• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cek Fakta: Manfaat Menggunakan Gym Ball bagi Ibu Hamil
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cek Fakta: Manfaat Menggunakan Gym Ball bagi Ibu Hamil

Cek Fakta: Manfaat Menggunakan Gym Ball bagi Ibu Hamil

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 11 April 2022

“Menjelang persalinan, ibu harus mempersiapkan kondisi fisik, salah satunya dengan olahraga. Ibu bisa melakukan latihan fisik menggunakan gym ball untuk mengurangi nyeri punggung dan nyeri panggul, serta mempersiapkan proses persalinan kelak. ”

Cek Fakta: Manfaat Menggunakan Gym Ball bagi Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta – Banyak ahli yang merekomendasikan agar ibu hamil melakukan latihan fisik yang aman. Salah satunya latihan fisik dengan menggunakan gym ball atau birth ball. Latihan fisik menggunakan alat ini akan bermanfaat untuk mengurangi nyeri punggung dan nyeri panggul pada ibu hamil. Terutama pada trimester ketiga kehamilan.

Namun nyatanya latihan fisik dengan gym ball tidak hanya bermanfaat selama kehamilan, tapi juga sebelum persalinan hingga setelah persalinan. Ibu hamil juga bisa menggunakan gym ball sesaat sebelum persalinan untuk mengurangi nyeri persalinan dan nyeri kontraksi. Selain itu latihan dengan gym ball dapat membantu memindahkan bayi ke posisi yang optimal untuk persalinan normal yang lebih mudah. 

Berbagai Manfaat Latihan Fisik dengan Menggunakan Gym Ball Bagi Ibu Hamil

Sebenarnya tidak ada aturan yang mengatakan bahwa ibu hamil harus melakukan latihan fisik dengan gym ball selama kehamilan atau persalinan. Namun menurut tinjauan yang dilansir dari Journal of Obstetrics and Gynaecology Research, menunjukkan bahwa menggunakan alat ini dapat bermanfaat dalam banyak hal selama kehamilan. 

Meski pengalaman setiap ibu hamil berbeda, akan tetapi kehamilan dan persalinan bisa menyebabkan kesulitan bagi tubuh. Banyak ibu hamil yang memiliki keluhan umum, seperti nyeri punggung, stres, dan nyeri panggul atau perut. Untuk mengatasi hal ini, ibu bisa memanfaatkan penggunaan gym ball. Alat bantu olahraga ini dapat mengatasi berbagai keluhan ibu hamil dan memungkinkan persalinan jadi lebih lancar. 

Namun sebaiknya jangan menunggu sampai waktu persalinan semakin dekat untuk menggunakan atat ini.  Sebab gym ball juga dapat membantu meringankan rasa sakit, jauh sebelum persalinan. 

Lengkungan bola bersalin dapat mengurangi tekanan di panggul, punggung bawah, dan tulang belakang. Selain itu, duduk di atas bila dalam posisi tegak juga dapat mendorong pembukaan otot panggul, serta memberikan ruang bagi bayi untuk turun ke panggul sebagai persiapan untuk persalinan. 

Ada juga bukti yang menunjukkan bahwa menggunakan alat ini menjelang  atau selama persalinan dapat mengurangi stres dan kecemasan, serta nyeri persalinan. Selain manfaat yang sudah dijelaskan di atas, masih banyak manfaat menggunakan gym ball bagi ibu hamil yang perlu diketahui. Di antaranya:

  • Membantu meningkatkan aliran darah ke daerah panggul ibu (rahim dan plasenta).
  • Membantu memberikan tekanan balik ke paha dan perineum ibu.
  • Memberikan dukungan yang sangat baik untuk pergelangan kaki dan lutut.
  • Membantu tubuh dalam posisi tegak.

Perlu diperhatikan juga, beberapa ibu hamil mungkin merasa pusing saat menggunakannya, maka sebaiknya hindari menggunakan gym ball.

Latihan Fisik yang Dapat Dilakukan dengan Gym Ball

Berikut beberapa latihan fisik yang dapat dilakukan ibu hamil dengan gym ball:

  1. Latihan Memantul

Alat ini bisa membantu memperkuat kaki dan kemampuan keseimbangan ibu hamil. Menjelang persalinan, latihan ini berguna untuk memberikan tekanan balik.

  1. Latihan Memiringkan Panggul

Tempatkan bola ke dinding dan duduk dengan punggung menyentuh bola. Ini adalah cara yang baik untuk memperkuat punggung bawah dan rahim.

  1. Latihan Hula Hoop

Duduklah dengan kuat di atas gym ball dengan tangan bertumpu di pinggul. Buat gerakan melingkar yang besar dengan pinggul, seperti yang dilakukan penari hula hoop. Latihan ini bagus untuk dasar panggul dan paha ibu. 

  1. Child Pose

Pose ini dapat memperkuat punggung bawah, lengan, tulang kering, dan otot betis.

  1. Angkat Bola

Ini adalah latihan yang bagus untuk mengencangkan lengan dan sedikit meregangkan tulang belakang. 

Itulah beberapa manfaat dan latihan gym ball yang baik untuk ibu hamil. Jika ibu mengalami keluhan seputar kehamilan, segera tanya dokter di aplikasi Halodoc untuk saran penanganannya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. What Is a Birthing Ball and Should I Use One?
Firstory Parenting. Diakses pada 2022. Using a Birthing Ball – Benefits, Exercises & Tips
Journal of Obstetrics and Gynaecology Research. Diakses pada 2022. Effect of birth ball on labor pain relief: A systematic review and meta-analysis