Dampak Negatif Pakai Softlens

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   03 Agustus 2020
Dampak Negatif Pakai Softlens Dampak Negatif Pakai Softlens

Halodoc, Jakarta - Softlens atau lensa kontak umumnya dianggap aman untuk digunakan. Entah itu sebagai pengganti kacamata untuk menunjang penglihatan mata yang memiliki rabun jauh, ataupun hanya sekedar untuk estetika atau riasan. Namun, perlu kamu ketahui bahwa menggunakan softlens ada batas waktunya, tidak bisa dipakai selama 24 jam penuh, apalagi jika sampai berhari-hari tanpa dilepas. 

Memakai softlens terlalu lama dan memakainya saat tidur secara signifikan meningkatkan risiko komplikasi serius pada kesehatan mata. Mata kering hingga konjungtivitis adalah beberapa dampak negatif yang akan mengintai mata kamu. Jika masih belum kapok menggunakan softlens terlalu lama, inilah beberapa dampak negatif yang perlu kamu waspadai:

Baca juga:  5 Hal yang Perlu Diperhatikan Pengguna Lensa Kontak

  • Konjungtivitis atau Mata Merah

Konjungtivitis dan bintil pada mata akan terjadi jika kamu mengenakan softlens terlalu lama, bahkan sampai berhari-hari tanpa melepasnya. Softlens akan menciptakan lingkungan lembap pada mata sebagai tempat berkembang biak mikroorganisme seperti virus dan bakteri. 

Selain itu, kornea akan mengalami kekurangan oksigen ketika kamu memakai softlens. Sementara itu, tubuh tidak mampu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau virus seefektif yang seharusnya. Giant papillary conjunctivitis (GPC) adalah jenis konjungtivitis paling umum yang dialami oleh pemakai softlens karena iritasi berulang dari lensa kontak. 

  • Mata Mengalami Kekurangan Oksigen

Oksigen sangat penting bagi mata. Dengan adanya softlens yang menetap di mata dan menutupi seluruh kornea terlalu lama, maka softlens akan menghalangi oksigen untuk mencapai mata. Maka itu, dengan memakai lensa kontak atau softlens selama berhari-hari hingga sebulan dapat mengurangi pasokan oksigen ke mata. 

  • Mata Kering

Sindrom mata kering merupakan fenomena yang terjadi ketika mata menjadi lemah dan gatal. Hal ini akan mengakibatkan kornea menjadi luka. Softlens menyerap sebagian besar air mata untuk menjaga kelembutannya, sehingga mata kamu justru menjadi kering. Kamu dapat menghindari peristiwa ini dengan tidak mengenakan softlens sepanjang waktu dan sering-seringlah mengistirahatkan mata dan menggunakan obat tetes mata untuk membuat kornea tetap terlumasi. 

Baca juga: Sebelum pakai softlens kenali dulu bahaya softlens bagi mata

  • Alergi dan Infeksi Mata

Jika kamu memakai softlens terlalu lama, kamu mungkin akan mengalami infeksi pada mata atau alergi dalam jangka panjang. Infeksi terjadi karena abrasi kornea. Jika kamu memiliki mata kering atau jika softlens tidak dipasang dengan benar di permukaan mata, itu dapat menyebabkan abrasi kornea. 

  • Ulkus Kornea

Saat bakteri, jamur dan virus muncul pada kornea dan dibiarkan tanpa diobati, maka kondisi ini akan berkembang menjadi tukak kornea. Kondisi ini bahkan dapat menyebabkan kebutaan permanen dalam kasus-kasus yang ekstrem. 

  • Ptosis

Apabila kelopak mata kamu mulai mengeluarkan cairan seperti air liur dan kamu kesulitan membukanya, maka kemungkinan kamu mengalami ptosis. Terkadang cairan ini juga dapat bergerak ke dalam jaringan dan menarik kelopak mata, terutama saat softlens akan dilepas. 

  • Refleks Kornea Berkurang

Refleks kornea adalah cara otak memberi tahu kelopak mata untuk menutup setiap kali ada bahaya yang masuk. Misalnya, seperti benda terbang, embusan angin, atau apa pun yang dapat merusak mata. Jika kamu terlalu sering mengenakan softlens, maka dapat melemahkan refleks ini. Artinya kelopak mata tidak akan menutup dengan cukup cepat, sehingga dapat menimbulkan bahaya dalam situasi tertentu. 

Baca juga: 4 Gerakan Olahraga Untuk Mata

Dengan mengetahui dampak negatif tersebut, kamu perlu lebih memperhatikan kesehatan mata. Ingatlah bahwa semakin lama kamu menggunakan lensa tanpa melepaskannya, maka semakin banyak endapan bakteri dan virus. Ini akan mengurangi suplai oksigen ke kornea hingga akhirnya merusak mata. 

Jika kamu mengalami masalah mata akibat menggunakan softlens, segeralah bicarakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mengetahui penangannya. Yuk, segera download aplikasi Halodoc!

Referensi:
Parenting First Story. Diakses pada 2020. 8 Side Effects of Wearing Contact Lenses for Too Long.
WebMD. Diakses pada 2020. Wear Contacts 24/7? You Risk Infection, Blindness.


Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan