• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cek Fakta: Warna Selangkangan Hitam Itu Normal
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cek Fakta: Warna Selangkangan Hitam Itu Normal

Cek Fakta: Warna Selangkangan Hitam Itu Normal

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 27 Oktober 2021
Cek Fakta: Warna Selangkangan Hitam Itu Normal

“Banyak orang yang kerap bertanya jika warna selangkangan yang hitam termasuk normal ataukah disebabkan oleh gangguan yang perlu mendapatkan tindakan medis. Penting untuk mengetahui faktanya dan cara mengatasi yang aman agar masalah ini dapat selesai tanpa dampak buruk.”

Halodoc, Jakarta – Belakangan ini sedang viral tentang cara memutihkan selangkangan yang hitam. Mengesampingkan masalah tersebut, masih banyak orang yang bertanya apakah warna selangkangan yang hitam itu terjadi akibat suatu masalah atau memang termasuk hal yang normal? Untuk mengetahui jawabannya, kamu bisa membaca artikel ini secara lengkap!

Perlu Diketahui, Warna Selangkangan Hitam Termasuk Normal

Seseorang mungkin saja mengalami warna selangkangannya yang lebih gelap dibandingkan warna kulitnya. Tentu hal ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan. Meskipun tidak menimbulkan masalah kesehatan, tentu saja kepercayaan diri dapat menurun dan bahkan bisa sebabkan masalah kesehatan mental.

Baca juga: 5 Tips Cara Mencerahkan Selangkangan

Memang, kulit gelap pada paha bagian dalam dapat dialami oleh siapa saja tidak terkait warna kulitnya dan terbilang hal yang normal. Hal ini terjadi ketika kulit di paha bagian dalam menghasilkan banyak melanin, yaitu pigmen yang memberi warna pada kulit. Gangguan ini disebut juga dengan hiperpigmentasi. Perubahan warna pada ini dapat menyebar ke area selangkangan karena areanya berdekatan.

Kamu juga dapat mengalami warna selangkangan yang lebih gelap akibat peningkatan ketebalan kulit di area tertentu yang membuat adanya penggelapan kulit yang terlihat jelas. Namun, kamu juga dapat mengalami masalah ini akibat beberapa masalah yang berhubungan dengan kesehatan atau efek samping dari beberapa hal, seperti:

  • Alami lecet akibat berolahraga atau berjalan yang membuat kulit menjadi tipis, gatal, dan berubah warna.
  • Ketidakseimbangan hormon, terutama pada wanita selama menyusui, hamil, atau menstruasi.
  • Efek samping dari obat-obatan tertentu, seperti kontrasepsi oral hormonal atau obat kemoterapi.
  • Paparan sinar matahari.
  • Kulit kering.
  • Gesekan dari pakaian ketat.
  • Infeksi jamur.

Cara Alami Mengatasi Selangkangan Hitam

Lalu, bagaimana cara yang baik dan alami untuk atasi warna selangkangan yang menghitam? Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

Campuran Minyak Kelapa dan Perasan Lemon

Salah satu bahan alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi warna selangkangan yang hitam adalah dengan penggunaan campuran minyak kelapa dan perasan lemon. Kamu perlu mencampurkan 2-3 sendok makan minyak kelapa dan 1 sendok teh lemon, lalu mengoleskannya pada kulit paha bagian dalam yang gelap. Kemudian, biarkan selama 10-15 menit.

Hal ini ampuh karena kandungan lemon dapat membantu untuk memudarkan hiperpigmentasi. Selain itu, minyak kelapa mengandung lemak jenuh yang baik untuk melembapkan kulit secara mendalam. Kandungan asam lemaknya juga dapat membantu tubuh menciptakan membran yang sehat sekaligus membentuk penghalang pelindung yang mampu mengurangi warna hitam di kulit.

Baca juga: Gatal-Gatal di Selangkangan? Ini 8 Cara Ampuh Mengatasinya

Gunakan Lulur Oatmeal untuk Atasi Selangkangan Hitam

Kamu juga bisa mengoleskan campuran dari oat, yogurt, dan satu sendok teh madu untuk atasi warna hitam pada selangkangan. Campuran tersebut dapat kamu oles di bagian yang hitam dan pijat dengan lembut. Hal ini dapat membantu untuk mengelupas sel-sel kulit mati sekaligus menggantinya dengan sel-sel kulit yang sehat.

Cara ini ampuh karena oatmeal dianggap sebagai makanan super untuk kulit. Makanan ini dapat membantu untuk mengembalikan keseimbangan tingkat pH pada kulit. Oat yang mentah juga dapat menjadi eksfoliator yang sangat baik untuk meringankan perubahan warna yang terjadi di paha bagian dalam di tubuh.

Nah, sekarang kamu tahu jika warna hitam pada selangkangan termasuk hal yang normal untuk terjadi. Namun, hal ini dapat menurunkan kepercayaan diri pada beberapa orang sehingga perlu dilakukan penanganan. Meski begitu, penghitaman pada bagian paha dalam ini perlu diperiksa yang mungkin saja disebabkan oleh beberapa masalah kesehatan atau hal lainnya.

Baca juga: Berikut Penyebab & Cara Mengatasi Gatal Selangkangan

Pemeriksaan pasti terkait penyebab dari berubahnya warna pada pangkal paha ini perlu dilakukan agar tindakan penanganannya tepat. Kamu bisa melakukan pemesanan untuk pemeriksaan ini di beberapa rumah sakit terpilih melalui aplikasi Halodoc. Untuk mendapatkan kemudahan ini, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. What Causes Dark Inner Thighs and How Can You Treat and Prevent This Symptom?
SkyMD. Diakses pada 2021. Darkened Skin of the Inner Thighs – Ways to treat it responsibly.