• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Daftar Lengkap Obat Cair yang Aman Dikonsumsi sesuai Aturan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Daftar Lengkap Obat Cair yang Aman Dikonsumsi sesuai Aturan

Daftar Lengkap Obat Cair yang Aman Dikonsumsi sesuai Aturan

4 menit
Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 28 Oktober 2022

"Mulai dari obat sirup, suspensi, obat tetes, hingga larutan oral, berikut ini daftar lengkap obat yang aman dikonsumsi sesuai aturan pakai. Tujuannya untuk mencegah terjadinya penambahan kasus gagal ginjal akut pada anak."

Daftar Lengkap Obat Cair yang Aman Dikonsumsi sesuai AturanDaftar Lengkap Obat Cair yang Aman Dikonsumsi sesuai Aturan

Kasus gagal ginjal akut pada anak di Indonesia membuat banyak orang tua merasa khawatir. Per tgl 1 November 2022, sebanyak 304 kasus gagal ginjal akut pada anak terdiagnosis. Angka kematian mencapai 159 anak. Sebanyak 46 anak lainnya dirawat dan 99 anak sudah dinyatakan sembuh.

Usai melakukan investigasi, Kemenkes mengungkapkan penyebab gagal ginjal akut pada anak karena kandungan zat berbahaya yang terdapat dalam obat cair, yang memicu kerusakan pada ginjal.

Ketiga kandungan tersebut adalah etilen glikol (EG), dietilen glikol (DEG), dan etilen glikol butil eter (EGBE).

Lantas, apa yang harus dilakukan saat anak mengalami flu, demam, atau batuk? Tenang saja.

Kemenkes sudah merilis daftar lengkap obat sirup, cair, dan tetes yang aman dikonsumsi. Berikut ini daftarnya.

Daftar Obat Cair yang Aman Dikonsumsi

Berikut ini daftar obat sirup yang tidak menggunakan propilen glikol, polietilen glikol, sorbitol, dan/atau gliserin/gliserol, berdasarkan data registrasi BPOM:

Obat-obat ini aman dikonsumsi sepanjang digunakan sesuai aturan pakai.

Daftar Produk yang Tidak Menggunakan Propilen, Glikol, Sorbitol, dan/atau Gliserin/Gliserol

Di bawah ini, beberapa daftar beberapa daftar obat batuk, alergi, antikembung, antibiotik, hingga pencahar yang aman dikonsumsi dan digunakan sesuai aturan pakai:

Daftar Produk Sudah Dilakukan Pengujian dengan Aman

Daftar-daftar obat ini berdasarkan data Kemenkes pada 102 produk yang digunakan oleh pasien. Adapun jenis-jenis obatnya, yaitu obat penurun panas, obat batuk, dan obat alergi.

Daftar Produk yang Dilakukan Sampling dan Pengujian dengan Hasil Dinyatakan Aman

Berikut ini hasil intensifikasi surveileans mutu berbasis risiko, samping, dan pengujian BPOM. Dari daftar di bawah ini, keseluruhannya mana digunakan sesuai aturan pakai.

Itulah penjelasan tentang daftar lengkap obat cair yang sudah dinyatakan aman dikonsumsi sesuai aturan pakai. Jika masih ada pertanyaan seputar obat cair paracetamol yang aman dikonsumsi saat Si Kecil sedang sakit, dokter Halodoc akan siap untuk menolong. Untuk itu, segera download aplikasi Halodoc sekarang juga.