• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Disebut Rhodophyta, Ini 4 Manfaat Alga Merah untuk Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Disebut Rhodophyta, Ini 4 Manfaat Alga Merah untuk Kesehatan

Disebut Rhodophyta, Ini 4 Manfaat Alga Merah untuk Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 20 Oktober 2022

“Berdasarkan nutrisinya, ada beberapa manfaat alga merah untuk kesehatan. Termasuk menjaga fungsi tiroid, menurunkan kolesterol, hingga dapat dijadikan sebagai menu diet yang sehat.”

Disebut Rhodophyta, Ini 4 Manfaat Alga Merah untuk KesehatanDisebut Rhodophyta, Ini 4 Manfaat Alga Merah untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Alga merah atau rhodophyta merupakan tanaman yang tumbuh subur di sekitar lautan Atlantik dan Pasifik. Perlu diketahui bahwa alga merah tersebut memiliki lembaran kertas tebal berwarna merah. Selain memiliki bentuk yang menarik, nyatanya alga merah juga dapat dikonsumsi.

Bahkan, beberapa jenis alga merah seperti dulse atau palmaria palmata, diyakini mengandung berbagai nutrisi penting. Namun, kira-kira apa saja manfaat alga merah untuk kesehatan? Yuk, ketahui informasinya di sini! 

Manfaat Alga Merah untuk Kesehatan

Banyak sayuran laut seperti rhodophyta kaya akan vitamin kelompok B. Terutama vitamin B1, B2 (riboflavin), B6, serta beta-karoten dan vitamin E. Mereka juga menyediakan sumber antioksidan yang baik. Menariknya lagi, rhodophyta seperti dulse juga mengandung yodium. Selain itu, tanaman herbal ini juga merupakan sumber potasium yang kaya. 

Sebagian orang di negara tertentu bahkan menggunakan rhodophyta seperti dulse sebagai obat. Berdasarkan nutrisinya, berikut adalah beberapa manfaat alga merah untuk kesehatan: 

1. Menjaga fungsi tiroid

Rhodophyta seperti dulce kaya akan yodium, sehingga salah satu manfaatnya adalah menjaga fungsi tiroid. Sebab, yodium merupakan unsur yang dibutuhkan tubuh untuk membuat hormon tiroid. Dengan mengonsumsinya, tentunya hal ini dapat mencegah kekurangan hormon tiroid pada tubuh. 

Perlu diingat bahwa kekurangan hormon tiroid pada tubuh dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Misalnya seperti gondok atau hipotiroidisme, yang dapat menyebabkan kelelahan, penambahan berat badan, sekaligus kelemahan otot. 

2. Menurunkan kolesterol

Perlu diketahui bahwa rhodophyta juga mengandung asam amino non protein yang dapat membantu menurunkan kolesterol dalam aliran darah. Nah, merujuk pada studi berjudul Health benefit of fucosterol from marine algae: a review yang dipublikasikan tahun 2015 silam, suplementasi diet tinggi kolesterol atau tinggi lemak dengan rumput laut (lima persen), dapat mengurangi kolesterol total plasma 7,1 persen. 

Tak hanya itu, penurunan juga terjadi pada kolesterol lipoprotein densitas rendah plasma sebesar 27,3 persen, dan trigliserida plasma sebesar 2,4 persen. Kendati demikian, penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas alga merah dalam menurunkan kolesterol tentunya masih diperlukan. 

3. Sumber zat besi yang baik 

Zat besi merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh, untuk memproduksi darah yang sehat, dan memungkinkan oksigen untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Nah, menurut Harvard T.H. Chan School of Public Health, satu porsi (1/4 cangkir) rhodophyta seperti dulse dapat memberikan seseorang 4 miligram zat besi, yang merupakan 22 persen dari nilai harian yang direkomendasikan. 

Kendati demikian, zat besi yang ditemukan pada rhodophyta seperti dulse, merupakan zat besi nonheme yang tidak mudah diserap oleh tubuh. Namun, kamu dapat mengonsumsi jenis zat besi tersebut dengan makanan tinggi vitamin C, agar tubuh dapat menyerapnya lebih optimal. 

4. Dapat dijadikan sebagai menu diet

Manfaat selanjutnya yang dapat diperoleh dari rhodophyta adalah dapat dijadikan sebagai menu diet. Sebab, rhodophyta seperti dulse merupakan makanan yang rendah akan kalori. Bahkan, dalam porsi 1/4 cangkir, sayuran laut ini hanya memiliki 38 kalori. 

Menariknya lagi, rhodophyta seperti dulse juga memiliki kandungan 4 gram protein, yaitu sekitar 8 persen dari nilai kebutuhan harian. Karena itu, tak ada salahnya untuk menjadikannya sebagai bagian dari menu diet. 

Itulah beberapa manfaat kesehatan dari alga merah atau rhodophyta. Jika kamu memiliki pertanyaan seputar makanan sehat lain atau memiliki keluhan kesehatan, segeralah hubungi dokter. 

Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter tepercaya untuk mendapatkan informasi medis yang tepat. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Dulse – Uses, Side Effects, and More. 
Livestrong. Diakses pada 2022. Dulse Seaweed: Nutrition, Benefits and Risks. 
Harvard T.H. Chan School of Public Health. Diakses pada 2022. The Nutrition Source: Iron. 
NIH. Diakses pada 2022. Health benefit of fucosterol from marine algae: a review.