Fobia Anak Kecil, Kenali Penyebab Terjadinya Pedophobia

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 Februari 2023

“Ada banyak hal yang bisa jadi penyebab pedophobia. Namun, umumnya adalah pengalaman traumatis di masa lalu, seperti saat kecil.”

Fobia Anak Kecil, Kenali Penyebab Terjadinya PedophobiaFobia Anak Kecil, Kenali Penyebab Terjadinya Pedophobia

Halodoc, Jakarta – Pedophobia adalah ketakutan yang intens terhadap anak-anak dan bayi yang bisa terjadi karena berbagai penyebab. Seseorang yang mengidap kondisi ini dapat mengalami gelombang kecemasan yang sangat tinggi, ketika hanya memikirkan anak-anak. Apalagi berada di dekat mereka dalam kehidupan nyata. 

Ketakutan mereka yang kuat terhadap anak-anak mungkin begitu mengganggu, sehingga mereka mungkin berusaha keras untuk menghindari anak-anak. Ini berpotensi membuat kehidupan sehari-hari mereka agak menantang karena ada banyak tempat di mana mereka tidak bisa menghindari anak-anak. Seperti saat pergi ke supermarket, misalnya.

Mengenal Penyebab Pedophobia

Pengalaman berbahaya atau negatif dengan bayi atau anak kecil dapat menyebabkan seseorang takut pada anak-anak. Pengalaman buruk itu bisa terjadi pada masa kanak-kanak atau dewasa.

Beberapa peristiwa yang bisa jadi penyebab pedophobia adalah:

  • Mengalami atau menyaksikan pelecehan anak.
  • Pernah mengalami atau menyaksikan penindasan, penghinaan, kekerasan, atau amukan ekstrem oleh seorang anak.
  • Kematian bayi atau anak.
  • Kehilangan anak saat hamil, seperti keguguran atau lahir mati.

Gangguan obsesif-kompulsif (OCD) yang membutuhkan hal-hal yang rapi dan teratur juga bisa jadi penyebab pedophobia. Mereka mungkin memandang anak-anak sebagai orang yang bisa membuat berantakan dan mengganggu. Mereka takut akan kekacauan yang sering terjadi karena berada di sekitar anak kecil.

Selain itu, faktor-faktor tertentu juga dapat meningkatkan risiko untuk mengembangkan pedophobia, seperti:

  • Jenis Kelamin: Wanita lebih cenderung memiliki fobia daripada pria.
  • Riwayat Keluarga: Tumbuh dengan orang tua atau pengasuh yang memiliki fobia atau gangguan kecemasan dapat membuat seseorang rentan terhadap ketakutan yang sama atau fobia yang berbeda.
  • Genetika: Perubahan genetik (seperti mutasi gen) dapat membuat orang lebih cenderung mengalami gangguan kecemasan atau fobia.

Apa yang Pengidap Fobia Ini Takuti?

Karena penyebab pedophobia pada setiap individu bisa berbeda, bagaimana kondisi ini memengaruhi setiap orang juga berbeda. Mungkin kamu bisa berada di sekitar anak-anak yang kamu kenal, seperti kerabat, tetapi tidak dengan anak-anak lain.

Beberapa orang juga mungkin tidak dapat berada di dekat anak mana pun tanpa mengalami gejala panik. Seringkali juga bisa cemas hanya memikirkan berada di dekat anak-anak atau melihat gambar visual mereka.

Gejala fobia berkisar dari ringan hingga berat. Kamu mungkin menyadari bahwa ketakutan terhadap anak-anak itu tidak rasional, tapi tetap tidak dapat mengendalikan respons fisik yang terjadi, seperti:

  • Pusing.
  • Mulut kering.
  • Perasaan takut yang ekstrem.
  • Mual, muntah atau diare.
  • Berkeringat banyak.
  • Pernapasan dan detak jantung cepat.
  • Gemetar.
  • Sesak napas.

Cara Mengobati Pedophobia

Seorang psikolog atau psikiater dapat membantu kamu mengatasi rasa takut berada di sekitar anak kecil. Psikoterapi (terapi bicara) sering berhasil untuk pengidap pedophobia.

Beberapa perawatan yang dapat dilakukan termasuk:

  1. Terapi Pemaparan (Desensitisasi) 

Kamu akan perlahan-lahan menghadapi ketakutan terhadap bayi dan anak kecil melalui peningkatan paparan gambar atau situasi yang melibatkan anak-anak secara bertahap. 

Tujuannya adalah untuk membuat kamu tidak peka terhadap rasa takut melalui paparan berulang. Kebanyakan orang dengan fobia spesifik melihat perbaikan gejala dengan terapi pemaparan dari waktu ke waktu.

  1. Terapi Perilaku Kognitif

Terapi ini membantu kamu menganalisis penyebab pedophobia, dengan mengatasi peristiwa traumatis yang mungkin menyebabkan ketakutan ini. Setelah menemukan penyebabnya, kamu akan belajar bagaimana mengubah persepsi dan tanggapan kamu terhadap situasi yang melibatkan anak-anak.

  1. Obat-obatan

Obat anti-kecemasan atau antidepresan dapat membantu saat menjalani psikoterapi. Obat-obatan ini meredakan gejala, membuatnya lebih mudah berada di sekitar anak-anak.

Itulah pembahasan mengenai penyebab pedophobia, hingga cara mengobatinya. Jika kamu mengalami kondisi ini, download Halodoc saja untuk membuat janji medis dan menjalani perawatan yang tepat.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Pedophobia (Fear of Children).
Optimist Minds. Diakses pada 2023. What is Pedophobia? (A Complete Guide).
Psych Times. Diakses pada 2023. Pedophobia (Fear of Children).

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan