• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Disebut Pusar Bodong, Kenali Penanganan Hernia Umbilikalis
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Disebut Pusar Bodong, Kenali Penanganan Hernia Umbilikalis

Disebut Pusar Bodong, Kenali Penanganan Hernia Umbilikalis

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 07 November 2022

“Hernia umbilikalis adalah kondisi yang ditandai dengan tonjolan bagian usus melalui dinding perut. Salah satu prosedur penanganan yang efektif adalah operasi bedah melalui sayatan kecil.”

Disebut Pusar Bodong, Kenali Penanganan Hernia UmbilikalisDisebut Pusar Bodong, Kenali Penanganan Hernia Umbilikalis

Halodoc, Jakarta – Hernia umbilikalis adalah kondisi yang terjadi ketika salah satu bagian dari usus menonjol melalui dinding perut, tepatnya di dekat pusar. Kondisi ini lumrah dan tidak membahayakan.

Penyakit ini lebih umum terjadi pada bayi. Hernia umbilikalis muncul ditandai dengan tonjolan di pusar bisa terlihat jelas saat mereka menangis, batuk atau mengejan ketika buang air besar.

Tonjolan tersebut bisa menghilang dalam dua tahun pertama kehidupan anak. Jika tak kunjung membaik, salah satu penanganan yang direkomendasikan adalah prosedur bedah melalui sayatan kecil di dekat pusar.

Rekomendasi Penanganan Hernia Umbilikalis

Hernia umbilikalis memicu munculnya tonjolan lunak di dekat pusar. Kondisi ini tidak menimbulkan rasa sakit, termasuk ketika tak sengaja tersentuh. Gejala hanya menyebabkan rasa tidak nyaman di perut ketika beraktivitas.

Bayi yang terlahir dengan kondisi ini bisa membaik dengan sendiri dalam waktu 1 sampai 2 tahun. Selama waktu itu juga, orang tua disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter.

Dokter akan membantu melakukan langkah penanganan awal, yakni mendorong tonjolan agar bisa kembali masuk ke dalam perut. Namun, cara ini tidak boleh dilakukan sendiri di rumah.

Ketika tak kunjung membaik, prosedur penanganan dilanjutkan dengan operasi kecil. Tujuannya untuk mengembalikan bagian usus yang menonjol dan memperkuat lapisan dinding perut yang melemah.

Operasi boleh dilakukan oleh anak yang sudah mencapai usia 4 hingga 5 tahun. Langkah ini juga dapat menurunkan kemungkinan komplikasi, terutama jika tonjolan semakin membesar dan terasa nyeri.

Adapun indikasi tonjolan yang membutuhkan prosedur operasi, yakni:

  • Diameternya lebih dari  sentimeter.
  • Ukurannya tidak berkurang selama dua tahun pertama kehidupannya.
  • Tonjolan tidak menghilang saat anak sudah menginjak 5 tahun.
  • Tonjolan sudah menyumbat usus.

Dalam kondisi tersebut, komplikasi bisa berkembang sewaktu-waktu. Adapun beberapa kejadian yang dikhawatirkan, yakni:

  • Obstruksi. Kondisi ini terjadi ketika bagian usus tersangkut di luar perut dan menyebabkan mual, muntah serta nyeri.
  • Penyumbatan. Kondisi ini terjadi ketika ada bagian usus yang terperangkap, sehingga suplai darah menuju area tersebut terputus. Dampaknya, akan terjadi kematian jaringan yang membutuhkan prosedur pengangkatan organ.

Operasi dilakukan oleh dokter melalui sayatan kecil di area dekat pusar. Kemudian, jaringan hernia dikembalikan ke rongga perut dan diakhiri dengan menjahit lubang di dinding perut.

Komplikasi yang Mungkin Terjadi

Pada anak-anak, komplikasi hernia umbilikalis jarang sekali dialami. Kondisi yang mengkhawatirkan dapat terjadi ketika jaringan perut yang menonjol terperangkap di perut dan tidak dapat didorong kembali ke dalam rongga perut. 

Kondisi itu mengurangi suplai darah ke bagian usus yang terperangkap dan menyebabkan sakit perut bahkan kerusakan jaringan. Jika suplai darah terhenti, ini menyebabkan kematian jaringan.

Dampaknya, infeksi bisa menyebar ke seluruh rongga perut, menyebabkan situasi yang mengancam jiwa atau kematian. Silakan tanya dokter jika mengalami gejala yang mengkhawatirkan guna mengetahui langkah yang harus ditempuh.

Jika membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Umbilical hernia.
National Health Service UK. Diakses pada 2022. Umbilical hernia repair.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Umbilical hernia: What you need to know.