Fungsi Neck Support untuk Atasi Masalah pada Tulang Leher

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   05 Oktober 2022

“Neck support adalah alat yang berguna untuk mengatasi masalah pada leher. Penggunaannya terbilang vital guna memastikan leher tidak mengganggu aliran darah ke otak dan sebaliknya.”

Fungsi Neck Support untuk Atasi Masalah pada Tulang LeherFungsi Neck Support untuk Atasi Masalah pada Tulang Leher

Halodoc, Jakarta – Leher memiliki fungsi yang penting yaitu menghubungkan kepala dan badan. Selain itu, leher juga berguna untuk mengalirkan darah ke otak. Jika terjadi masalah pada leher, gangguan pada otak bisa dialami dan bahkan membahayakan.

Nah, cara yang bisa dilakukan agar leher tidak mengalami masalah dan tidak menyebabkan dampak buruk ke otak atau sumsum tulang belakang, perlu dipakaikan neck support. Tentunya, penggunaan ini berdasarkan rekomendasi dari dokter.

Maka dari itu, perlu tahu berbagai fungsi dari neck support dalam penggunaannya. Hal ini juga bisa membuat kamu menentukan perlu atau tidaknya menggunakan alat tersebut jika alami masalah leher.

Berbagai Fungsi Neck Support pada Leher yang Perlu Diketahui

Neck support berguna untuk menopang leher dan sumsum tulang belakang, serta membatasi pergerakan leher dan kepala. Pemasangan alat ini dilakukan agar dapat pulih dari cedera, operasi, atau perasaan sakit yang dirasakan, tetapi hanya dalam jangka pendek.

Beberapa kondisi yang membutuhkan penggunaan alat ini, yaitu:

  • Terkena pukulan dan/atau trauma: Masalah pada leher dapat terjadi akibat kecelakaan mobil atau cedera lainnya, seperti terjatuh. Penggunaan neck support dapat melindungi leher dan mencegah cedera lebih lanjut.
  • Operasi leher: Neck support juga dapat membantu dalam mencegah cedera setelah operasi dengan membatasi rotasi, serta gerakan apa pun.
  • Kompresi saraf: Alat ini juga terkadang digunakan untuk mengurangi tekanan pada saraf di leher.
  • Spondilosis serviks: Neck support dapat meredakan rasa sakit untuk sementara yang disebabkan oleh gangguan ini. 
  • Nyeri leher atau kaku: Penggunaan alat ini dapat membantu dalam menghilangkan ketegangan otot leher.

Kamu juga bisa cari tahu mengenai operasi tulang belakang melalui artikel ini: Operasi Tulang Belakang – Tujuan, Jenis, dan Prosedur.

Maka dari itu, sangat penting untuk memakai penyangga leher dengan benar agar mendapatkan manfaat maksimal. Saat dikenakan dengan baik, gerakan berkurang drastis serta tidak menimbulkan ketidaknyamanan. Maka dari itu, beritahu dokter jika penggunaan alat ini menimbulkan rasa tidak nyaman.

Baca juga: Alami Leher Kaku? Atasi dengan 5 Cara Berikut

Saat membutuhkan penggunaan neck support, ahli medis kemungkinan memberikan instruksi spesifik terbaik hal yang harus dan tidak boleh dilakukan. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Tetap aktif bergerak sesekali dibandingkan terlalu banyak beristirahat atau duduk.
  • Melakukan gerakan yang mudah dilakukan, seperti berjalan, untuk mencegah otot leher menjadi kaku, agar pemulihan lebih cepat.
  • Fokus pada postur tubuh yang baik dengan tidak membungkuk dan jaga punggung tetap lurus.
  • Hindari duduk di kursi yang empuk dan rendah, guna menghindari tekanan lebih pada leher.
  • Hindari mengangkat atau membawa sesuatu yang berat.
  • Hindari aktivitas berat, seperti berlari atau gerakan sejenis lainnya.

Pastikan penggunaan neck support terpakai dengan benar agar terasa nyaman. Jika penggunaannya tidak tepat, dukungan yang dibutuhkan oleh leher mungkin tidak didapatkan. Bahkan, bisa jadi menyebabkan rasa sakit atau cedera lebih parah.

Apabila penggunaannya terlalu longgar, alat tersebut bisa bergesekan dengan kulit dan menyebabkan iritasi atau lecet. Maka dari itu, pastikan untuk paham betul tentang cara menggunakan alat ini dengan tepat dan benar.

Jika memiliki pertanyaan lainnya terkait neck support, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban langsung dari ahlinya. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan hanya melalui smartphone di tangan. Makanya, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. What Is a Cervical Collar Used For and Are There Side Effects?
Everyday Health. Diakses pada 2022. How a Neck Brace Works to Relieve Pain.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan