5 Hal yang Perlu Diperhatikan Pengguna Lensa Kontak

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Pengguna Lensa Kontak
KECANTIKAN 05 October 2017

Halodoc, Jakarta – Kebanyakan orang yang memiliki gangguan penglihatan pada mata tapi tetap ingin tampil cantik, biasanya akan lebih memilih menggunakan lensa kontak dibanding kacamata. Selain untuk membantu penglihatan, saat ini, lensa kontak juga digunakan untuk menunjang penampilan lho.  Nah, agar mata tidak menjadi iritasi saat menggunakan lensa kontak, ayo perhatikan cara merawat dan menggunakan lensa kontak berikut.

1.  Jaga Kebersihan Lensa Kontak
CNN Indonesia mengungkapkan bahwa penggunaan lensa kontak bisa berbahaya ketika seseorang tidak menjaga kebersihan dan disiplin pemakaian. Jadi, usahakan kamu menjaga lensa kontak tetap bersih dengan cara-cara berikut:

  • Sebelum memakai dan melepas lensa kontak, cuci tanganmu dulu sampai bersih dengan menggunakan sabun.
  • Dalam keadaan apapun, jangan pernah mencuci lensa kontak dengan air keran. Selalu gunakan air khusus lensa kontak untuk membersihkan serta merendam ketika menyimpannya di dalam kotak. 
  • Bersihkan tempat lensa kontak setiap kamu selesai menggunakannya. Bersihkan dengan air bersih atau hangat, kemudian keringkan. Ganti tempat lensa kontakmu setiap tiga bulan sekali. 
  • Pastikan kukumu pendek dan bersih untuk menghindari lensa kontak robek atau kuku menggores mata sendiri.


2.  Batas Waktu Penggunaan Lensa Kontak
Jangan menggunakan lensa kontak selama satu harian penuh tanpa melepasnya sama sekali. Masih dikutip dari CNN Indonesia, penggunaan lensa kontak sebenarnya memiliki batas waktunya. Namun setiap orang memiliki kondisi mata yang berbeda-beda, sehingga tidak bisa disamaratakan batas waktu pemakaiannya. Hitungan waktu pemakaian sangat terkait dengan kondisi bola mata masing-masing. Untuk si A hanya cukup 6 jam, tapi untuk si B karena kondisi jaringannya lebih bagus, mungkin bisa sampai 12 jam, bahkan ada juga orang yang bisa tahan sampai 15 jam. Pemakaian lensa kontak yang melebihi batas bisa menyebabkan iritasi dan merusak mata. Jadi batasi penggunaan lensa kontak pada matamu dalam sehari, sebaiknya hanya 8 jam dalam sehari.

3.  Pemakaian Lensa Kontak dan Makeup
Untuk kamu para wanita, ada beberapa aturan yang perlu diperhatikan ketika ingin menggunakan lensa kontak dan makeup. Usahakan sebaik mungkin agar lensa tidak terkontaminasi dengan produk kecantikan.

  • Urutan yang benar adalah pasang dahulu kontak lensa pada matamu, baru setelahnya menggunakan makeup agar lensa tidak terkena makeup. Tapi saat ingin membersihkan makeup, lepas dulu kontak lensa matamu.
  • Hati-hati jika ingin menggunakan hairspray agar jangan sampai mengenai mata.


4.  Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Lensa Kontak

  • Untuk menjaga agar mata tetap lembap, gunakan caritan mata yang sudah direkomendasikan oleh dokter.
  • Jangan mengenakan lensa kontak saat berenang. Atau kamu bisa mengenakan kacamata renang untuk melindungi lensa kontak.


5.  Sensitivitas Mata
Sensitivitas mata juga perlu diperhatikan. Apakah matamu terasa gatal atau alergi ketika menggunakan lensa kontak. Mata setiap orang memberikan reaksi yang berbeda-beda terhadap lensa kontak. Ada yang langsung bereaksi, ada juga yang baru muncul reaksi setelah beberapa tahun pemakaian. Bagi kamu yang tidak tahan alergi, sebaiknya jangan diteruskan memakai lensa kontak.

Jika matamu merah, bengkak dan penglihatan menjadi buram karena menggunakan lensa kontak, segera cari dan temui dokter mata. Kamu bisa mendiskusikan dengan dokter mata terbaik mengenai keluhan mata yang kamu alami lewat aplikasi Halodoc. Bisa dengan Video/Voice call dan Chat kapan saja dan dimana saja kamu berada. Mengonsumsi vitamin mata juga sangat dianjurkan bagi para pengguna lensa kontak untuk menjaga kondisi matamu tetap sehat. Kamu bisa membeli vitamin mata yang kamu butuhkan melalui Halodoc. Download segera aplikasi Halodoc di smartphone kamu.


Rekomendasi Artikel

KEHAMILAN

20 July 2018

Banyak yang bilang kalau makan terong saat hamil itu enggak boleh. Padahal, seorang ahli gizi menyebutkan, mak...

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

20 July 2018

Oatmeal bukan sekadar untuk diet, tapi menyehatkan. Berikut adalah lima manfaat oatmeal yang perlu diketahui....

Selengkapnya

OLAHRAGA

20 July 2018

Bila kamu mencari olahraga yang efektif untuk membentuk tubuh, olahraga angkat beban adalah jawabannya. Namun,...

Selengkapnya