Filler atau Tanam Benang Hidung, Mana yang Lebih Aman?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   23 Desember 2022

“Filler atau tanam benang hidung merupakan dua perawatan yang bisa dilakukan untuk mengubah bentuk hidung. Pastikan kamu melakukan perawatan ini dengan dokter spesialis untuk menghindari efek samping.”

Filler atau Tanam Benang Hidung, Mana yang Lebih Aman?Filler atau Tanam Benang Hidung, Mana yang Lebih Aman?

Halodoc, Jakarta – Selain menjaga kesehatan kulit pada wajah, banyak wanita yang ingin mendapatkan penampilan lebih baik dengan mengubah bentuk hidung. Tidak hanya menggunakan riasan wajah, berbagai perawatan bisa dilakukan untuk mendapatkan bentuk hidung yang sesuai.

Perawatan ini bisa berupa filler atau tanam benang hidung. Keduanya merupakan perawatan non bedah sehingga hasilnya pun bisa kamu nikmati dengan lebih cepat. Namun, mana yang lebih aman, filler atau tanam benang? Yuk, kita simak ulasan mengenai prosedur yang dilakukan pada kedua perawatan tersebut berikut ini!

Kenali Lebih Banyak Mengenai Filler Hidung

Setiap orang memiliki bentuk hidung yang berbeda-beda. Selain karena faktor genetik, bentuk hidung juga bisa mengalami perubahan akibat adanya cedera atau benturan yang cukup keras pada bagian hidung.

Kamu bisa memilih menggunakan filler hidung atau nose filler untuk membuat bentuk hidung menjadi lebih baik atau kembali normal. Tindakan ini bukanlah tindakan bedah, sehingga bisa dilakukan dengan lebih murah dibandingkan dengan tindakan operasi hidung.

Selain itu, pemulihan pasca tindakan nose filler juga lebih cepat. Prosedur akan dilakukan dengan memberikan cairan hyaluronic acid (HA) ke dalam bagian hidung yang ingin mendapatkan perubahan. 

Hyaluronic acid sendiri berfungsi untuk membuat kulit menjadi lebih kenyal dan kencang. Karena itu, bagian yang diberikan akan memiliki efek lebih halus dan tampak alami. Bahkan prosedur ini bisa membuat hidung terlihat menjadi lebih lurus.

Selain mengubah bentuk hidung menjadi lebih baik, nose filler juga memiliki manfaat lain, seperti mengangkat nostril dan ujung hidung menjadi lebih tinggi dan mengecilkan lubang hidung.

Sebelum melakukan tindakan, dokter akan menganalisis anatomi wajah dan memberikan rekomendasi perawatan yang terbaik hingga mencapai struktur hidung yang optimal.

Prosedur Tanam Benang Hidung yang Perlu Diketahui

Tanam benang hidung menjadi salah satu perawatan yang bisa kamu lakukan untuk membuat tampilan hidung menjadi lebih baik. 

Prosedur ini dilakukan dengan menempatkan benang halus yang dapat diserap tubuh pada sepanjang batang hidung. Gunanya untuk mengangkat batang hidung agar bentuk hidung mengalami perubahan.

Ada berbagai hasil yang bisa kamu rasakan ketika melakukan tanam benang hidung, seperti:

  • Membuat ujung hidung menjadi lebih mancung.
  • Membuat hidung terlihat lebih kecil.
  • Menghilangkan benjolan yang ada pada batang hidung.

Namun, kamu perlu ketahui beberapa hal yang kurang optimal dalam perawatan ini, seperti:

  • Meskipun hasilnya bisa kamu rasakan secara cepat, tetapi hasilnya tidak bertahan lama.
  • Tidak mengubah tulang rawan atau struktur hidung yang asli. Kika kamu menginginkan perubahan yang cukup drastis, perawatan ini bukanlah pilihan yang tepat.
  • Tanam benang tidak dapat meningkatkan fungsi hidung atau mengatasi gangguan pernapasan yang terjadi akibat bentuk hidung.

Mana yang Lebih Baik?

Sebelum melakukan salah satu perawatan tersebut, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter. Tidak ada salahnya berdiskusi untuk menentukan jenis perawatan yang sesuai dengan kebutuhanmu. 

Kedua perawatan tersebut baik untuk dilakukan, asal tindakannya dilakukan oleh dokter spesialis sehingga kamu bisa terhindar dari berbagai efek samping yang membahayakan. 

Nose filler atau tanam benang hidung dapat menyebabkan hidung menjadi bengkak atau tidak nyaman setelah tindakan. Namun, efek ini akan membaik dalam waktu beberapa hari.

Jika efek yang kamu rasakan tidak membaik dan semakin memburuk, segera tanyakan langsung pada dokter menggunakan Halodoc untuk memastikan kondisi kesehatanmu.

Nah, apabila kamu baru Ingin Coba Prosedur Filler Wajah, Hubungi Dulu 5 Dokter Ini untuk mendapat saran dan informasi lebih lanjut.

Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Referensi:
Radiance by Web MD. Diakses pada 2022. What You Should Know About Liquid Nose Jobs.
Medical Solutions. Diakses pada 2022. The Nose Thread Lift: Everything About The Lunchtime Nose Job.
Harley Street. Diakses pada 2022. 6 Things You Need to Know About Nose Filler.
Illumia Medical. Diakses pada 2022. Nose Fillers vs Nose Threadlift: Which Should I Choose?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan