• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Drama Korea Ini Mengangkat Kisah Kepribadian Ganda

3 Drama Korea Ini Mengangkat Kisah Kepribadian Ganda

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu penggemar drakor (drama korea)? Enggak hanya mengusung tema percintaan, beberapa drama korea kadang-kadang juga diwarnai oleh tokoh-tokoh yang memiliki kepribadian unik, sehingga membuat jalan ceritanya semakin seru. Contohnya, drama korea Hyde, Jekyll, Me, Partner for Justice 2, Kill Me Heal Me

Ketiga drama Korea tersebut sama-sama mengangkat tema kepribadian ganda di mana tokoh utamanya bisa menunjukkan sifat atau karakter yang sangat bertolak belakang dalam waktu yang berbeda. Yuk, ketahui fakta tentang kepribadian ganda melalui ketiga drakor tersebut.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Bedanya Bipolar dan Kepribadian Ganda

1. Hyde, Jekyll, Me

Sudah pernah menonton drakor yang satu ini? Hyde, Jekyll, Me dibintangi oleh Hyun Bin, salah satu aktor Korea papan atas yang terkenal akan paras gantengnya. Dalam drakor ini, Hyun Bin diceritakan memiliki dua kepribadian yang bertolak belakang, di mana ia bisa menjadi Hyde yang sangat dingin, tetapi di lain waktu, ia bisa menjadi Jekyll yang sangat hangat dan baik. 

Faktanya, kepribadian ganda atau yang disebut juga dissociative identity disorder (DID) memang ditandai dengan adanya dua atau lebih identitas atau status kepribadian yang berbeda atau terpecah yang secara terus-menerus menguasai tingkah laku seseorang. Adanya gangguan identitas ini juga membuat pengidapnya tidak mampu untuk mengingat informasi kunci tentang dirinya sendiri yang tidak bisa dijelaskan sebagai sekadar kelupaan. Orang yang memiliki kepribadian ganda juga memiliki variasi memori yang sangat berbeda yang dapat berfluktuasi.

Meskipun tidak semua pengidap memiliki pengalaman DID yang sama, untuk sebagian 'alter’ atau kepribadian lainnya biasanya memiliki usia, jenis kelamin dan rasnya sendiri. Masing-masing kepribadian tersebut memiliki postur, gerakan, dan cara berbicara yang berbeda. Terkadang alter mereka adalah orang imajinasi, atau bisa juga binatang. Ketika setiap kepribadian mengungkapkan dirinya dan mengendalikan perilaku dan pikiran pengidap, kondisi ini disebut juga “beralih”. Kondisi beralih ini dapat berlangsung beberapa detik, beberapa menit, hingga beberapa hari.

Baca juga: Ini 4 Kasus Kepribadian Ganda yang Fenomenal

2. Partner for Justice 2

Melihat animo penonton yang cukup bagus terhadap drakor Partner for Justice, dibuat lah Partner for Justice season 2 yang sudah tayang sejala Juni hingga Juli 2019. Masih menceritakan tentang seorang jaksa yang bekerja sama dengan seorang ilmuwan forensik untuk menangkap penjahat, kali ini di season 2, hadir seorang dokter baru bernama Kang Jang Cheol. Pria muda ini sangat lihai dalam menangani pasien. Namun, ada satu sisi yang membuat dirinya tampak misterius. 

Pada suatu ketika, tim forensik dan kejaksaan dibuat bingung dengan kasus pembunuhan berantai. Tersangkanya belum ditemukan, tetapi semua bukti mengarah kepada dokter Jang Cheol. Singkat cerita, diketahuilah bahwa dokter baru ini memiliki kepribadian ganda yang bisa membuatnya menjadi orang yang sangat baik dan jahat. Ketika kepribadian jahatnya muncul, ia melakukan pembunuhan berantai tersebut.

Faktanya, beberapa orang dengan kepribadian ganda bisa melakukan kekerasan, baik yang dilakukan pada dirinya sendiri maupun diarahkan kepada orang lain. Misalnya, seseorang dengan kepribadian ganda mungkin menemukan diri mereka melakukan hal-hal yang tidak biasanya mereka lakukan, seperti ngebut, mencuri uang, termasuk membunuh. 

Mereka merasa seperti terdorong untuk melakukannya. Beberapa pengidap menggambarkan perasaan tersebut seperti ada orang lain yang menumpang dalam tubuhnya dan mengendalikan semua perilaku mereka. 

3. Kill Me Heal Me

Drama Korea Selatan yang dibintangi oleh Ji Sung, Hwang Jung-eum, dan Park Seo-joon ini sudah disiarkan dari 7 Januari–12 Maret 2015. Drama Kill Me Heal Me mengisahkan tentang konglomerat generasi ketiga, Cha Do Hyun yang memiliki kepribadian yang terpecah menjadi 7 identitas berbeda akibat pengalaman traumatis yang pernah dialaminya pada masa kecil.

Faktanya, kepribadian ganda memang dapat disebabkan oleh banyak faktor, termasuk trauma parah selama masa kanak-kanak yang biasanya berupa kekerasan fisik, seksual, atau emosional yang berulang.

Baca juga: Nonton Drama Korea Bikin Diabetes, Ini Alasannya

Nah, itulah fakta-fakta tentang kepribadian ganda yang perlu kamu ketahui. Bila kamu masih ingin mengetahui lebih lanjut mengenai kepribadian ganda, tanyakan saja langsung pada ahlinya melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk bertanya-tanya seputar kesehatan kapan dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. Dissociative Identity Disorder (Multiple Personality Disorder).