Cicip 7 Buah Ini untuk Tambah Cairan Tubuh

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   05 Juli 2021
Cicip 7 Buah Ini untuk Tambah Cairan TubuhCicip 7 Buah Ini untuk Tambah Cairan Tubuh

“Penting untuk memenuhi cairan tubuh secara rutin supaya terhindar dari dehidrasi. Para ahli umumnya merekomendasikan untuk meminum air putih delapan gelas sehari untuk mencukupi kebutuhan tubuh. Namun, menghidrasi tubuh tidak selalu harus dengan minum air, lho! Kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan yang tinggi kandungan airnya untuk memenuhi cairan tubuh.”

Halodoc, Jakarta – Tubuh manusia terdiri dari 70-80 persen air. Maka dari itu, penting untuk selalu memenuhi cairan tubuh supaya terhindar dari dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala, masalah kulit, kram otot, tekanan darah rendah, dan detak jantung yang cepat. Terlebih lagi, dehidrasi berkepanjangan dapat menyebabkan komplikasi serius seperti kegagalan organ.

Para ahli umumnya merekomendasikan minum beberapa gelas air per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Bukan hanya dari air saja, kamu juga bisa mendapatkan cairan tubuh melalui buah-buahan. 

Baca juga: 5 Kebiasaan yang Salah saat Makan Buah

Buah-buahan yang Mampu Menambah Cairan Tubuh

Terkadang, kamu mungkin bosan minum air putih yang rasanya hambar. Nah, kamu bisa mencoba konsumsi buah yang umumnya bercita rasa manis untuk melepaskan dahaga. Bukan cuma mampu mencegah dehidrasi, buah-buahan juga kaya akan nutrisi yang menyehatkan tubuh. Berikut jenis buah-buahan dengan kandungan air yang cukup tinggi:

1. Semangka

Semangka adalah salah satu buah dengan kandungan air terbanyak karena mengandung 92 persen air. Buah ini juga mengandung vitamin C, vitamin A, magnesium, dan likopen. Semua kandungan tersebut mampu mencegah penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes. Karena kandungan airnya yang tinggi, semangka dianggap rendah kalori. Bagi kamu yang sedang menjalani diet, buah semangka bisa dijadikan pilihan yang baik karena kalorinya yang rendah.

2. Stroberi

Tak kalah dengan semangka, stroberi juga termasuk buah dengan kandungan air tertinggi karena mengandung 91 persen air. Selain itu, stroberi menyediakan banyak serat, antioksidan penangkal penyakit, serta vitamin dan mineral, termasuk vitamin C, folat, dan mangan. Makan stroberi secara teratur telah terbukti mengurangi peradangan, yang dapat membantu melindungi terhadap penyakit jantung, diabetes, Alzheimer, dan berbagai jenis kanker.

3. Tomat

Tomat mengandung 94 persen air. Satu tomat ukuran sedang saja sudah menyediakan sekitar setengah cangkir atau setidaknya 118 mililiter air. Tomat menyediakan sejumlah besar vitamin dan mineral, termasuk vitamin A dan C yang meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, tomat kaya akan serat dan beberapa antioksidan penangkal penyakit, termasuk likopen.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Makan Buah?

4. Blewah

Blewah termasuk buah-buahan yang sangat bergizi dan dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Buah ini mengandung 90 persen air dan tinggi serat. Kandungan air dan serat yang tinggi ini mampu  meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan.

5. Persik

Persik adalah buah yang sangat padat nutrisi dan menghidrasi. Kandungan air dalam buah ini sebanyak 89 persen. Persik juga menyediakan beberapa vitamin dan mineral penting, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B, dan potasium. Selain itu, saat kamu makan buah persik dengan kulitnya, kamu bisa mendapatkan antioksidan yang mampu menangkal berbagai macam penyakit berbahaya. 

6. Jeruk

Siapa yang tidak tahu buah jeruk? Buah yang mungkin sering kamu makan ini mengandung 88 persen air. Buah jeruk mengandung vitamin C dan potasium, yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan dan kesehatan jantung. Jeruk juga kaya akan antioksidan penangkal penyakit, termasuk flavonoid, yang dapat mencegah kerusakan sel dengan mengurangi peradangan.

7. Kelapa

Kelapa adalah buah-buahan yang seluruh isinya bisa dimanfaatkan. Air dan dagingnya bisa diminum serta batoknya bisa dimanfaatkan untuk bahan bakar maupun diolah kembali menjadi mangkok. Air kelapa dikenal kaya akan elektrolit, termasuk kalium, natrium dan klorida. Elektrolit ini bisa sangat ampuh dalam menghidrasi tubuh kamu, apalagi jika diminum setelah berolahraga. 

Baca juga: Kurang Konsumsi Buah dan Sayur, Ini Dampaknya pada Tubuh

Jika kamu mengalami keluhan kesehatan, jangan tunda untuk segera memeriksakannya ke dokter. Sebelum berkunjung ke rumah sakit, kamu bisa buat janji rumah sakit terlebih dahulu melalui aplikasi Halodoc supaya lebih mudah!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 19 Water-Rich Foods That Help You Stay Hydrated.
Sharp. Diakses pada 2021. Foods With High Water Content .

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan