dapat menyebabkan tubuh memecah otot untuk energi dan bahan bakar. Hilangnya massa otot dapat memperlambat metabolisme. 

4. Menyebabkan Dehidrasi

Berkat berat air, biasanya terjadi penurunan berat badan yang sedikit lebih cepat dalam dua minggu pertama. Terutama pada diet rendah karbohidrat, orang akan kehilangan banyak berat air.

Masalahnya, kehilangan air yang cepat dapat menyebabkan dehidrasi dan sejumlah efek samping yang tidak menyenangkan. Seperti sembelit, sakit kepala, kram otot, dan kekurangan energi.

Jika kamu mengalami gejala hematemesis, segera hubungi 5 Dokter yang Bisa Bantu Pengobatan Muntah Darah untuk mendapat konsultasi dan solusi terkait masalah kesehatanmu.

Penyebab Hematemesis

Hematemesis tidak selalu terjadi karena diet ekstrem. Ada banyak kondisi yang bisa menyebabkan hal ini, yaitu:

  • Perdarahan Saluran Cerna. Luka terbuka di saluran cerna (terutama bagian atas) biasanya terjadi karena infeksi bakteri, atau penggunaan obat pereda nyeri jangka panjang.
  • Peradangan Akut. Radang pada kerongkongan atau lapisan perut dapat menyebabkan pendarahan dari arteri di bawahnya.
  • Pembesaran Pembuluh Darah yang Pecah. Biasanya terjadi karena hipertensi portal, akibat sirosis, yang menyebabkan peningkatan tekanan pada pembuluh darah perut. 
  • Pankreatitis Kronis. Pankreatitis jangka panjang dapat merusak pembuluh darah di sekitar pankreas, menyebabkannya pecah dan berdarah. Darah dapat mengalir ke duodenum dan menyebabkan hematemesis.
  • Cedera Traumatis. Cedera langsung dan tumpul pada perut atau kerongkongan dapat menyebabkan perdarahan akut di dalam.
  • Sindrom Mallory-Weiss. Ini adalah robekan di kerongkongan yang disebabkan oleh muntah hebat. Biasanya terjadi setelah minum terlalu banyak alkohol.

Itulah pembahasan mengenai diet ekstrem yang berpotensi menyebabkan hematemesis atau muntah darah, meski tidak selalu. Agar tetap sehat, pastikan untuk menjalani diet yang aman dan tetap memerhatikan asupan nutrisi yang seimbang. 

Jika kamu mengalami masalah kesehatan karena diet yang terlalu ekstrem, segera periksakan diri ke dokter. Kalau dokter memberi resep obat, download Halodoc saja untuk cek kebutuhan medis kamu dengan mudah.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Vomiting Blood.
Healthline. Diakses pada 2023. Hematemesis: Causes and Treatments for Vomiting Blood.
Healthline. Diakses pada 2023. Metabolism to Mental Health: 7 Ways Losing Weight Too Fast Will Backfire.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan