Disebut Penyakit Budug, Ini Cara Mencegah Terjadinya Skabies

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   24 Oktober 2022

“Budug atau skabies ternyata disebabkan oleh tungau. Ada beberapa pengobatan yang bisa dilakukan, seperti mengoleskan krim khusus atau minum obat yang diresepkan dokter.”

Disebut Penyakit Budug, Ini Cara Mencegah Terjadinya SkabiesDisebut Penyakit Budug, Ini Cara Mencegah Terjadinya Skabies

Halodoc, Jakarta –   Skabies adalah ruam kulit gatal yang disebabkan oleh tungau yang disebut Sarcoptes scabiei. Kondisi ini dapat menular dan menyebar dengan cepat dari kontak terdekat. 

Skabies dapat diobati dengan penggunaan krim kulit atau pil obat membunuh tungau yang menyebabkan kudis dan telurnya. Informasi selengkapnya mengenai penanganan skabies bisa dibaca di sini!

Menjaga Kebersihan untuk Mencegah Skabies

Skabies disebabkan oleh tungau kecil berkaki delapan. Tungau betina menggali tepat di bawah kulit dan membuat terowongan tempat bertelur. Telur kemudian menetas, dan larva tungau melakukan perjalanan ke permukaan kulit, di mana mereka akan matang.

Tungau ini kemudian dapat menyebar ke area kulit lainnya atau ke kulit orang lain. Nah, kamu bisa mengalami gejala gatal-gatal akibat reaksi alergi tubuh terhadap tungau, telur tungau, dan kotorannya.

Hewan peliharaan tidak menyebarkan penyakit ini ke manusia.  Namun, bersentuhan dengan hewan yang mengidap scabies dapat menyebabkan gatal-gatal singkat jika tungau masuk ke bawah kulit. Namun dalam beberapa hari, tungau akan mati. Jadi pengobatan tidak diperlukan

Nah, ada beberapa pencegahan skabies yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Mencuci Pakaian yang Terpapar Tungau

Panas dapat membunuh tungau dan telurnya. Gunakan air sabun panas untuk mencuci semua pakaian, handuk, dan seprai yang digunakan dalam tiga hari terakhir sebelum memulai perawatan. Kemudian, keringkan dengan panas tinggi.

Jangan lupa untuk mencuci bersih semua barang-barang yang kemungkinan terpapar dengan tungau atau bersentuhan dengan kulit yang terinfeksi. 

2. Membuat Tungau Kelaparan

Tempatkan barang-barang yang tidak dapat dicuci dalam kantong plastik tertutup dan tinggalkan di tempat yang tidak dapat dijangkau, seperti garasi selama seminggu. Ini dapat membuat tungau mati setelah beberapa hari tanpa makanan.

3. Pembersihan Besar-besaran

Sebaiknya bersihkan rumah untuk mencegah penyebaran scabies. Perabot yang dibersihkan termasuk juga karpet, lantai, dan furnitur untuk menghilangkan sisik dan kerak yang mungkin mengandung tungau.

Pengobatan Skabies secara Alami

Skabies dapat memberikan sensasi terbakar pada kulit, kulit menjadi kemerahan, pembengkakan, mati rasa atau bahkan kesemutan. 

Beberapa pengobatan skabies yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut: 

  • Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh dapat mengobati skabies sekaligus mengurangi rasa gatal dan membantu menghilangkan ruam. Namun, itu tidak akan bekerja dengan baik pada tungau yang bersarang di kulit.

  • Lidah Buaya

Lidah buaya dianggap memiliki sifat antibakteri dan antijamur dan terkenal karena kemampuannya untuk meredakan iritasi dan rasa terbakar pada kulit.  Pastikan untuk membeli lidah buaya murni, bukan produk yang mengandung lidah buaya.

  • Krim Capsaicin

Capsaicin memiliki sifat penghilang rasa sakit dan telah lama digunakan sebagai obat rumahan untuk rasa sakit yang membakar. Meskipun tidak akan membunuh tungau, krim yang dibuat dengan capsaicin dari cabai rawit dapat meredakan rasa sakit dan gatal. Sebab mereka akan membuat kulit tidak sensitif terhadap gigitan dan serangga yang mengganggu.

  • Minyak Esensial

Minyak cengkeh dan beberapa minyak esensial lain seperti geranium, dan lavender dianggap memiliki sifat insektisida potensial yang dapat membantu menyembuhkan skabies.

Itulah informasi mengenai cara mencegah terjadinya skabies atau penyakit budug. Kalau kamu punya masalah kulit yang sulit untuk disembuhkan, kamu bisa buat janji medis untuk penanganan lebih lanjut. Download aplikasi Halodoc untuk mendapatkan update seputar isu kesehatan lainnya.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Scabies.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2022. Scabies Frequently Asked Questions (FAQs).
Healthline. Diakses pada 2022. Scabies.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan